Written by at January 21, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 9 Jenis Jamu Tradisional yang Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mewabahnya virus corona atau Covid-19 membuat banyak orang khawatir. Pasalnya, virus ini dapat menjangkit siapa pun tanpa pandang bulu. Menurut berbagai ahli, cara paling ampuh untuk mencegah virus corona adalah dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, menerapkan physical distansing, juga mengonsumsi makanan dan minuman yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kini banyak orang kembali mulai mengonsumsi jamu yang berbahan baku tanaman rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, bahan baku jamu tradisional yang kini mulai sulit didapat dan cara pembuatannya yang juga tidak mudah bisa menghalangi kamu untuk mengonsumsi jamu setiap hari. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, jika kamu tidak sempat membuat jamu sendiri di rumah, kamu bisa membeli jamu tradisional yang siap minum secara online dari Ijo-Ijo Kitchen Sayurbox. Yuk, simak ini 9 jenis jamu tradisional yang membantu menjaga daya tahan tubuh.

Ini jamu tradisional yang membantu menjaga daya tahan tubuh

Jamu Tradisional
Jamu Tradisional yang Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Jamu Presiden, membantu mencegah berbagai penyakit

Jamu tradisional
Jamu Presiden, membantu mencegah berbagai penyakit. (Foto: Dok. Sayurbox)

Kini kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama empon-empon, nama salah satu jenis jampun ini begitu melesat semenjak mewabahnya virus corona. Jamu Presiden dari Ijo-ijo Kitchen Sayurbox memiliki komposisi yang mirip dengan jamu empon-empon.

Di dalamnya, Jamu Presiden ini terbuat dari air jahe, sereh, kunyit, air asam jawa, gula merah, temulawak, beras putih, kencur, pandan dan air. Jamu Presiden ini berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu, jamu ini juga bermanfaat untuk melegakan tenggorokan.

2. Jamu Kunyit Asam, baik untuk perempuan

Jamu tradisional
Jamu Kunyit Asam, baik untuk perempuan. (Foto: Dok. Sayurbox)

Bahan baku utama untuk membuat jamu kunyit asam dari Ijo-Ijo Kitchen Sayurbox ini antara lain adalah kunyit, air asam jawa, gula merah dan juga air. Mengonsumsi jamu kunyit asam dipercaya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, jamu kunyit asam juga memiliki banyak manfaat untuk perempuan. Jika diminum pada masa PMS, jamu kunyit asam dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Kandungan mineral dan minyak atsiri pada kunyit juga dapat membantu membersihkan darah sisa haid pada saluran tubafalopi, sehingga dapat mencegah keputihan di daerah kewanitaan.

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

3. Jamu Jahe, melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh

Jamu tradisional
Jamu Jahe, melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh. (Foto: Dok. Sayurbox)

Seperti namanya, bahan utama yang digunakan pada jamu ini tentu adalah air jahe murni. Selain itu, Jamu Jahe juga terbuat dari campuran sereh. Jamu ini dapat dikonsumsi tiap pagi hari. Manfaatnya antara lain adalah melegakan tenggorokan, menghangatkan tubuh, dan juga dapat menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Jamu ini dapat dikonsumsi langsung dan baik dalam keadaan hangat maupun dingin.

Ingin mencoba jamu tradisional dari Ijo-ijo Sayurbox? Kamu dapat memesannya langsung melalui aplikasi Sayurbox dan gunakan voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga!

jamu tradisonal

4. Jamu Beras Kencur, membantu menurunkan berat badan

Jamu tradisional
Jamu Beras Kencur, membantu menurunkan berat badan. (Foto: Dok. Sayurbox)

Jenis jamu yang satu ini juga cukup populer di Indonesia. Jamu tradisional beras kencur banyak disukai karena rasanya yang manis dan nikmat. Jamu ini cocok diminum dalam keadaan hangat atau pun dingin, kamu bisa meminumnya sesuai selera.

Bahan utama dari jamu ini yaitu beras putih, kencur, gula merah, pandan dan juga air. Bahan-bahan tersebut merupakan tanaman rempah yang dipercaya baik untuk kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, jamu beras kencur ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

5. Jamu Temulawak, bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh

Jamu trandisional
Jamu Temulawak, bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. (Foto: Dok. Sayurbox)

Temulawak adalah rempah yang bernama latin Curcuma zanthorrhiza, tanaman rempah ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Manfaat temulawak yang utama yaitu menjaga daya tahan tubuh sehingga sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan.

Jamu temulawak dari Ijo-ijo Kitchen Sayurbox terbuat dari temulawak, gula merah dan juga air. Bahan-bahannya yang alami membuat jamu ini sangat baik dikonsumsi setiap hari. Kamu dapat mengonsumsi jamu temulawak ini saat dingin atau hangat, sebab keduanya juga sangat nikmat.

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

6. Jamu Sinom, segar dan dapat meredakan nyeri haid

jamu tradisional
Jamu Sinom, segar dan dapat meredakan nyeri haid (Foto: Pixabay)

Jamu sinom sangat mirip dengan kunyit asam, terbuat dari asam jawa yang dicampurkan dengan kunyit, gula merah, temulawak dan berbagai rempah lainnya. Bedanya adalah tekstur jamu sinom yang lebih encer karena menggunakan kunyit yang tidak terlalu banyak dibanding jamu kunyit asam. Selain dapat menjaga kekebalan tubuh dari penyakit, mengonsumsi jamu sinom juga dapat menjaga keremajaan kulit, hingga meredakan nyeri saat haid bagi perempuan.

7. Jamu Jakutes, kombinasi bahan untuk menghangatkan tubuh

jamu tradisional
Jamu Jakutes, kombinasi bahan untuk menghangatkan tubuh (Foto: IDN Times)

Terbuat dari 4 bahan utama dan favorit dalam membuat jamu tradisional yaitu Jahe, Kunyit, Temulawak dan Sereh. Masing-masing rempah memiliki kelebihannya, namun yang pasti adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu memberikan kehangatan dari dalam untuk tubuh, baik dikonsumsi saat mengalami gejala sakit flu untuk meredakan gejalanya.

8. Jamu Pegagan, daun obat untuk detoks tubuh

jamu tradisional
Jamu Pegagan, daun obat untuk detoks tubuh
(Foto: Pixabay)

Pegagan sangat populer nih, karena sebagai ekstrak untuk produk perawatan kulit ternyata pegagan juga dapat berfungsi sebagai daun obat yang kaya manfaat. Salah satu khasiatnya adalah dapat mendetoks tubuh dari dalam. Mengolahnya pun mudah, cukup rebus sampai mendidih, dan tuang di dalam gelas serta peras jeruk nipis dan minum 2 kali sehari.

9. Jamu Bawang Putih, menjaga tubuh tetap fit

jamu tradisional
Jamu Bawang Putih, menjaga tubuh tetap fit
(Foto: Pixabay)

Jamu bawang putih terbuat dari bawnag putih tunggal atau bawang putih lanang yang dikenal tinggi khasiat. Bawang putih tunggal jika dikonsumsi dapat menjaga tubuh tetap fit, untuk itu diolah menjadi jamu sangat cocok untuk mendapatkan sensasi mengonsumsi bawang putih yang berbeda. Caranya cukup cuci bawang putih sampai bersih, haluskan dan campurkan ke dalam air hangat. Tambahkan madu dan siap diminum.

Jadi, itu dia 9 jenis jamu tradisonal yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan mendapatkan manfaat tambahan lainnya. Ada jua jamu siap konsumsi dari Ijo-ijo Kitchen Sayurbox nih! Jadi mana jamu yang menjadi favoritmu? Yuk, beli jamu tradisional yang praktis dan siap minum ini di Sayurbox!

 

jamu tradisonal

Related Articles

7 Sayuran Berkalsium yang Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Selama ini, jika bicara mengenai sumber kalsium, pasti sebagian besar orang langsung teringat akan susu dan produk olahannya. Namun, perlu...

Ladies, Ini Dia 5 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit Wajah

Tomat adalah jenis sayuran yang sangat sering kita jumpai di pasaran .Bisa diolah jadi makanan dengan bahan-bahan lain maupun dikonsumsi...

Wajib Catat, Ini 5 Manfaat Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

Makan sayur secara rutin memang bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis sayur yang bisa memberikan banyak manfaat adalah...