Written by at December 28, 2020
Tips & Trik

Cari tahu 9 Jenis Kacang-Kacangan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh adalah harta paling berharga yang patut dijaga. Dengan tubuh yang sehat, tentu kamu dapat melakukan banyak aktivitas dan lebih fokus serta semangat dalam bekerja tanpa hambatan yang berarti. Menjaga kesehatan tubuh sendiri bukanlah hal yang sulit, yang diperlukan hanyalah cukup konsisten dalam melakukannya. Kebanyakan orang hanya mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh dengan melalui olahraga yang rutin, padahal menjaga kesehatan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, lho. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi setiap hari, yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk menjaga kesehatan kamu juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan.

 

Ternyata kacang tidak hanya menjadi garnish atau snack saja, tetapi kacang-kacangnya disarankan untuk dikonsumsi karena telah terbukti mengandung nilai gizi yang tinggi serta mengandung antioksidan yang tinggi juga. Bahkan berdasarkan data dari USDA, ternyata kacang memiliki tingkat konsumsi yang tinggi di Amerika. Ingin mulai rutin mengonsumsi kacang-kacangan? Yuk, simak ini 9 jenis kacang-kacangan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh

 

Ini jenis kacang-kacangan terbaik untuk menjaga kesehatan

Jenis Kacang-Kacangan Terbaik
Jenis Kacang-Kacangan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Kacang Tanah

kacang-kacangan
Kacang Tanah. Foto: Pixabay

Kacang tanah adalah kacang paling umum ditemui dan dijual di pasaran. Ternyata, kacang tanah memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat membantu kesehatan jantung kamu. Kandungan resveratrol – antioksidan juga terdapat di dalam kacang tanah dengan kandungan yang sangat tinggi. Berdasarkan penelitian Nurses Health Study, jika kamu mengonsumsi kacang tanah maka kamu akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit seperti kardiovaskular, gangguan pada organ jantung, dan sistem pembuluh darah.

 

2. Kemiri

kacang-kacangan
Kemiri. Foto: Aset Sayurbox

Tidak perlu diragukan lagi, kemiri sudah terkenal sejak zaman nenek moyang kamu untuk menjaga kesehatan, terutama kulit, karena kemiri mengandung Vitamin E. Vitamin E sendiri memiliki manfaat untuk menjaga kulit kamu dari kerusakan yang diakibatkan oleh Sinar UV. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemiri ternyata dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan kadar kolesterol dalam tubuh. Cocok buat kalian yang sedang mencoba merawat kulit dengan bahan-bahan alami.

 

Baca juga: 9 manfaat mengonsumsi kacang-kacangan

 

3. Kacang Mede

kacang-kacangan
Kacang Mete. Foto: Pixabay

Setiap Hari Raya Idul Fitri, kamu pasti tidak pernah lupa dong untuk menyajikan jajanan bagi para tamu yang berkunjung ke rumah saat open house. Bisa banget nih kamu tambahkan kacang mede sebagai jajanan kacang di rumah bagi para tamu, selain rasanya yang lezat, kacang mede ternyata memiliki zat besi paling tinggi daripada kacang jenis lainnya. Berdasarkan data dari Statistik, tren konsumsi kacang mede juga terus meningkat hingga mencapai 782,32 ton setiap tahunnya.

 

jenis kacang-kacangan mana yang menjadi favorit kamu? Yuk, beli berbagai Jenis kacang, sayur, dan buat untuk menjaga kesehatan tubuh di Sayurbox!

 

4. Hazelnut

kacang-kacangan
Hazelnut. Foto: Pixabay

Untuk kalian yang menyukai coklat, minuman kopi di kedai kopi, ataupun susu, hazelnut sudah tidak akan asing lagi, karena hazelnut merupakan salah satu kacang yang cukup favorit untuk dicampur kedalam minuman.

 

Ternyata, hazelnut tidak hanya enak dan gurih, namun juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung juga! Bahkan salah satu hasil penelitian menunjukkan bahwa hazelnut dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang bersarang dalam tubuh, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah. Tidak sia-sia kalau memilih minuman atau makanan yang menyandingkan dengan hazelnut!

 

Baca juga: Suka sama kacang mete? Ini loh 9 manfaat utama mengonsumsi kacang mete

 

5. Kacang Kenari

 

kacang-kacangan
Kacang Kenari. Foto: Satuharapan.com

Dari seluruh kacang yang ada, menurut Healthline, kacang kenari memiliki 13 manfaat bagi tubuh. Kacang kenari ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi juga dibandingkan dengan jenis kacang yang lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang kenari dapat mencegah kerusakan oksidatif dari kolesterol buruk, sehingga membuat arteri tetap lancar.

 

Selain itu, kacang kenari juga mengandung lemak Omega-3 yang tinggi. Menurut Institute of Medicine, asupan kacang kenari yang memiliki Asam Alfa-Linolenat akan menurunkan risiko kematian akibat jantung hingga 10%. Kacang kenari juga akan mengurangi inflamasi atau peradangan yang mengakibatkan diabetes tipe 2, alzheimer, kanker, atau yang disebabkan oleh stress oksidatif.

 

Baca juga: 5 cara mengolah bubur kacang hijau yang enak dan sehat

 

6. Kacang Makadamia

kacang-kacangan
Kacang Makadamia. Foto: Pixabay

Kacang satu ini terkenal sehat karena tingginya kandungan lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fat. Tingginya lemak tak jenuh tunggal ini punya banyak manfaat, salah satu yang paling populer adalah dapat menurunkan resiko sakit jantung. Banyak orang mengonsumsi kacang makadamia selain rasanya yang kaya juga kandungan nutrisinya yang tinggi beberapa diantaranya vitamin E dan magnesium.

 

Selain itu mengonsumsi kacang makadamia juga baik dalam menurunkan resiko kolesterol termasuk kolesterol LDL. Apalagi Asosiasi Jantung Amerika menyarankan kacang makadamia sebagai salah satu kacang yang dapat mendukung diet untunk jantung yang sehat.

 

7. Kacang Almond

kacang-kacangan
Kacang Almond. Foto: Pixabay

Kacang almond selain dikonsumsi sebagai kacang untuk kudapan, juga sering diolah menjadi pengganti susu hewan. Mengonsumsi kacang almond juga dapat menurunkan resiko kolesterol LDL, yang nantinya dapat melindungi jantung dari penyakit berbahaya.

 

Kacang almond juga sering dijadikan tambahan protein dalam program diet rendah kalori yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah. Selain itu kacang almond juga dapat menurunkan gula darah yang sering meningkat sesaat setelah makan berat.

 

8. Pistachio

jenis kacang-kacangan
Kacang pistachio. (Foto: Pixabay)

Jenis kacang yang satu ini berasal dari Timur Tengah, namun kini sudah banyak diproduksi di Amerika Serikat dan Iran. Kacang ini biasanya dijual dalam bentuk utuh atau masih berada di dalam cangkangnya. Kacang pistachio ini memiliki rasa yang ringan di mulut dan ada sedikit sentuhan manis ketika memakannya. Pistachio juga sangat baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai sumber nutrisi penting, seperti tembaga, vitamin B6, dan tiamin.

 

9. Kacang Pikan

jenis kacang-kacangan
Kacang pikan. (Foto: Pixabay)

Jenis kacang yang satu ini juga sering disebut kacang pecan. Umumnya kacang pikan diolah sebagai makanan panggang atau pencuci mulut. Tetapi kacang jenis ini juga nikmat dimakan bila langsung. Kacang pikan memiliki rasa gurih yang khas seperti mentega. Pasalnya kacang ini juga merupakan salah satu sumber lemak tertinggi dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Tidak hanya itu, kacang pikan juga memiliki nilai kalori yang hampir mendekati mentega.

 

Jadi, jenis kacang-kacangan mana yang menjadi favorit kamu? Yuk, beli berbagai Jenis kacang, sayur, dan buat untuk menjaga kesehatan tubuh di Sayurbox!

 

Related Articles

Meski Bentuknya Serupa, Ternyata Ini 7 Jenis Kelengkeng yang Enak

Iklim tropis membuat Indonesia banyak ditumbuhi berbagai buah eksotis. Tak heran, Indonesia dikenal sebagai surganya buah tropis. Salah...

Hindari Busuk, Ini 7 Tips Memilih Buah-buahan Segar dan Matang

Sering salah membeli buah yang masih mentah atau justru sudah busuk? Memilih buah segar dan matang memang agak tricky, karena jika salah...

Perhatikan Kualitas Buah & Sayur Saat Cuaca Tidak Menentu

Cuaca sedang tidak menentu nih, akhirnya kualitas buah & sayur juga terpengaruhi. Saat ini, para petani sangat kesulitan menjual hasil...

Post Comment