Written by at December 12, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Memasak rasanya kurang lengkap tanpa bawang putih. Penggunaan bawang putih dapat membuat masakan terasa lebih gurih. Selain mampu menambah rasa dan membuat makanan terasa lebih nikmat, tidak banyak yang mengetahui jika bawang putih sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman dari jenis genus allium ini punya banyak kandungan alami yang berguna untuk tubuh manusia. Yuk, kenali 5 kandungan bawang putih yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

Ini kandungan bawang putih yang bermanfaat untuk kesehatan

 

  1. Allicin, sebagai bahan dasar berbagai obat

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Kandungan allicin pada bawang putih sebagai bahan dasar berbagai obat. (Foto: Pixabay)

Sejak dulu bawang putih telah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis obat. Kandungan ini berfungsi sebagai zat anti bakteri. Allicin diyakini memiliki peran yang penting untuk mengatasi beragai masalah kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan, mecegah penyakit hipertensi, membantu mengencerkan darah, juga sebagai zat anti kanker.

 

Selain itu, zat allicin juga bersifat anti jamur. Senyawa aktif yang terdapat di bawang putih ini bersifat tidak stabil dan efektif untuk membunuh mikroba, seperti kuman penyebab infeksi.

 

  1. Antioksidan, bermanfaat untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Kandungan antioksidan bermanfaat untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas. (Foto: Pixabay)

Kandungan bawang putih lainnya yang juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu antioksidan. Banyak dari kamu mungkin sudah sering mendengar kandungan yang satu ini. Antioksidan berguna untuk membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan di dalam bawang putih juga berguna untuk menangkal radikal bebas.

 

Antioksidan bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit di dalam tubuh. Disamping itu, antioksidan juga dibutuhkan untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan menjaga kulit agar tetap tampak awet muda.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

  1. Zat anti-inflamasi, berfungsi sebagai pengatur sel lemak

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Zat anti-inflamasi, berfungsi sebagai pengatur sel lemak. (Foto: Pixabay)

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu berbagai masalah kesehatan tubuh. Mulai dari kolesterol, penyakit jantung, hingga stroke. Untuk menghindarinya, coba rutin mengonsumsi bawang putih. Kandungan anti-inflamasi pada bawang putih berfungsi untuk mengatur lemak pada tubuh.

 

Saat obesitas biasanya terjadi penumpukan lemak yang tidak sehat untuk tubuh. Saat tahap ini terjadi perubahan pre-adiposit menjadi sel adipocytes (sel-sel lemak) yang kemudian disebut sebagai sistem inflamasi. Kandungan pada bawang putih yang berupa zat vinylidithiin dapat menghambat proses inflamasi tesebut, sehingga mencegah penumpukan lemak pada tubuh.

 

Selain tiga kandungan tadi, masih ada dua kandungan bawang putih lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, beli bawang putih di Sayurbox, sekarang!

 

  1. Anti bakteri, berguna untuk mengatasi masalah pencernaan

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Kandungan Anti bakteri berguna untuk mengatasi masalah pencernaan. (Foto: Pixabay)

Gangguan pada pencernaan biasanya disebabkan oleh bakteri. Untuk mengatasi masalah pencernaan, kamu bisa memanfaatkan bawang putih. Tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ini telah lama dikenal baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

 

Kamu bisa coba dengan menambahkan potongan bawang putih pada salad atau makanan lainnya. Kandungan anti bakteri pada bawang putih akan langsung beraksi membunuh bakteri penyebab gangguan pencernaan.

 

Baca juga: Mengenal Bawang Dayak & Manfaatnya

 

  1. Zat analgesik, meringankan rasa nyeri dan sakit gigi

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Zat analgesik, meringankan rasa nyeri dan sakit gigi. (Foto: Pixabay)

Saat sakit gigi seluruh bagian mulut rasanya menjadi nyeri tak tertahankan. Kondisi tersebut biasanya disebabkan karena adanya pembusukan gigi yang terjadi ketika pulpa gigi mengalami peradangan.

 

Tak hanya itu, tumpukan nanah akibat infeksi akteri yang terjadi di dasar gigi dan gusi juga menjadi penyebab utama timbulnya sakit gigi. Kandungan zat analgesik pada bawang putih berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab sakit gigi, sehingga meringankan rasa nyeri yang terjadi.

 

Baca juga: Superfood 101: Kenali Superfood dan Segala Kebaikannya

 

Ingin mendapatkan manfaat dari kandungan bawang putih tadi? Yuk, langsung beli bawang putihnya di Sayurbox!

Related Articles

10 Manfaat Nangka untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Selain durian, nangka atau yang dikenal dengan nama latin Artocarpus heterophyllus juga menjadi salah satu buah tropis yang cukup populer....

Selain Mencegah Depresi, Ini 13 Manfaat Dark Cokelat yang Bisa Kamu Coba

Siapa yang tidak mengnal dark cokelat atau cokelat hitam, makan manis dengan sedikit sentuhan rasa pahit khas coklat, yang hampir disukai...

10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia....

Post Comment