Written by at March 17, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Pakainya

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga memasak. Hal ini karena, minyak kelapa mengandung banyak nutrisi. Bukan rahasia lagi soal manfaat minyak kelapa untuk rambut, bahkan minyak kelapa dianggap sebagai minyak terbaik untuk rambut karena dapat mengurangi kehilangan protein dan menjaga kesehatan rambut.

Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat. Jenis asam lemak ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut. Minyak kelapa juga tinggi asam laurat. Kandungan ini membantu mencegah kehilangan protein dari rambut.  Ini memberi minyak kelapa struktur panjang dan lurus, yang lebih mudah diserap jauh ke dalam batang rambut. Yuk, simak ini 5 manfaat minyak kelapa untuk rambut dan cara pakainya di bawah ini.

Ini manfaat minyak kelapa untuk rambut dan cara pakainya

Minyak Kelapa untuk Rambut
Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Pakainya. (Foto: Pixabay)

1. Minyak kelapa untuk mendukung pertumbuhan rambut

manfaat vco untuk rambut
Foto: Pixabay

Rambut berbentuk seperti tabung dan berongga dari dalam, minyak kelapa benar-benar menembus rongga rambut. Sehingga, poros rambut terisi dan diberi lebih banyak tubuh. Rambutmu pun terlihat lebih lebat dan penuh.

2. Membantu mencegah kerusakan rambut

manfaat vco untuk rambut
Foto: Pixabay

Mengoleskan minyak kelapa pada rambut sebelum atau setelah mencuci rambut dapat mencegah kerusakan pada rambut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan minyak kelapa pada rambut, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke rambut sebelum atau sesudah kamu keramas. Menggunakan minyak kelapa ke rambut sebelum keramas dapat mengurangi jumlah air yang diserap oleh batang rambut. Sehingga membuat rambut kurang rentan terhadap kerusakan saat basah.

Sementara, mengoleskan minyak kelapa setelah kamu keramas dapat membuat rambut lebih lembut dan halus. Hal ini mengurangi jumlah gesekan yang disebabkan proses styling, seperti blow, catok, dan lainnya. Kandungan minyak kelapa membuat rambut kamu tidak mudah tersangkut dan patah.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan & Kecantikan

3. Mengurangi potensi rambut kehilangan protein

manfaat vco untuk rambut
Foto: Pixabay

Tahukah kamu bahwa total komposisis rambut adalah protein? Dengan demikian, kehilangan protein dari rambut berakhir pada rambut yang lemah dan tidak sehat. Perawatan minyak kelapa secara signifikan mengurangi kehilangan protein ini dari rambut yang rusak atau tidak rusak. Para peneliti telah menemukan bahwa itu adalah satu-satunya minyak yang memberikan manfaat seperti itu.

Ingin mencoba manfaat minyak kelapa untuk rambut ini? Yuk, beli minyak kelapa berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

4. Membantu melembapkan rambut dari dalam

manfaat vco untuk rambut
Foto: Pixabay

Minyak kelapa mempertahankan kelembaban, sangat penting untuk rambut yang kuat dan lembab. Ini membuat rambut berkilau dan halus. Minyak kelapa juga mengkondisikan rambut agar terlembabkan dari dalam, melindunginya dari panas dan kerusakan lingkungan.

Baca juga: Segudang Khasiat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

5. Memiliki properti anti-bakteri

manfaat vco untuk rambut
Foto: Pixabay

Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri dan nutrisi, yang bertanggung jawab untuk perlindungan rambut dan kulit kepala yang ideal dari bakteri, infeksi protozoa, dan virus. Terlebih lagi, wanita yang menggunakan minyak kelapa bisa mencegah uban dan menjaga rambutnya yang gelap bahkan ketika tua.

Baca juga: Mengenal Virgin Coconut Oil

Setelah mengetahui manfaat minyak kelapa untuk rambut, simak juga cara penggunaan minyak kelapa agar mendapatkan hasil yang maksimal di bawah ini.

Minyak kelapa harus dioleskan di kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Maka kamu harus menyisirnya melalui rambut, sehingga mencapai setiap helai. Selain itu, untuk menstimulasi pertumbuhan rambut lakukanlah hot oil treatment dengan cara menghangatkan minyak kelapa sebelum dioleskan, pijat ke kulit kepala, biarkan semalaman dan cuci di pagi hari dengan sampo dan gunakan conditioner.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat minyak kelapa untuk rambut ini? Yuk, beli minyak kelapa berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

Related Articles

Sering Dijadikan Jamu, Ini 11 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun temurun sejak dahulu. Jamu sendiri...

10 Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas, tampilan dan bentuk kembang kol memang mirip dengan brokoli. Namun, perbedaan fisik yang paling mencolok dari keduanya adalah...

Jangan Dibuang, Ini 9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut,...