Written by at July 15, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

5 Manfaat Utama Buah Naga

Sayurfriends pastinya sangat familiar dengan buah naga dong? Buah yang makin hari semakin meningkat popularitasnya ini thanks to tren gaya hidup sehat dan program diet bersih atau clean-eating.

Buah Naga
Photo by Samuel Holt

Buah Naga atau Pitaya?

Buah yang termasuk dalam varietas spesies kaktus ini sebenarnya bernama Pitaya, lho! Berawal dari tradisi masyarakat Vietnam, yang menyebut buah ini dengan istilah ‘Thang Loy’ (yang berarti Buah Naga) kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara-negara berbahasa Inggris lain sebagai Dragon Fruit. Maka hingga saat ini, buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan ini lebih akrab dikenal dengan nama ‘Buah Naga’.

Macam-macam Buah Naga

Buah Naga memiliki beberapa varian, yaitu;

Hylocereus Undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih

Hylocereus Polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah

Selenicereus Megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih

Hylocereus Costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah

Buah Naga Kuning dan Putih
Photo by Samuel Holt

Tekstur buah naga yang lembut namun tidak benyek dan rasa buahnya yang manis sudah pasti merebut banyak hati sang pencinta buah. Tidak hanya itu, buah yang memiliki penampilan unik ini mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting untuk kesehatan tubuh.

Mengacu kepada data dari United States Department of Agriculture (USDA), buah naga memiliki nilai gizi sebagai berikut dalam setiap 100 gramnya (atau sekitar +/- ukuran satu buah naga utuh):

  • Kalori: 264
  • Protein: 3.57 g
  • Lemak: 0 g
  • Karbohidrat: 82.14 g
  • Serat makanan: 1.8 g
  • Gula (total): 82.14 g
  • Kalsium: 107 mg
  • Besi: 0 g
  • Sodium: 39 mg
  • Vitamin C: 6.4 mg
  • Kolesterol: 0 mg

Manfaat Utama Buah Naga

Pada artikel kali ini, Sayurteam akan membahas khasiat buah naga yang telah terbukti secara ilmiah!

Kaya Antioksidan

Menurut studi dari African Journal of Biotechnology, buah naga mengandung betacyanins dan betaxanthins yang merupakan senyawa yang menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Peran betacyanins dan betaxanthins adalah mencegah dan memerangi dari kerusakan pada sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Menurut jurnal World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kandungan antioksidan pada buah naga mampu membantu dan mencegah kondisi peradangan dalam tubuh, termasuk encok dan radang sendi.

Mengontrol Indeks Glikemik

Sebuah analisis yang diterbitkan pada situs PLOS ONE menerangkan tentang efek mengkonsumsi buah naga terhadap orang dengan diabetes tipe 2 dan prediabetes. Hasil dari uji klinis menunjukkan efek signifikan dari mengkonsumsi buah naga dengan kadar gula darah dan kontrol diabetes yang lebih baik terhadap orang dengan prediabetes. Ini karena buah naga mendorong pertumbuhan sel pankreas yang memproduksi insulin.

Tinggi Kandungan Mineral dan Vitamin

Menurut penelitian yang muncul pada World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, nutrisi yang terkandung dalam buah naga meliputi:

  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potassium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Seng

Buah naga juga mengandung kalsium dan tembaga dalam kadar yang lebih sedikit, kedua hal ini juga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Oleh karena kandungan nutrisi yang tinggi pada buah naga, buah naga diakui sebagai ‘superfood’. 

Probiotik Properti

Mengkonsumsi buah naga memiliki efek probiotik yang baik bagi pencernaan serta memelihara bakteri baik dalam usus, berdasarkan studi dari Electronic Journal of Biotechnology.

Buah naga mengandung karbohidrat yang dinamakan oligosakarida, yang diyakini oleh para peneliti dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan perut. Para dokter pun menyebut bakteri tersebut probiotik karena berperan dalam membantu banyak aspek kesehatan tubuh manusia.

Manfaat probiotik seperti yang terkandung dalam buah naga, diantaranya; meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan fungsi sistem imun, dan menekan resiko infeksi usus.

Mengandung Asam Lemak Baik Untuk Tubuh

Ternyata biji-biji kecil yang pada buah naga mengandung nutrisi yang cukup signifikan!

Menurut penelitian dari World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji-biji tersebut mengandung asam lemak tak jenuh, termasuk omega-3 dan omega-9 dan juga minyak alamiah lainnya. Dokter menganggap semua komponen tersebut sangatlah baik bagi kesehatan jantung manusia.

Buah Naga Putih dan Biji-bijinya yang Mengandung Manfaat
Photo by Samuel Holt

Nah lima poin di atas adalah sedikit dari banyaknya manfaat buah yang memiliki tekstur mirip seperti buah kiwi ini. Jadi Sayurfriends bisa makin giat lagi konsumsi buah naganya!

Konsumsi Buah Naga

Buah naga dapat dikonsumsi tanpa diolah, bisa juga ditambahkan dalam beragam resep seperti; sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, es buah, dan sebagainya. Beberapa orang suka menambahkan perasan jeruk lemon atau nipis pada buah naga potong untuk memperkuat rasa buah yang berwarna pekat ini. Sebagian orang bahkan mengolah kulit buah naga menjadi acar dan mencampurkannya pada salad.

Cara menentukan tingkat kematangan buah naga juga lumayan mudah, ketika ditekan kulit luarnya buah ini akan terasa empuk, terlalu banyak bercak pada kulit luar buah naga menandakan buah sudah terlalu matang.

Sekarang Sayurteam juga mau kasih resep simple untuk Sayurfriends supaya makin seru makan buah naganya 🙂

Berry Dragonfruit Smoothie

Berry Dragon Fruit Smoothie

Bahan-bahan:

  • 200 gram buah naga
  • 1 cup raspberry
  • ½ cup blackberry
  • 150 gram yogurt stroberi
  • 1 sdt perasan jeruk nipis
  • 1 sdt jahe, diparut
  • 1 cangkir almond milk
  • 2 sdm chia seeds (optional)

Cara pembuatan:

Masukan semua bahan kedalam blender kontainer lalu blender hingga tekstur terlihat halus merata.

Apabila smoothie terlihat terlalu kental, tambahkan ¼ cangkir almond milk dan blender kembali.

Apabila smoothie terlalu cair, bisa ditambahkan ¼ berries atau es batu dan blender kembali hingga halus.

[source: gratefulgrazer.com]

Warna yang menyegarkan mata dan kandungan nutrisi berlimpah dari buah naga dan mix berries untuk melengkapi sarapan pagi Sayurfriends untuk siap dan mantap beraktifitas seharian!

Related Articles

Rainbow Food, Makanan Berwarna Kaya Manfaat.

Banyak orang, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan berwarna-warni. Makanan berwarna-warni disini bukan sembarangan makanan yaa,...

Mengenal Kurma Ruthab & Manfaatnya

Kurma kalau biasanya hanya ada saat momen Ramadhan saja dan selalu dengan jenis yang sama, tapi ada juga kurma yang sering dicari bukan...

Mengenal Virgin Coconut Oil

Pasti suka menebak kan apa sih perbedaan antara coconut oil dengan virgin coconut oil? Apa efek penambahan kata virgin untuk kualitas...

Post Comment