Written by at March 25, 2020
Resep

Wajib Coba, Ini 5 Olahan Pare yang Enak dan Tidak Pahit

Jika mayoritas sayuran tidak memiliki rasa pahit atau rendah rasa pahit, pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit sangat tinggi. Di Indonesia sendiri pare sudah sangat amat dikenal oleh masyarakat, terutama dikenal sebagai sayuran pahit dan kurang diminati. Namun benar kata pepatah, jangan menilai buku dari sampulnya saja loh, karena ternyata pare memiliki khasiat-khasiat yang baik untuk tubuh seperti menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, mencegah diabetes, memperbaiki kinerja ginjal, menghilangkan flek hitam, menjaga kesehatan jantung hingga memperlancar saluran pernafasan untuk pengidap asma. Selain itu, pahit dari pare sendiri juga dapat diminimalisir jika diolah dan memilih pare yang benar, seperti memilih pare yang berwarna hijau tua dan berukuran sedang, merebus pare dengan cuka, garam dan gula dan lain sebagainya. Jika kita sudah tahu bagaimana cara mengolah pare, tentu akan lebih mudah membuat menu olahan pare yang enak dan tentu tidak terasa pahit seperti menu olahan pare dibawah ini.

 

Ini menu olahan pare yang enak dan tidak terasa pahit

Olahan Pare yang Enak
Olahan Pare yang Enak dan Tidak Pahit. (Foto: Pixabay)

1. Telur Dadar Pare

Pare yang dipadukan dengan telur kocok akan memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Hal ini dikarenakan telur dapat membantu menetralkan rasa pahit dalam pare. Cara memasaknya pun mudah, cukup siapkan telur ayam, daun bawang, pare, bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan minyak secukupnya. Lalu kocok lepas telur, masukkan potongan pare diiris tipis yang sudah diremas dengan garam hingga mengeluarkan air dan sudah dicuci bersih. Campurkan juga irisan bawang putih, bawang merah, daun bawang, merica dan garam. Kemudian panaskan minyak dan tuangkan telur pada wajan, dadar telur hingga matang. Telur dadar pare siap dihidangkan.

 

2. Pare Isi Ayam

Selain dengan telur, pare juga dapat tidak terasa pahit disandingkan dengan olahan ayam seperti menjadi pare isi ayam. Bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit cukup ayam fillet, bawang putih, telur, garam, dan lada bubuk. Cara membuatnya adalah blender seluruh bahan isi hingga benar-benar lembut dan tercampur, tumis bahan isi yang sudah halus sampai matang dan wangi. Kemudian potong pare  sesuaikan dengan tumisan ayam. Bentuk lalu kukus kurang lebih 30 menit. Pare isi Ayam pun siap dihidangkan.

 

Baca juga: Apa aja sih manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo?

 

3. Bakwan Pare

Jika tidak ingin menyantap pare sebagai menu utama, coba jadikan pare sebagai snack di rumah sebelum makan seperti bakwan. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan bakwan juga lho, hanya membutuhkan pare, wortel, daun bawang, tepung terigu, telur, cabai, suwiran ayam secukupnya, bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, dan ketumbar. Kemudian cuci bersih sayuran, potong bare dan buang bagian putihnya, hilangkan pahitnya dengan memberi garam dan meremas pare hingga layu, kemudian rendam 30 menit dan bilas. Siapkan bumbu halus, dan campurkan sayuran dengan bumbu halus, tambahkan telur dan tepung, aduk rata dan tambahkan air secukupnya. Goreng adonan sampai berwarna kecoklatan, tiriskan dan hidangkan hangat-hangat dengan teh maupun kopi di sore hari.

 

Ingin coba seluruh resep olahan pare tanpa rasa pahit ini di rumah? Kamu bisa membeli pare dan kebutuhan kamu lainnya untuk memasak di Sayurbox!

 

olahan pare

 

4. Pepes Pare

Tidak hanya ikan tongkol yang dapat dijadikan sebagai pepes, pare pun dapat kamu kreasikan menjadi Pepes Pare. Bahan yang dibutuhkan antara lain pare, udang kupas, belimbing wuluh, serta daun pisang untuk membungkus. Sedangkan untuk bumbu halusnya antara lain bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, kunyit, daun jeruk, garam, dan gula.

 

Cara membuatnya dimulai dengan memotong pare dan membuang bijinya serta menghilangkan rasa pahitnya dengan beri garam dan lemas. Kemudian bilas hingga bersih. Haluskan bumbu kecuali daun jeruk dan belimbing wuluh dan campurkan dengan bumbu halus yang sudah dihaluskan, lalu bungkus dan sematkan lidi dan kukus selama 15 menit atau hingga keluar aromanya. Pepes pare siap dihidangkan. 

 

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Brokoli

 

5. Infused Water Pare

Sandiaga Uno tidak jarang memamerkan hidup sehatnya di sosial media, termasuk juga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Salah satu minuman yang dikonsumsi oleh Sandiaga Uno ini adalah infused water pare. Infused water pare ini ternyata dapat menyelesaikan permasalahan kulit, menurunkan berat badan, serta menjaga stamina. Cara membuatnya pun mudah, pertama pare hijau bersihkan bagian putihnya, beri garam lalu peras dan bilas hingga benar-benar bersih. Campurkan dengan air matang 500ml. Diamkan, semakin lama semakin infused water mengandung lebih banyak pare. Silahkan dicoba ya!

 

Baca juga: Superfood 101: Kenali Superfood dan Segala Kebaikannya

 

Itulah 5 menu sehat olahan pare yang enak dan tidak pahit. Intinya, dalam mengolah pare menjadi sebuah masakan atau minuman untuk menghilangkan pahitnya terdapat beberapa cara, dalam menu di atas, cara menghilangkan pare yang dipilih adalah dengan memberi garam pada pare lalu meremasnya, cara lain bisa dapat dilakukan dengan memilih warna pare serta ukuran atau merebus pare dengan daun jambu biji atau cuka dan garam. Yuk, coba seluruh resep olahan pare tanpa rasa pahit ini di rumah. Kamu bisa membeli pare dan kebutuhan kamu lainnya untuk memasak di Sayurbox!

 

olahan pare

Related Articles

Cobain Yuk, Ini 7 Cara Membuat Mexican Tacos ala Rumahan yang Enak

Sedang bosan dengan masakan rumahan yang biasa kamu masak? Agar dapur lebih berwarna, sesekali coba buat masakan khas negara lain yang tak...

7 Resep Soto Daging Madura Enak yang Praktis Dimasak di Rumah

Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang khas dari berbagai daerah. Salah satunya yaitu soto daging sapi Madura yang sudah terkenal...

9 Cara Membuat Sayur Sop Ala Rumahan yang Enak untuk Anak

Sayur sop adalah masakan rumahan yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti wortel, kubis, kol, kentang, dan bahan-bahan tambahan...

Post Comment