Written by at March 23, 2021
Resep

Yuk, Coba 7 Olahan Pasta untuk Diet yang Sehat dan Enak

Belakangan tidak sedikit masyarakat yang mulai mencoba memulai program diet untuk mempertahankan bentuk tubuh maupun untuk menurunkan berat badan. Bahkan program diet pun yang awalnya hanya dari membatasi pola makan berkembang hingga memiliki konsep dan tujuannya masing-masing. Namun, program diet yang dilakukan sembarangan tidak sedikit yang memakan korban karena salah menjalankan program. Wah, ngeri banget ya kalau dietnya jadi kurang sehat untuk tubuh terutama metabolisme. Meskin pun diet kamu tetap boleh kok untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan asalkan porsi dan gizinya seimbang, seperti olahan pasta untuk diet ini. Menurut World Health Organization sendiri seharusnya diet yang sehat mengandung 4 poin dibawah ini.

 

  • Staples seperti sereal seperti gandum, barley, gandum hitam, jagung atau beras atau umbi atau akar bertepung seperti kentang, ubi, talas, atau singkong
  • Legum seperti lentil dan kacang
  • Buah dan sayuran
  • Makanan dari sumber hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu

 

Jadi sebenarnya diet juga tidak melulu dilakukan dengan tidak makan, lho. Asalkan porsi dan menunya cocok pasti program diet pun akan berjalan dengan lancar. Menurut peneliti dari Universitas Toronto, makanan yang tidak berhubungan dengan kenaikan berat badan adalah pasta, dengan syarat apabila dikonsumsi sebagai bagian dari pola diet low-glycemic indeks atau GI. Pasta juga merupakan salah satu menu yang dapat kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan Staples. Ini 7 olahan pasta untuk diet yang bisa jadi menu andalan kamu saat melakukan program penurunan berat badan.

 

Ini olahan pasta untuk diet

Olahan Pasta untuk Diet
Olahan Pasta untuk Diet yang Sehat dan Enak. (Foto: Pixabay)

1. Pasta Primavera

Siapa bilang menu pasta untuk diet harus hambar? Pasta primavera merupakan salah satu menu pasta yang lezat dan kaya akan rasa karena menggunakan bahan-bahan seperti minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, tomat, susu rendah lemak, garam, wortel, asparagus, zucchini, daun kemangi dan keju parmesan, dijamin rasanya akan bikin nagih. Menggunakan pasta farfalle atau pasta yang berbentuk kupu-kupu jumlah kalori per sajian mencapai 286 kalori, rendah, kan? 

 

2. Spaghetti Kerang

Tahukah kamu kalau kerang memiliki kalori yang rendah? Wah, cocok ini untuk kamu yang suka seafood namun masih tetap ingin dietnya tidak gagal, kerang merupakan salah satu hewan laut yang rendah kalori dan tidak kalah bagus dengan ikan-ikan laut lainnya. Selain itu, kerang laut juga mengandung zat besi yang baik.

 

Spaghetti Kerang pun sangat mudah untuk dibuat, bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain spaghetti gandum, mentega tawar, bawang putih, kerang, paprika merah, jus lemon segar, dan keju parmesan. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan-bahan yang mengandung rendah kalori serta baik untuk metabolisme tubuh dan lemak tubuh. Jumlah kalori per sajian Spaghetti Kerang ini mencapai 276 kalori.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Mie Organik yang Mudah di Rumah

 

3. Fusilli Sosis Tomat Kedelai

Beberapa program diet ada yang menganjurkan untuk makan beberapa kali dalam sehari, hal ini untuk menjaga konsumsi makanan pada tubuh. Tapi rasanya malas juga kalau harus beberapa kali makan ya? Cocok untuk kamu yang ingin sekali makan dan kenyang lebih lama, Fusilli Sosis Tomat Kedelai akan menjaga perutmu kenyang lebih lama karena menu pasta satu ini mengandung minyak zaitun, sosis, pasta tomat, kacang kedelai, daun mint, paprika merah, keju parmesan, dan peterseli.

 

Kacang kedelai dalam pasta ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan lho, pasalnya berdasarkan penelitian mereka yang mengikuti diet rendah kalori dengan protein kedelai mengalami pengurangan lemak. Langsung coba, yuk?

 

Olahan pasta untuk diet ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. bukan? Yuk, coba menu olahan pasta untuk diet ini dengan berbelanja bahannya di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

4. Spaghetti Bakso Tanpa Lemak Saus Tomat

Jangan lupakan protein jika kamu sedang menjalani program diet, karena program diet tidak hanya melulu tentang karbohidrat namun juga asupan protein. Tambahkan kacang-kacangan seperti kedelai untuk membantu memenuhi kebutuhan protein kamu. Bahan-bahan yang digunakan untuk resep pasta ini adalah daging tanpa lemak, keju parmesan, peterseli, remah-remah roti gandum, telur, garam, merica, minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, tomat, kacang pinto, dan spaghetti. Kalori Spaghetti Bakso Tanpa Lemak Saus Tomat mencapai 439 kalori, bisa untuk menahan lapar seharian.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

5. Spaghetti With Greek-Yogurt Tomato Sauce

Bosan dengan rasa yang itu-itu saja? Yuk, cobain menu pasta untuk diet dengan yogurt asal Greece. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan seperti extra-virgin olive oil, bawang putih, bawang bombay, cabai kering, tomat, Greek Yogurt, keju parmesan, dan spaghetti tentunya. Greek yogurt yang mengandung protein tinggi akan membuatmu kenyang lebih lama sehingga akan membuatmu makan lebih sedikit dan tentu dengan kalori yang lebih rendah, cocok kan untuk diet?

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

 

6. Cashew Pesto Penne Pasta

Kacang mete adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang bagus untuk diet. Pasalnya Kacang mete memiliki kadungan lemak monoansaturated yang dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, coba campurkan kacang mete pada olahan pastamu. Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat olahan pasta ini antara lain 100 gram kacang mede sangra, 1 genggam sweet basi, 2 siung bawang puti, olive oil, keju parmesan, lada hitam, garam, dan penne pasta. 

 

Cara membuatnya, pertama-tama didihkan air dan beri garam. Lal rebus penne pasta sekitar 8 menit atau sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Dengan menggunakan food processor, blender kacang mede, basil, bawang putih, dan keju parmesan. Pastikan tidak terlalu halus dan masih memiliki tekstur kasarnya. Bumbui dengan garam dan lada. Koreksi rasa. Angkat penne pasta yang sudah matang dan masukkan di dalam wadah untuk mencampurnya dengan saus pesto yang sudah jadi. Aduk rata. Sajikan dengan taburan ekstra keju parmesan.

 

7. Pasta Pesto Bayam

Pasta biasanya memiliki rasa yang cenderung pekat dan berat, maka tak heran saat memakan pasta mungkin kamu bisa cepat merasa kenyang. Agar pasta terasa lebih ringan dan segar, kamu bisa menambahkan bayam ke dalamnya. Masak pasta dengan bumbu pesto seperti biasa. Lalu campurkan bayam sesuai selera. Aduk hingga bayam dan pasta pesto tercampur rata, kemudian sajikan.

 

Ternyata menu diet enak-enak, bukan? Tergantung bagaimana kamu memadupadankan pasta dengan bahan-bahan yang dapat mendukung penurunan berat tubuh seperti bahan-bahan yang berprotein tinggi, rendah lemak, atau rendah kalori. Diet yang tidak sehat sudah tidak ada lagi jika kamu paham bagaimana pola konsumsi kamu. Olahan pasta untuk diet ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. bukan? Yuk, coba menu olahan pasta untuk diet di atas dengan berbelanja bahannya di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

Related Articles

Gurihnya Gak Ada Lawan, Ini Dia Resep Tongseng Ayam

Makanan bertekstur gurih dan sedap khas Indonesia memang tak terkira banyaknya, salah satunya yang tak boleh dilewatkan tentu adalah...

4 Resep Masak Sehari hari yang Mudah buat Dipraktikkan

Pernah gak merasa bingung dengan pilihan menu harian untuk keluarga? Masak menu sehari-hari untuk keluarga di rumah memang terkadang...

Obral Es Krim di Sayurkilat!

Siapa mau es krim harga miring? Yuk, sini merapat! Dapetin Es Krim dengan potongan harga 10% khusus pemesanan di Sayurkilat! Pilih...