Written by at January 09, 2020
Tips & Trik

5 Rahasia Dibalik Suksesnya Diet Apel untuk Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Berbagai penyakit, mulai dari kolesterol hingga diabetes dapat saja menjangkit jika kamu tidak mulai mengontrol berat badan. Selain itu, berat badan yang ideal juga dapat membuat penampilanmu lebih menarik. Kamu tak perlu khawatir lagi dengan kelebihan berat badan, pasalnya saat ini ada berbagai macam jenis diet yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah diet apel. Cara diet ini diyakini ampuh menurunkan berat badan satu sampai tiga kilo gram dalam sehari. Penasaran? Yuk, simak ini 5 rahasia dibalik suksesnya diet apel untuk menurunkan berat badan.

 

Ini rahasia dibalik suksesnya diet apel untuk menurunkan berat badan

 

1. Apel mengandung serat yang bisa mengurangi nafsu makan

ahasia dibalik suksesnya diet apel
Apel mengandung serat yang bisa mengurangi nafsu makan. (Foto: Pixabay)

Salah satu faktor utama yang membuat keberhasilan diet apel cukup tinggi adalah kandungan yang ada di dalam apel itu sendiri. Selain kaya akan vitamin, apel juga mengandung serat larut dan tidak larut. Kandungan serat tersebut dapat membantu mengurangi nafsu makan.

 

Tidak hanya itu, kandungan serat pada apel juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, apel sangat cocok dikonsumsi saat pagi hari agar kamu lebih siap beraktivitas hingga siang hari.

 

2. Kandungan pektin mengontrol menyerapan gula

Rahasia dibalik suksesnya diet apel
Kandungan pektin pada apel mengontrol menyerapan gula. (Foto: Pixabay)

Selain itu, serat larut yang dikandung apel, atau disebut juga sebagai pektin dapat berubah menjadi gel lengket di dalam perut. Kandungan tersebut berfungsi membantu tubuh mengontrol penyerapan gula. Pektin di dalam apel juga dapat membantu mengurangi kadar kolesetrol di dalam tubuh.

 

Baca juga: Kentang : Fakta, Tips, Resep Mudah dan Cepat!

 

3. Lakukan diet apel dengan kombinasi makanan yang tepat

Rahasia dibalik suksesnya diet apel
Lakukan diet apel dengan kombinasi makanan yang tepat. (Foto: Pixabay)

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan tubuh tetap sehat, diet apel tidak boleh dilakukan sembarangan. Apa lagi jika kamu baru pertama kali mencoba jenis diet ini. Diet apel sebaiknya dilakukan dengan kombinasi makanan yang tepat. Jika terlalu ektrem melakukan diet , misalnya hanya memakan satu buah apel dan minum air putih seharian, efeknya dapat berdampak buruk bagi tubuh. Metode diet yang terlalu ekstrem dapat membuat tubuh menjadi mudah lemas, pusing, dan tidak bertenaga.

 

Saat menjalani metode diet ini, asupan makanan tetap harus seimbang. Tubuh harus tetap mendapatkan asupan protein dan karbohidrat sebagai sumber energi. Namun, kamu harus memilih sumber protein yang sehat karbohidrat kompleks yang tinggi serat sehingga tidak ada glukosa yang kembali tertimbun di dalam tubuh.

 

Ingin mencoba diet apel? Yuk, langsung beli apel segar di Sayurbox! Cari tahu juga dua rahasia diet apel lainnya di bawah ini.

 

4. Kurangi konsumsi kopi selama diet apel

Rahasia dibalik suksesnya diet apel
Kurangi konsumsi kopi selama diet apel. (Foto: Pixabay)

Selama menjalani metode diet ini sebaiknya kamu juga mengurangi konsumsi kopi. Pasalnya, kamu dilarang untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kafein selama menjalani diet ini.

 

Sebaliknya, saat menjalani metode diet ini kamu sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih. Paling tidak 2 liter air dengan suhu kamar atau agak hangat setiap hari. Kamu juga bisa menambahkan potongan lemon ke dalam air minummu. Air putih dengan campuran lemon ini membantu membersihkan pencernaan dan membuat rasanya terasa lebih segar.

 

Baca juga: 5 Alasan Pisang untuk Diet yang Sehat dan Seimbang

 

5. Luangkan waktu untuk menikmati apel

Rahasia dibalik suksesnya diet apel
Luangkan waktu untuk menikmati apel. (Foto: Pixabay)

Saat mengonsumsi apel kamu juga disarankan untuk mengunyahnya secara perlahan dan nikmati apel yang kamu makan dengan seksama. Makan apel pelan-pelan dan perhatikan reaksi yang ditimbulkan oleh tubuhmu. Cara ini juga bertujuan untuk membiasakan sistem pencernaan kamu terhadap metode diet apel.

 

Baca juga: 4 Tips Membuat Salad Sayur Untuk Diet Yang Enak!

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mecoba metode diet apel? Yuk, beli apel segar di Sayurbox!

 

Related Articles

8 Tips Makan Sehat untuk Diet Pasca Melahirkan

Mengembalikan bentuk tubuh kembali seperti semula pasca melahirkan merupakan hal sulit bagi kebanyakan wanita, padahal wanita mana yang...

Sering Hancur dan Lengket, Ini 7 Cara Memasak Bihun yang Benar

Bihun atau rice vermicelli ini telah menjadi salah satu bahan makanan yang ramai dijual serta menjadi pilihan menu bagi masyarakat selama...

Ini 6 Perbedaan Mie dan Pasta, yang Mana Favorit Kamu?

Mie dan pasta merupakan produk makanan yang umum kita jumpai di pasar dan supermarket Indonesia maupun dunia. Tingkat konsumsi baik mie dan...

Post Comment