Written by at August 03, 2022
Resep

5 Variasi Resep Ayam Goreng Bawang Putih, Gurih Bawangnya Kerasa Banget!

Wanginya bawang putih dan cita rasa gurih yang dimilikinya, membuatnya menjadi salah satu bahan wajib dalam memasak. Sekarang, coba bayangkan betapa nikmatnya menu ayam goreng yang dikombinasikan dengan bawang putih tersebut? Pasti gurih dan juicy banget, kan? Daripada penasaran gimana rasanya, sontek aja deretan kreasi resep ayam goreng bawang putih berikut ini.

Resep Ayam Goreng Bawang Putih

1. Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam

Bahan-bahan:

Bahan bumbu halus:

Cara membuat:

  1. Potong dadu atau potong-potong kecil dada ayam.
  2. Geprek ringan bawang putih tanpa dikupas kulitnya.
  3. Haluskan bahan bumbu halus, campurkan dengan tepung maizena, garam, gula, dan telur. Aduk rata.
  4. Masukkan daging ayam ke dalam adonan bumbu, aduk rata. Diamkan selama 30 hingga 40 menit.
  5. Panaskan minyak yang cukup banyak, lalu goreng bawang putih hingga warnanya kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Goreng ayam pada minyak gorengan sebelumnya hingga matang kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan ayam goreng dengan bawang putih goreng, lalu siap disantap.

Baca juga: 5 Kreasi Resep Sayap Ayam Isi Tori No Teba Lezat Ala Hokben

2. Ayam Goreng Bawang Putih Pedas Manis

Bahan-bahan:

Bahan bumbu pedas manis:

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, dan telur. Aduk rata.
  2. Masukkan daging ayam dalam adonan bahan tersebut, aduk rata. Diamkan selama 30 menit di dalam kulkas.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu goreng ayam hingga matang atau warnanya kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan wajan dengan sedikit minyak, lalu goreng bawang putih hingga kering dan matang.
  5. Masukkan margarin, lalu tumis bawang merah. Aduk rata. Tambahkan gula pasir, vabai kering, dan madu. Aduk rata dan koreksi rasa.
  6. Jika rasa sudah pas, masukkan ayam goreng. Aduk rata.
  7. Ayam goreng bawang putih pedas manis pun siap dinikmati.

3. Ayam Goreng Bawang Putih Kriuk

Bahan-bahan:

Bahan adonan tepung:

Bahan bumbu halus:

Cara membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus, lalu campurkan dengan bawang putih, garam, gula, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk rata.
  2. Balurkan adonan bumbu halus ke seluruh permukaan ayam hingga rata, lalu simpan di kulkas selama 1 jam.
  3. Campurkan semua bahan adonan bumbu, lalu lumuri ayam dengan adonan tepung bumbu tersebut. Agar muncul tekstur keriting, cubit-cubit di permukaan daging ayam.
  4. Panaskan minyak cukup banyak, lalu goreng ayam hingga matang dan warnanya kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Ayam goreng bawang putih kriuk siap untuk disantap.

4. Ayam Goreng Bawang Putih Pedas

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah, masukkan potongan daging ayam, bawang putih bubuk, bubuk cabai, garam, penyedap jamur, merica, dan bawang putih cincang. Aduk rata dan diamkan selama minimal 15 menit.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng ayam dengan api kecil hingga warnanya kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan wajan, lelehkan margarin. Tumis cabai merah dan cabai rawit hingga matang.
  4. Masukkan ayam goreng ke dalam wajan, aduk rata.
  5. Masukkan daun bawang ke dalam wajan, aduk rata. Koreksi rasa, jika belum pas bisa ditambah garam.
  6. Jika sudah matang, angkat. Ayam goreng bawang putih pedas pun siap dinikmati.

5. Ayam Goreng Bawang Putih Khas Korea

Bahan-bahan:

Bahan bumbu marinasi:

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan bumbu marinasi ke dalam wadah, aduk rata.
  2. Masukkan daging ayam ke dalam bumbu marinasi, tutup dan simpan dalam kulkas selama 1 hingga 2 jam.
  3. Selesai dimarinasi, gulingkan ayam ke dalam tepung bumbu serbaguna. Pastikan seluruh permukaan daging ayam terbaluri merata.
  4. Panaskan minyak cukup bawang, lalu goreng ayam bersama dengan bawang putih geprek. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Ayam goreng bawang putih khas Korea pun siap untuk disajikan.

Baca juga: Gurihnya Gak Ada Lawan, Ini Dia Resep Tongseng Ayam

Lengkapi Stok Bahan Makanan di Rumah dengan Sayurbox

Agar hati senang sebelum dan saat recook resep di atas, pastikan semua bahannya sudah tersedia di dapur Sayurfriends, Jika ada bahan yang kurang, klik saja pada nama bahan yang tertera untuk memesannya via Sayurbox.

Itulah tadi 5 kreasi resep ayam goreng bawang putih yang bisa Sayurfriends cobakan sendiri di rumah. Bawang putih yang dijadikan sebagai bahan untuk memarinasi ayam, serta dalam proses penggorengannya, membuat cita rasa daging ayam menjadi lebih kaya.Percaya deh, satu potong aja bakal terasa gak cukup saat menyantapnya.

Related Articles

Intip Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui!

Sayurfriends, siapa nih yang hobinya nyobain makanan khas daerah-daerah di Indonesia? Pasti bakal susah buat merasa bosen dengan hobi itu...

5 Ide Resep Rawon, Makanan Tradisional Khas Jawa Timur

Jika bicara tentang makanan khas Jawa Timur, salah satu yang gak boleh dilewatkan adalah rawon. Rawon yang identik dengan warna kuahnya...

5 Resep Mie Bangka, Bikin Keluarga di Rumah Ketagihan

Mie asal Bangka memiliki cita rasa khas yang membuat banyak orang terpikat. Tidak perlu membeli di luar, Sayurfriends bisa membuat menu ini...