Written by at April 12, 2018
InspirasiInspirasi Terkini

5 Resep Kreasi Jeruk yang Nggak Hanya Enak tapi Tetap Juga Sehat

Jeruk, adalah salah satu varian buah yang mudah ditemukan dimana-mana dan hampir nggak musiman. Saking banyaknya, macam-macam jeruk dan keberadaannya yang “merajalela” di pasaran, hampir beberapa orang merasa bosan dan malas memakannya. Padahal buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C terbanyak diantara buah lainnya. 

Terus gimana ya supaya kamu nggak bosan dan ‘eneg’ melihat jeruk sehingga makin semangat memakannya? Simak dulu aneka resep lezat dari jeruk berikut ini, Sayurfriends! 

1. Puding

Olahan puding termasuk sajian dessert berbahan jeruk yang populer. Baik daging buah, air jeruk sampai kulit jeruk bisa ditambahkan saat pembuatan puding. Selain untuk isian, jeruk juga cocok untuk saus puding.  

Bahan-bahan yang diperlukan:

350 gram jeruk mandarin
6 sdm sari jeruk bubuk
200 gram gula pasir
5 butir putih telur, kosok lepas
750 ml susu cair
2 bungkus agar-agar bubuk putih

Cara membuatnya:

Rebus sari jeruk bubuk, gula, agar-agar, dan susu secara bersamaan. Setelah mendidih kemudian angkat dan tuang ke dalam wadah, tunggu hingga uap panasnya menghilang. Masukkan kocokan putih telur lalu aduk dengan menggunakan mixer. Tambahkan jeruk mandarin ke dalam adonan puding, aduk rata. Siapkan cetakan, tuang adonan lalu simpan dalam lemari es hingga dingin dan kaku.  

photo by sajiansedap

2. Pie

Pie termasuk kue yang enak dicamupur jeruk. Buat isian pie dengan kocokan krim kental, cream cheese, dan sirup jeruk sampai tercampur rata. Setelah isi dituang ke dalam kulit pie, lapisi dengan larutan agar-agar supaya filling tetap cantik. Permukaan isi pie juga bisa  ditambahkan meringue dari putih telur. 

Bahan kulit Pei:

125 gram margarin
50 gram gula halus
1 butir telur
200 gram tepung terigu
10 gram susu bubuk
1/4 sendok teh baking powder

Bahan fla:

250 ml susu cair
50 ml gula pasir
3 butir kuning telur
20 gram tepung custard
1 sendok teh pasta jeruk
jeruk mandarin secukupnya, potong-potong
Bahan hiasan:

50 gram krim bubuk dan 100 ml air es, dikocok sampai creamy
1 kaleng jeruk mandarin, ditiriskan
1 sdm selai jeruk dimasak bersama 1 sdm air hingga larut

Cara membuat Pie Jeruk Vanila

Untuk kulit, campur margarin, gula tepung, sari jeruk instan, telur, tepung terigu, susu bubuk dan baking powder. Aduk hingga berbutir. Gumpalkan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Giling adonan pie setebal 1/2 cm. Masukkan dalam cetakan pie. Tusuk-tusuk. Oven kulit pie dengan api bawah suhu 170 derajat Celcius 10 menit hingga 1/2 matang. Sisihkan. Untuk fla, campur tepung custard dengan sebagian susu, aduk hingga rata. Tambahkan kuning telur, aduk hingga tercampur rata. Didihkan susu dan gula pasir, masukkan campuran tepung custard tadi, aduk cepat, didihkan kembali. Masukkan potongan jeruk mandarin, aduk hingga rata. Masukkan pasta jeruk, aduk hingga rata. Matikan api, angkat dan dinginkan. Tuang di atas kulit pie lalu dinginkan. Hias dengan semprotan krim dan jeruk mandarin. Oleskan selai jeruk.

 

photo by myrecipes.com

Yakin nggak tertarik untuk mencoba?

3. Mousse

Aroma sitrus menambah kesegaran pada mousse yang bertekstur halus. Untuk membuatnya, campurkan kuning telur, air jeruk, air dan gula pasir. Setelah dimasak, masukkan larutan gelatin sampai tercampur rata. Simpan dalam lemari es. Kemudian hiasi dengan kulit jeruk. Agar makin enak, coba tambahkan mangga, lemon atau jeruk nipis pada adonan mousse.  

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

4 butir kuning telur
200 gram gula pasir
15 gram bubuk gelatin
500 ml krim
50 ml jus jeruk
1 buah kulit jeruk sunkist, parut

Cara membuatnya:

Kocok kuning telur dan gula pasir, masak hingga mendidih dan sedikit mengental. Angkat, biarkan sejenak. Rendam bubuk gelatin dengan air panas hingga meleleh, setelah itu campur dengan adonan kuning telur. Masukkan jus jeruk dan kulit jeruk sunkist parut, aduk perlahan hingga merata. Kocok krim hingga mengembang, campur dengan adonan jeruk, aduk perlahan. Tuangkan ke dalam gelas dan dinginkan. 

photo by tablefeast.com

 

4. Sate Caramel 

Cara baru makan jeruk ini terbilang unik, kamu bisa mengolah jeruk menjadi sate!

Cara membuatnya:

  1. Kupas terlebih dahulu buah jeruk yang telah disiapkan.
  2. Tusuk buah jeruk yang telah dikupas degan menggunakan tusuk bambu.
  3. Sangrai gula putih, beri sedikit air dan aduk hingga menjadi karamel.
  4. Oleskan karamel yang telah dibuat ke seluruh buah jeruk yang telah ditusuk.
  5. Tunggu beberapa saat hingga karamel mengeras. Olahan ini cocok buat jeruk yang rasanya asam, daripada dibuang sayang, lebih baik dibikin kreasi biar tertarik untuk dimakan, ‘kan?


    photo by ketahui.com

5. Creme Brulee 

Creme brulee biasanya hanya bercitarasa susu creamydengan aroma karamel di permukaannya. Coba saja tambahkan air jeruk dan kulit jeruk untuk adonan custard. Rasa pun jadi semakin segar enak. Kayu manis juga bisa jadi pelengkap creme brulee jeruk ini supaya wangi.  

Bahan-bahannya:

  • 5 butir kuning telur
  • 30 gram gula pasir
  • 300 ml krim kental
  • 3 sendok makan sirup jeruk konsentrat
  • 8 buah jeruk mandarin

Cara membuatnya cukup mudah:

  1. Kocok kuning telur dan gula sampai gula larut.
  2. Campur krim kental dan sirup jeruk, aduk rata. Tuang ke dalam kocokan telur, aduk rata.
  3. Tuang ke dalam pinggan tahan panas sambil disaring, letakkan dalam loyang yang diberi sedikit air.
  4. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat Celcius 60 menit sampai matang.
  5. Tabur gula pasir, semprotkan api dengan blow torch  sampai kecokelatan. Hias dengan jeruk mandarin.
    photo halhalal

    Jangan lupa simpan di wadah tertutup ya, sayurfriends biar nggak dikerubuti semut. Dengan macam-macam kreasi resep jeruk ini, yakin deh, kamu nggak akan bosan atau malas lagi makan jeruk. Happy cooking, ya!

 

Related Articles

Perbedaan Makanan Asian & Western

Indonesia termasuk Asia Tenggara, makanan Indonesia bagaimanapun masuk dalam kategori Asian Cuisine begitupula Vietnam, Filipina, Cina,...

Buah Eksotis Indonesia Paling Terkenal!

Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan sumber daya alam termasuk buah. Buah-buah yang tumbuh di Indonesia sudah cocok dengan iklim...

Teknik Memasak Yang Jarang Kita Ketahui

Kalau nonton kompetisi memasak di televisi pasti suka bertanya-tanya kan mereka melakukan apa dan bagaimana. Banyak istilah yang disebutkan...

Post Comment