Written by at November 10, 2022
Resep

5 Resep Kue Putu Enak dan Praktis, Cocok Jadi Camilan Sore Hari

Butuh camilan enak untuk teman minum teh di sore hari? Jangan bingung, bikin aja kue putu yang lembut dan enak di rumah. Kue putu ini cocok banget jadi kudapan saat bersantai di sore hari sama keluarga. Cara membuatnya juga gampang banget, kok. Yuk, langsung simak 5 resep kue putu berikut ini di rumah!

resep kue putu

Resep Membuat Kue Putu

Kue tradisional yang satu ini sangat populer di Indonesia. Hanya saja beberapa wilayah memang susah menemukan penjual kue putu. Daripada bingung, langsung buat sendiri aja di rumah. Ini dia resep-resep membuat kue putu yang enak dan gampang.

1. Kue Putu Pandan

Pertama ada resep yang sangat sederhana tapi bisa menghasilkan kue putu super enak. Kue putu ini menggunakan pandan yang membuat rasanya semakin sedap. Ini dia resep lengkap cara membuat kue putu.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Campurkan tepung ketan, tepung beras, dan garam kemudian aduk secara merata.
  • Tuangkan air pandan perlahan-lahan ke dalam adonan sambil diremas-remas pakai tangan bersih.
  • Terus remas adonan sampai teksturnya menyerupai pasir yang kasar.
  • Saring adonan dengan saringan yang agak besar sambil ditekan-tekan supaya membentuk butiran pasir.
  • Ambil cetakan bambu lalu masukkan adonan ke dalam cetakan (sampai setengah penuh).
  • Tuangkan gula merah kemudian tutup lagi dengan adonan.
  • Kukus adonan kue putu yang sudah dimasukkan dalam cetakan bambu tadi kurang lebih selama 15 menit.
  • Keluarkan kue putu dari cetakan lalu sajikan.

2. Kue Putu Ayu Super Empuk

Lanjut resep kedua ada kue putu ayu super empuk. Kue putu ini tidak pakai tepung beras tapi hanya menggunakan tepung terigu. Ini dia bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Rebus santan bersama dengan daun pandan yang sudah diikat simpul.
  • Aduk-aduk santan kemudian tambahkan pasta pandan dan matikan api.
  • Campurkan SP, gula pasir, dan telur ayam kemudian kocok menggunakan mikser kecepatan tinggi sampai teksturnya kental berjejak.
  • Kurangi kecepatan mikser lalu masukkan tepung terigu.
  • Tuangkan santan sedikit demi sedikit kemudian kocok sampai merata.
  • Siapkan panci kukusan lalu panaskan di atas api, bagian tutup panci jangan lupa dilapisi lap bersih.
  • Siapkan cetakan kue putu kemudian olesi dengan sedikit minyak.
  • Masukkan kelapa parut ke dalam cetakan lalu lanjutkan dengan adonan sampai penuh.
  • Kukus kue putu selama 20 menit.
  • Keluarkan kue putu dari cetakan kemudian sajikan.

Baca juga: 5 Kreasi Resep Kue Cubit, Lembut dan Nikmatnya Bikin Nostalgia

3. Kue Putu Kukus tanpa Santan

Bagi Sayurfriends yang tidak suka santan atau sedang mengurangi makan santan, coba resep kue putu yang satu ini. Resep ini tidak menggunakan santan tapi tetap menghasilkan kue putu yang enak.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Kocok gula bersama telur dengan menggunakan mikser sampai mengembang.
  • Tambahkan SP dan vanili lalu kocok lagi sampai adonan berwarna putih dan teksturnya kaku.
  • Masukkan tepung terigu lalu tuangkan air kelapa sedikit demi sedikit.
  • Aduk adonan dengan spatula secara perlahan.
  • Tuangkan pasta pandan sambil diaduk.
  • Panaskan panci kukusan lalu olesi cetakan kue putu dengan sedikit minyak.
  • Masukkan kelapa parut ke dalam cetakan dan padatkan secara perlahan.
  • Tuangkan adonan kue putu ke dalam cetakan sampai penuh.
  • Kukus adonan kue selama 15 menit.
  • Tunggu dingin lalu keluarkan kue putu dari cetakan dan sajikan.

4. Kue Putu Gula Jawa

Pencinta manis wajib coba resep kue putu yang satu ini. Perpaduan kue putu dengan manisnya gula jawa akan memberi cita rasa super nagih. Yuk, langsung simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Siapkan wadah lalu campurkan tepung ketan, tepung beras, pasta pandan, air, dan sedikit garam.
  • Aduk adonan sampai merata dan tepung tidak menggumpal.
  • Ambil cetakan bambu kemudian masukkan adonan ke dalam cetakan sampai setengah penuh.
  • Tambahkan gula merah lalu tumpuk lagi dengan adonan kue sampai cetakan penuh.
  • Panaskan panci kukusan dan kukus adonan kue selama 15 menit.
  • Keluarkan kue dari cetakan dan sajikan.

5. Kue Putu Stroberi

Bosen sama kue putu yang itu-itu aja? Coba deh resep kue putu yang satu ini. Kue putu stroberi ini cocok banget jadi camilan di rumah.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Kukus tepung beras dengan alat kukusan yang sudah dialasi daun pisang (kukus selama 15 menit).
  • Pindahkan tepung beras ke wadah lalu tambahkan sedikit garam.
  • Siapkan wadah terpisah, masukkan pasta stroberi dan air kemudian aduk merata.
  • Tuangkan larutan pasta stroberi tadi ke adonan tepung sambil diaduk-aduk sampai teksturnya menyerupai pasir.
  • Saring tepung beras sampai butirannya jadi lebih halus lalu sisihkan.
  • Kukus kelapa parut bersama sejumput garam dan sisihkan.
  • Siapkan cetakan putu lalu masukkan adonan kue putu sampai setengah penuh.
  • Masukkan gula merah lalu tambahkan adonan.
  • Kukus adonan kue selama 10-15 menit.
  • Matikan api, tunggu sampai agak dingin lalu keluarkan kue putu dan sajikan.

Belanja Bahan Kue Putu di Sayurbox

Udah gak sabar kan nyobain resep-resep kue putu tadi? Gak usah pikir panjang, langsung aja belanja bahan-bahannya di Sayurbox. Sayurfriends bisa klik bahan-bahan di resep tadi untuk masuk ke link pembelian. Belanja jadi super praktis dan cepat karena gak perlu lagi pergi ke pasar.

Nah, belanja di Sayurbox ini bener-bener gampang banget. Ada beragam jenis bahan makanan yang tersedia dan cukup klik dari mana aja. Sayurfriends tinggal tunggu di rumah dan bahan belanjaan langsung datang dengan aman. Langsung deh bisa eksekusi resep-resep tadi buat dimakan sama keluarga.

Semua resep kue putu tadi gampang banget buat dicoba. Sayurfriends juga bebas berkreasi dengan bahan-bahan pelengkap yang dirasa bikin kue putu jadi tambah enak. Sesuaikan aja dengan selera masing-masing, ya!

Related Articles

Yuk, Ikutan Tantangan Kreasi Masak #SAMBA!

Halo, Sayurfriends Jabodetabek! Punya bakat memasak? Jangan biarkan bakatmu hanya diketahui oleh kompor, talenan, dan pisau yang ada di...

7 Makanan Khas Arab Ini Banyak yang Suka!

Apakah Sayurfriends punya hobi icip-icip kuliner dari berbagai negara? Jika iya, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba kelezatan...

5 Inspirasi Resep Sambal Bawang, Rasa Pedasnya Endul Banget!

Sambal bawang sudah menjadi bagian yang gak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Hanya dengan bermodalkan sambal bawang ini saja, makan...