Written by at March 30, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Ingin Lebih Sehat? Coba 6 Buah untuk Detoksifikasi Tubuh Ini

Gaya hidup masa kini yang kian jauh dari standar sehat memang mengkhawatirkan bagi banyak orang. Konsumsi junkfood, alkohol, hingga kebiasaan merokok yang makin lazim dilakukan, tentunya membawa dampak tersendiri yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Belum lagi paparan cuaca panas dan polusi udara yang berat, serta hal-hal psikis seperti stress atau cemas berlebih yang akan menumpuk toksin alias racun dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu melakukan proses pembersihan tubuh atau yang kerap disebut detoksifikasi. Ada banyak cara untuk mendetoks racun dalam tubuh, yang paling mudah adalah dengan mulai mengonsumsi makanan sehat. Sayur dan buah, adalah jenis makanan yang tepat untuk hal ini. Berikut rekomendasi buah untuk detoksifikasi tubuh yang wajib kamu coba. 

 

Ini buah untuk detoksifikasi tubuh

Buah untuk Detoksifikasi Tubuh
Buah untuk Detoksifikasi Tubuh dan Menjaga Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Apel

Pepatah “An apple a day keeps the doctor away,” rasanya memang tak berlebihan. Buah yang satu ini kaya akan vitamin, fiber, mineral, juga phytochemical dan pectin. Dua zat terakhir ini berperan aktif mengusir bahan adiktif dan metal dalam tubuh, sehingga sangat efektif untuk proses detoksifikasi tubuh. Selain itu, apel juga memiliki kandungan kolesterol LDL rendah, serat dan mineral seperti malic dan tartaric dapat membantu untuk memperlancar sistem pencernaan. Konsumsilah apel setiap pagi hari sebelum beraktifitas, lebih baik tanpa dikupas karena kulit apel mengandung vitamin C dan serat. 

 

2. Nanas

Jenis buah bromelain ini dapat membantu memecah protein agar lebih mudah dicerna. Nanas juga dapat mencegah radikal bebas serta toksin pada tubuh, sehingga sangat sesuai untuk proses detoksifikasi. Bagi yang tengah mengalami cedera, mengonsumsi nanas sangat membantu dalam proses pemulihan dan juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi. Bila kamu ingin mengonsumsi nanas untuk tujuan detoks, pastikan memilih nanas mentah dan segar. Sebab, nanas kalengan atau siap saji tidak memiliki kandungan enzim bromelia. 

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

3. Jambu biji

Jambu biji kerap dikenal sebagai buah untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Ini dikarenakan jambu biji kaya akan kandungan serat dan berbagai vitamin, seperti vitamin A dan vitamin C serta antioksidan yang mampu membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan menyehatkan usus. Artinya, jambu biji juga sangat cocok dikonsumsi untuk tujuan detoksifikasi. Selain itu, jambu biji juga efektif dalam memacu kerja organ hati dan ginjal agar lebih optimal. 

 

Tertarik untuk memulai proses detoks, tetapi belum sempat membeli buah ke supermarket? Tak perlu khawatir, kini kamu bisa pesan buah untuk detoksifikasi tubuh dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

 

buah untuk detoksifikasi tubuh

 

4. Lemon 

Buah yang satu ini amat populer digunakan untuk tujuan detoks. Kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, lemon efektif untuk menanggulangi bahaya racun dalam tubuh. Konsumsi lemon secara rutin dan teratur dapat membantu meningkatkan sistem imunitas alias daya tahan tubuh, meringankan stress, dan menjaga organ hati tetap sehat. Kamu bisa membuat infused water dari lemon, atau cukup menyeduhnya dengan air hangat. Minum di pagi hari, kemudian berolahraga ringan seperti berjalan atau jogging sebelum memulai aktivitas harian untuk membantu regulasi tekanan darah agar tetap stabil. Hindari menyikat gigi setelah mengonsumsi lemon untuk mencegah kerusakan pada enamel gigimu, ya. 

 

Baca juga: Ini 7 Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi dan Bebas Bakteri Listeria

 

5. Alpukat

Siapa yang tak suka alpukat? Daging buah yang lembut dengan rasa manis yang pas membuat alpukat menjadi favorit bagi banyak orang. Buah ini kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya. Asam lemak yang terkandung pada alpukat mampu melawan d-galactosamine, racun hati yang bersifat kuat. Asam lemak ini juga mampu melumasi dinding usus besar sehingga racun pada tubuh akan lebih mudah keluar melalui feses. 

 

6. Delima

Pomegranate, atau yang lebih populer dengan sebutan delima, memiliki kandungan vitamin C dan serat dalam jumlah tinggi. Kandungan ini membuat buah delima sangat efektif untuk mengurangi terjadinya peradangan di bagian usus, serta dapat membantu melancarkan pencernaan. Sangat bermanfaat untuk para penderita penyakit kolitis ulserativa, Crohn, serta jenis radang usus lainnya.

 

Untuk merasakan khasiatnya, lebih baik mengonsumsi buah delima dalam bentuk jus dibanding buah utuh, sebab biji buah membutuhkan waktu cerna yang lebih panjang. Bila kamu sedang diare, maka tunda konsumsi delima hingga gejalanya mereda dan kondisi tubuh lebih baik. Selain untuk detoksifikasi, delima juga sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dan juga kesehatan jantung. 

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

Itu dia 6 rekomendasi buah untuk detoksifikasi tubuh. Tertarik untuk memulai proses detoks, tetapi belum sempat membeli buah ke supermarket? Tak perlu khawatir, kini kamu bisa pesan buah untuk detoksifikasi tubuh dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

 

buah untuk detoksifikasi tubuh

Related Articles

Tidak Hanya Akarnya, Coba Juga 9 Khasiat Daun Ginseng untuk Kesehatan

Sejak dulu akar ginseng telah dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak heran jika akar ginseng yang berkualitas biasanya dibaderol...

Jika Rutin Dikonsumsi, Ini 9 Manfaat Terong Lalap yang Bisa Kamu Rasakan

Bila dirunut dari beberapa jenis sayur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, sepertinya terong menjadi jenis sayur yang menduduki juara...

Cari Tahu 10 Manfaat Chia Seed, Superfood untuk Menangkal Berbagai Penyakit

Seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat pada pola hidup sehat, secara tidak langsung juga berpengaruh pada tingginya permintaan terhadap...

Post Comment