Written by at February 22, 2021
Resep

6 Cara Membuat Tempura Udang khas Jepang yang Mudah Dimasak di Rumah

Tempura adalah makanan khas Jepang yang banyak digemari. Di negara asalnya biasanya tempura dibuat dari udang atau sayur-sayuran. Cara membuat tempura khas Jepang yaitu dengan menyelupkan bahan utama ke dalam adonan tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin, kemudian digoreng hingga terendam dalam minyak goreng. Tempura sangat disukai karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah. Jika biasa menyantap makanan ini di restoran, kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, karena ternyata cara membuatnya cukup mudah, lho. Bagi kamu yang masih ragu untuk memasak makanan khas Jepan ini, yuk, simak ini 6 cara membuat tempura udang khas Jepang yang mudah dimasak di rumah.

 

Ini cara membuat tempura udang khas Jepang yang mudah dimasak di rumah

 

cara membuat tempura udang khas Jepang
Tempura adalah makanan khas Jepang yang banyak digemari. (Foto: Pixabay)

1. Siapkah bahan-bahan untuk membuat tempura

Untuk membuat tempura udang, hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Bahan utamanya tentu adalah udang segar. Pilih udang dengan ukuran yang cukup besar dan pastikan udang baru diambil sehingga kondirinya masih segar dan sehat.

 

Selanjutnya, siapkan juga tepung terigu, telur, dan air dingin. Jangan lupa juga untuk menyiapkan minyak untuk menggoreng tempura. Makanan khas Jepang ini harus digoreng dengan kondisi terendam di dalam minyak. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan minyak dengan jumlah yang cukup banyak.

 

2. Mulai buat adonan untuk melapisi udang

Cara membuat tempura udang selanjutnya yaitu membersihkan serta menguliti udang. Cuci udang di bawah air yang mengalir, kemudian buang bagian kepala dan kulitnya. Namun, tetap sisakan buntut udang. Kemudian buat celah tipis ke bagian dalam setiap udang. Membuat celah pada udang seperti ini akan mencegah udang menggulung selama proses penggorengan.

 

Setelah itu, buat adonan tempura dengan mencampurkan tepung, kuning telur, dan air dingin ke dalam wadah besar. Lalu aduk semua bahan hingga tercampur rata. Selanjutnya, celupkan udang ke dalam adonan tempura lalu goreng hingga matang.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng yang Sehat, Mudah & Enak

 

3. Goreng tempura dengan takaran waktu yang tepat

Salah satu ciri khas tempura udang yaitu tekstur tepungnya yang garing. Untuk mendapatkan tekstur tepung seperti ini tentu tidak bisa didapan dengan cara mengoreng yang sembarangan. Kamu perlu memperhatikan waktu saat menggoreng tempura.

 

Waktu terbaik untuk menggoreng tempura yaitu hanya sekitar 2 hingga 3 menit. Setelah adonan tempura Sudah mulai berubah warna menjadi kuning keemasan, artinya tempura udang sudah siap diangkat.

 

Ingin mencoba cara membuat tempura udang khas Jepang ini di rumah? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat tempura udang di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

4. Gunakan minyak terbaik untuk menggoreng tempura

Tidak hanya waktu menggoreng tempura udang yang harus tepat. Pemilihan minyak untuk menggoreng tempura juga cukup penting. Sebaiknya kamu menggunakan minyak dengan kualitas terbaik untuk menggoreng tempura udang agar hasilnya semakin sempurna dan renyah di mulut.

 

Di negara asalnya, tempura udang biasanya digoreng menggunakan minyak wijen. Tetapi jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa mengganti minyak wijen dengan minyak sayur, minya canola, atau minyak yang terbuat dari kacang-kacangan. Jenis-jenis minyak tersebut adalah yang paling disarankan untuk menggoreng tempura udang.

 

Baca juga: Mulai Tahun Ini Coba 7 Alternatif Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

 

5. Perhatikan tempratur minyak saat menggoreng

Setelah menentukan minyak apa yang akan kamu gunakan untuk menggoreng tempura udang, tempratur suhu panas saat menggoreng pun perlu diperhatikan. Sebaiknya jaga tempratur minyak pada suhu 176 hingga 190 derajat celcius, karena suhu ini akan membuat warna keemasan tempura udang terlihat lebih sempurna dan menjaga tekstur tempura agar renyah.

 

Jika minyak terlalu dingin maka tempura udang menjadi terlalu basah atau berminyak. Sedangkan, jika sudu terlalu panas maka adonan tempura akan cepat berubah menjadi kecokelatan sebelum bagian dalam sempat matang dengan sempurna.

 

6. Sajikan tempura dengan pelengkap agar lebih nikmat

Setelah menggoreng tempura, selanjutnya sajikan sempura segera setelah matang. Tempura udang biasanya disajikan dengan saus tempura atau sebagai makanan pendamping. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya ke dalam sushi. Tempura sering juga dijadikan bahan utama untuk membuat tempura sushi roll. Makanan khas jepang ini juga nikmat untuk disajikan bersama sup miso atau udon.

 

Baca juga: Resep Bawang Goreng yang Renyah dan Gurih Hanya dengan 9 Langkah Mudah

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat tempura udang khas Jepang ini di rumah? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat tempura udang di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

Related Articles

5 Resep Masakan Daun Dill ala Rumahan yang Enak dan Sehat

Pernah mendengar tentang daun dill? Daun dill mungkin kurang populer di Indonesia, tapi tanaman yang satu ini sudah sangat sering digunakan...

15 Resep Daun Singkong yang Enak, Sehat, dan Mudah Dimasak

Meski sederhana, namun tidak lengkap rasanya jika menikmati sambal tanpa adanya lalapan. Begitu juga ketika kamu menikmati nasi Padang....

Ini 5 Resep Teh Bunga Telang yang Menyehatkan Tubuh

Bunga telang semakin populer karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bunga telang memiliki senyawa bioaktif yang membuatnya bisa...

Post Comment