Written by at January 31, 2020
Resep

6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

Semua pasti setuju bahwa wisata kuliner tidak akan pernah lekang oleh waktu. Saat ini, makanan telah berkembang menjadi jauh lebih kreatif dan pastinya lezat. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ternyata konsumsi ikan di dalam negeri di tahun 2019 lebih besar daripada konsumsi ayam. Data tersebut mencatat masyarakat Indonesia mengkonsumsi sebanyak 50,49 kilogram ikan per kapita, sedangkan konsumsi ayam mencapai 6,46 kilogram per kapita. Namun, dari sekian banyak jenis ikan, ikan Kuro atau Kurau merupakan salah satu ikan menjadi tangkapan favorit, penting, dan populer bagi para nelayan. Hal ini dikarenakan jenis ikan ini menyebar di perairan tropis hingga Ugahari, termasuk perairan Indonesia. Selain itu, ikan ini juga mudah ditemukan karena mereka akan muncul pada saat air pasang namun tidak terlalu tinggi, dan air yang jernih.

 

Ikan ini sendiri memiliki ukuran bervariasi, dari sedang hingga besar, dengan panjang maksimal mencapai 160 cm, sama seperti tinggi manusia Asia. Fakta lainnya, ternyata ikan Kuro merupakan ikan yang paling bernilai komersial. Wah, ikan lomersial seperti ini pasti enak untuk dimasak terutama dengan bumbu-bumbu khas Indonesia. Yuk, coba 6 cara mengolah ikan Kuro yang dijamin lezat dan mudah dimasak berikut ini.

 

Ini cara mengolah ikan Kuro yang dijamin lezat dan mudah dimasak

Cara Mengolah Ikan Kuro
Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak. (Foto: Pixabay)

1. Ikan Kuro Masak Suan, rasanya gurih dan segar

Resep Masak Suan merupakan salah satu resep leluhur dengan komposisi utamanya adalah daun bawang suan. Dengan tambahan bawang merah, bawang putih, dan cabai, ikan Kuro Suan ini akan menambah citarasa pedas namun terasa segar. Cara memasaknya pun sangat mudah karena hanya memasukkan seluruh bumbu ke dalam air bersama dengan ikan yang sudah digoreng. Menu satu ini cocok untuk dimakan sebagai menu utama untuk makan malam bersama keluarga.

 

2. Goreng Kremes, gurih dan garing berpadu sempurna

Resep yang satu ini merupakan resep dari salah satu chef terkenal di Indonesia, yaitu Rudy Choirudin. Dengan menekankan pada teknik marinasi, ikan Kuro akan lebih enak, bumbu meresap hingga ke dalam daging ikan dan juga tidak amis. Bumbu yang diperlukan pun sederhana, seperti kunyit bubuk, ketumbar bubuk, garam, air, serta minyak untuk menggoreng. Bumbu kunyit, ketumbar, dan garam akan menjadi bumbu marinasi bagi ikan.

 

Baca juga: 9 Olahan Oatmeal untuk Sarapan yang Praktis dan Cepat Dimasak

 

3. Dibuat gulai yang Penuh citarasa

Kalau kita biasa makan gulai ayam atau gulai kambing, ternyata ikan juga bisa dijadikan sebagai gulai, termasuk ikan Kuro. Bahannya sederhana dan mudah untuk ditemukan seperti santan, daun salam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, serai, kunyit dan jahe. Untuk cara memasaknya pun mudah, tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan, tambah sedikit air dan penyedap, koreksi rasa, masukkan ikan Kuro goreng, diamkan sampai bumbu meresap, maka Gulai Ikan siap untuk santap!

 

Ingin mencoba resep-resep Ikan Kuro ini? Yuk, beli berbagai ikan segar dan bumbu kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

 

4. Masak Asam Manis Pedas, rasanya unik dan menggugah selera

Tidak hanya ikan Gurami dan Cumi-cumi ternyata yang cocok untuk disantap dengan bumbu asam manis pedas, ikan Kuro juga bisa disantap dengan bumbu asam manis pedas. Bumbu-bumbu yang sederhana dan mudah untuk didapat seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, terasi, serai, cabai akan mempermudah kamu memasak ikan ini. Cara memasaknya pun mudah, hanya menambahkan seluruh bumbu tersebut dan tambahkan air, masak hingga seluruh bumbu telah meresap ke dalam daging ikan, hidangkan bersama nasi hangat.

 

Baca juga: Resep Sarapan dari Roti Anti Mainstream

 

5. Ikan Pedas Kuah Santan, citarasa khas yang kuat

Untuk kalian yang menikmati dan penyuka santan, ikan pedas kuah santan ini cocok menjadi pilihan menu bersama dengan nasi hangat, terutama di musim hujan seperti sekarang ini, dengan kuah santan yang hangat dan dibuat dari jahe dan lengkuas, makan siang, makan malam saat hujan akan menjadi lebih nikmat.

 

6. Masak Pepes, rasa autentik yang lezat

Jika sebelumnya menggunakan santan, untuk kamu yang ingin mengurangi konsumsi santan, ikan Kuro bisa disantap dengan cara dikukus, ya betul sekali, ikan Kuro dapat dibuat menjadi pepes ikan kuro, caranya pun sama dengan seperti halnya kita membuat pepes pada umumnya. Selain sehat, menu ini juga lebih, lho!

 

Baca juga: Ide Sarapan Mudah Untuk yang Malas Masak

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba resep-resep Ikan Kuro tadi? Yuk, beli berbagai ikan segar dan bumbu kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

Ini 5 Resep Odading Ala Mang Oleh yang Sedang Viral

Odading adalah salah satu jajanan khas Bandung yang terbuat dari tepung terigu, campuran ragi, dan gula. Odading juga sering disebut dengan...

Ini 5 Resep Sayur Nangka yang Mudah Dimasak di Rumah

Indonesia memiliki berbagai menu masakan tradisional yang menggugah selera. Salah satunya adalah sayur nangka. Ya, olahan nangka menjadi...

Lebih Sehat, Ini 7 Cara Membuat Saos Tomat Sendiri di Rumah

Bagi masyarakat lokal, makan tanpa kehadiran sambal memang kurang lengkap. Maka tak heran, hampir semua rumah makan tradisional pasti...

Post Comment