Written by at March 11, 2020
Tips & Trik

6 Cara Sehat Diet Saat Puasa yang Bisa Kamu Coba

Puasa memang identik dengan menahan lapar dan haus. Terkadang, banyak kaum hawa yang menjalankan program diet saat puasa secara bersamaan. Tujuannya tentu saja agar bisa menjalankan kewajiban berpuasa sekaligus menurunkan berat badan di saat bersamaan.

 

Pada dasarnya, cara diet saat puasa memang tidak jauh berbeda dengan kondisi normal atau tidak dalam kondisi berpuasa. Namun tetap saja, kondisi tubuh saat berpuasa dan dalam keadaan normal pastinya memiliki penyesuaian yang berbeda.

 

Selain menyesuaikan asupan karbohidrat, protein, dan lemak dalam setiap makanan yang dikonsumsi, ternyata ada hal-hal lainnya yang juga kamu harus perhatikan agar diet kamu tetap sehat. Berikut ini adalah enam cara sehat diet saat puasa yang bisa kamu coba.

 

Ini cara sehat diet saat puasa

Diet Saat Puasa
Cara Sehat Diet Saat Puasa yang Bisa Kamu Coba. (Foto: Pixabay)
  1. Kurangi makanan atau minuman manis yang banyak mengandung gula

Anggapan berbuka dengan yang manis memang tak sepenuhnya salah. Namun, tetap saja hal itu harus dikontrol bahkan sebaiknya dikurangi. Saat berpuasa, tubuh bisa saja terasa lemas dan tidak bertenaga. Mengonsumsi makanan dan minuman manis memang dianggap dapat memberikan tenaga lebih cepat. Tapi, lain ceritanya jika kamu juga sedang menjalankan program diet.

 

Walaupun gula merupakan sumber energi, kelebihan mengonsumsi makanan manis bisa membuat tubuh lebih mudah gemuk. Hal ini karena produksi insulin di dalam tubuh akan mengalami defisiensi.

 

Insulin sendiri berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi. Namun, ketika insulin berkurang, maka kandungan gula dari makanan yang kamu konsumsi justru hanya akan menjadi lemak. Akibatnya, tentu saja tubuh akan menjadi gemuk.

 

  1. Hindari berbuka dengan gorengan

Kebiasaan lain yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa adalah mengonsumsi gorengan. Hal ini karena jenis makanan ini mengandung banyak lemak. Apalagi, lemak yang terkandung di dalamnya termasuk lemak jenuh yang bisa memicu kolesterol jahat pada tubuh.

 

Selain tidak sehat, kolesterol yang tinggi bisa menjadi salah satu faktor penyebab kegemukan atau obesitas. Hal tersebut karena tubuh mengalami kelebihan kalori. Akibatnya, cadangan kalori tersebut akan disimpan menjadi lemak.

 

Baca juga: 10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan Selama Ramadan

 

  1. Pilih makanan dengan protein dan serat yang cukup

Tidak hanya saat berpuasa, ketika menjalankan program diet pun kita sebenarnya juga dituntut untuk menjaga pola makan yang sehat, terutama dengan kandungan protein dan serat yang cukup.

 

Lagi-lagi, anggapan salah yang beredar di masyarakat yaitu mengonsumsi makanan dengan karbohidrat dan kalori yang tinggi dengan alasan agar saat berpuasa nanti tidak mudah lapar.

 

Padahal, faktanya makanan dengan protein dan serat yang tinggi justru cenderung membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, makanan dengan kalori tinggi justru malah membuat tubuh lebih mudah gemuk.

 

Ingin mengonsumsi makanan yang sehat selama diet saat puasa? kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Sayurbox menyediakan sayuran dan buah-buahan yang segar, sehat, dan berkualitas untuk kamu. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Diet saat puasa

 

  1. Cukupi cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih

Saat berpuasa, pastinya tubuh akan banyak kekurang cairan. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Kebiasaan lain saat berbuka puasa yaitu, mengonsumsi minuman dengan kandungan gula yang tinggi, misalnya saja sirup atau kolak. Alih-alih ingin melepas dahaga dan membuat tenggorokan lebih segar, hal tersebut justru malah membuat kadar gula dalam darah meningkat. Tentu saja hal ini bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah gemuk.

 

Untuk itu, ada baiknya kamu menggantinya dengan minum air putih saja di awal saat berbuka puasa. Kamu bisa menjaga konsumsi air putih dengan pola ideal sebagai berikut, yaitu 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, 3 gelas sesudah sholat Tarawih, dan 2 gelas lagi sebelum tidur.

 

Baca juga: 7 Olahan Makanan untuk Bekal Anak TK Praktis dan Sehat

 

  1. Makan secukupnya saat berbuka puasa

Salah satu godaan saat berbuka puasa adalah makan secara berlebihan. Wajar saja, karena seharian penuh tidak makan dan minum, pastinya rasa kalap kerap menghampiri. Saat tidak diet saja, kebiasaan ini bisa dibilang buruk, apalagi jika saat ini kamu sedang menjalankan program diet.

 

Faktanya, saat tubuh mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, maka rasa kantuk terkadang datang setelahnya. Sehabis makan dan tertidur baik disengaja maupun tidak, tentu tidak baik untuk kesehatan sekaligus juga untuk program diet kamu.

 

Maka, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan secukupnya. Selain itu, sebaiknya kamu juga mengonsumsi takjil manis setelah sholat Tarawih atau 2-3 jam setelah waktu berbuka puasa saja.

 

Hal tersebut dikarenakan mengonsumsi makanan atau minum manis di saat perut dalam kondisi kosong malah akan membuat perut lebih mudah kembung dan menghambat proses pencernaan.

 

  1. Tetap menjaga waktu berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap sehat, olahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Walaupun kamu dalam kondisi berpuasa, bukan berarti aktivitas olahraga harus kamu lewatkan begitu saja.

 

Faktanya, untuk menghasilkan energi, tubuh akan membakar gula (glukosa). Saat berpuasa, tentunya tubuh akan kekurangan glukosa. Untuk tetap mensuplai energi, maka tubuh akan mencari alternatif sumber energi lain, yaitu dengan mengambilnya dari lemak yang tersimpan di tubuh. Dengan begitu, berat badan kamu dapat turun secara perlahan.

 

Nah, itulah enam cara sehat diet saat puasa yang bisa kamu coba. Sekilas, memang menjalankan program diet saat berpuasa ataupun tidak, terlihat tidak jauh berbeda. Namun, beberapa hal di atas juga tetap harus kamu perhatikan. Diet bukan hanya sebatas menurunkan berat badan saja, tetapi juga menjaga tubuh tetap sehat.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

Jika kamu ingin mengonsumsi makanan yang sehat selama diet saat puasa? kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Sayurbox menyediakan sayuran dan buah-buahan yang segar, sehat, dan berkualitas untuk kamu. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Diet saat puasa

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment