Written by at November 25, 2020
Resep

Nyemil Bermanfaat, ini 9 Jenis Keripik Sayuran Sehat yang Wajib Dicoba

Kebiasaan nyemil memang sering bikin ketagihan. Apalagi camilan kekinian mulai banyak di supermarket dengan harga yang cukup terjangkau. Tapi hati-hati, tidak semua camilan aman untuk tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Biar sehat coba ganti camilanmu dengan keripik sayuran sehat. Keripik sayuran ini selain menyehatkan juga rasanya juga lezat. Tak hanya itu juga, cara membuat keripik sayur ini mudah karena sebenarnya semua jenis sayur yang dapat diolah menjadi keripik yang lezat dan renyah. Jenis sayuran yang dapat dioleh menjadi keripik ini misalnya adalah brokoli, bayam, seledri, kentang, buncis, dan bahkan kacang panjang. Agar bisa menghasilkan rasa keripik yang gurih tentu harus dibuat dengan proses pembuatan yang benar. Yuk, simak 9 jenis keripik sayuran sehat dan manfaatnya.

 

Ini keripik sayuran sehat dan manfaatnya

Keripik Sayuran Sehat
Jenis Keripik Sayuran Sehat dan Bermanfaat. (Foto: Pixabay)

1. Keripik Kentang

Sepertinya keripik kentang sudah merajalela di pasaran. Sudah banyak merk ternama yang memasarkan keripik kentang dengan berbagai rasa. Jadi ini yang menarik, karena rasa kentang yang cenderung tawar justru bagus untuk dijadikan keripik karena bisa dicampur dengan penguat rasa yang sesuai dengan selera.

 

Tetapi yang paling penting, keripik kentang ini merupakan salah satu jenis keripik sayuran sehat yang bisa kamu coba. Karena keripik kentang mengandung polifenal asam klorogenik yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Tak hanya itu, kentang juga dapat mencegah timbulnya kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan darah tinggi.

 

2. Keripik Jamur

Pernah merasakan krispinya jamur goreng? Ternyata tak hanya itu, Jamur juga sangat lezat bila diolah menjadi keripik. Apalagi bila keripik jamur ini dijadikan camilan sehari-harimu, karena banyak manfaat yang didapatkan seperti untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit stroke, meningkatkan imunitas tubuh, dan vitamin B nya juga baik untuk metabolism tubuh.

 

Baca juga: 10 Resep Olahan Terong Ungu yang Nikmat untuk Keluarga

 

3. Keripik Wortel

Siapa sangka sayur wortel yang biasa digunakan untuk sup, justru sangat lezat bila diolah menjadi keripik sayur? Caranya cukup mudah dengan mengiris wortel tipis-tipis kemudian jemur sebentar agar kandungan airnya berkurang. Selanjutnya adonan dengan kocokan telur, bawang putih, lada, garam, tepung kanji, tepung beras, dan air sedikit demi sedikit. Aduk seluruhnya agar adonan cair. Kemudian balurkan irisan wortel ke dalam adonan dan goreng pada mesin vacuum frying. Bila sudah matang, angkat dan sajikan.

 

Ingin mencoba keripik sayuran sehat ini? Yuk, beli sayuran dan bahan-bahan pelengkap untuk membuat keripik di Sayurbox!

Keripik sayuran

 

4. Keripik Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat seperti untuk kesehatan jantung, kesehatang tulang dan gigi, dan masih banyak lagi. Bayangkan dengan banyak manfaat ini kamu bisa dapatkan sekaligus bila kamu mengolahnya menjadi camilan sehat yaitu dalam bentuk keripik.

 

Caranya pun cukup mudah yaitu pertama, merendam brokoli dengan air garam. Kemudian campurkan tepung bumbu dengan tepung beras, dan aduk hingga rata. Bagi menjadi 2 campuran tepung tadi untuk dijadikan tepung basah dan tepung kering. Kemudian masukkan brokoli secara berurutan ke tepung basah dan ke tepung kering. Terakhir, goreng brokoli sampai kuning keemasan dan tiriskan.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

5. Keripik Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang bertekstur renyah dan gurih. Inilah yang membuatnya cocok untuk dijadikan keripik. Keripik sayur sehat ini bisa kamu dapatkan dengan cara memotong kacang panjang dan taburkan garam. Kemudian tambahkan tepung bumbu dan tepung beras, kemudian goreng di vacuum frying. Angkat dan tiriskan bila sudah matang.

 

6. Keripik Bayam

Pada dasarnya semua jenis sayuran dapat digunakan menjadi keripik sayur, namun bayam merupakan salah satu sayuran yang potensial untuk menjadi bahan utama keripik. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan berbagai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti mengatasi darah tinggi, dan kandungan asam folat yang baik untuk ibu hamil.

 

Selain itu, kandungan vitamin A di dalam bayam mampu menyehatkan mata sehingga bila dikonsumsi secara teratur dapat merawat kesehatan matamu. Bila kamu tertarik untuk mencobanya, kamu cukup memotong helaian daun bayam menjadi lebih kecil dan lumurkan dengan adonan tepung keripik. Terakhir cukup dengan menggorengnya di vacuum frying dan tunggu hingga matang.

 

Baca juga: Supaya Tidak Busuk, ini 5 Cara Menyimpan Bawang Merah yang Benar

 

7. Keripik Kale

Hampir mirip seperti bayam, sayuran hijau kale juga dapat dijadikan cemilan sehat berupa keripik. Kale telah dikelas sebagai “ratu” sayur atau superfood yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi keripik kale bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan manfaat tersebut. Tidak hanya sehat, keripik sayuran kale ini juga punya rasa yang gurih, lho.

 

8. Keripik Terong

Tidak hanya nikmat dijadikan balado, terong ternyata juga enak dijadikan keripik sayuran sehat. Keripik terong ini sangat pas menjadi camilan saat kamu sedang melakukan program diet. Cara membuat keripik terong ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengiris terong hingga menjadi lembaran yang agak tipis. Lalu goreng menggunakan sedikit minyak atau panggang menggunakan oven hingga kering.

 

9. Keripik Tomat

Tomat adalah salah satu makanan sehat yang nikmat disantap dengan berbagai cara. Mulai dari dijadikan jus, dikonsumsi mentah, dijadikan saus, bahkan juga enak dicemili sebagai keripik. Agar lebih nikmat tambahkan sedikit keju parmesan pada keripik tomat kamu.

 

Sebenarnya untuk bisa nyemil sehat dengan keripik sayur sehat cukuplah mudah, karena sayur merupakan bahan yang banyak ditemukan di pasaran. Selain itu, tips agar keripikmu renyah dan gurih kuncinya ada di potongan helaiannya. Pastikan bahwa potongannya tipis agar bumbu tepung meresap dan cepat matang. Kalau kamu ingin serba praktis, kamu bisa pesan bahan sayurannya di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

Keripik sayuran

Related Articles

Cobain Yuk, 8 Cara Membuat Onion Ring yang Renyah dan Gurih

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, pasti rasanya kangen sekali dengan camilan dan juga makanan cepat saji. Salah satu...

4 Resep Makanan Khas Sulawesi yang Mudah Dimasak di Rumah

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Tak terkecuali pulau Sulawesi. Ada banyak makanan khas Sulawesi yang...

Pas Buat Anak-anak, Ini 3 Cara Buat Nugget Ayam Sendiri di Rumah

Ketika si kecil memasuki usia emas, tentunya setiap orang tua ingin kebutuhan dan asupan si kecil terpenuhi sepenuhnya. Hal ini tidak lain...

Post Comment