Written by at February 28, 2020
Tips & Trik

6 Manfaat Jahe dan Sereh untuk Diet yang Wajib Kamu Tahu

Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan rempah. Dua jenis rempah yang sangat populer karena dikenal kaya akan manfaat adalah jahe dan sereh. Kedua rempah ini biasanya digunakan sebagai penyedap makanan dan penambah rasa pada masakan. Selain itu, keduanya juga kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan cara diseduh atau dicampur bersama teh hangat. Kombinasi jahe dan sereh diklaim dapat menurunkan resiko terjadinya berbagai penyakit kronis. Yang tak banyak diketahui oleh orang-orang adalah, kedua herbal ini juga mengandung anti inflamasi sekaligus mengurangi nafsu makan. Berikut manfaat jahe dan sereh untuk diet yang wajib kamu ketahui.

 

Ini manfaat jahe dan sereh untuk diet

manfaat jahe dan sereh untuk diet
Manfaat Jahe dan Sereh untuk Diet yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2012, disebutkan bahwa kombinasi antara jahe dan sereh dapat memicu penurunan rasa lapar sekaligus meningkatkan rasa kenyang. Efek jahe dan sereh yang teruji mengurangi nafsu makan ini tentu sangat berperan penting bagi mereka yang tengah menjalani program diet untuk mendapat berat badan yang ideal. Selain itu, jahe dan sereh juga mampu menurunkan kadar glukosa dan jenis kolesterol tinggi seperti trigliserida, LDL, dan VLDL, namun mampu meningkatkan kadar kolesterol baik seperti HDL.

 

2. Mengurangi kadar kolesterol

Sebagaimana yang dibahas di poin sebelumnya, mengonsumsi jahe dan sereh secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol. Kadar kolesterol adalah salah satu faktor yang sering dihubungkan dengan kejadian obesitas, baik pada wanita maupun pria. BMI yang lebih tinggi daripada batas normal biasanya sejalan dengan kadar kolesterol yang juga tinggi, meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan kanker. Mengonsumsi jahe dan sereh akan membantu kamu mengatur kadar kolesterol yang dapat berdampak pada perubahan berat badan ke angka ideal.

 

Baca juga: Cari Tahu 10 Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh

 

3. Membantu gastrointestinal

Sereh dan jahe biasanya dikenal ampuh untuk mengatasi masalah mabuk, baik di darat ataupun di laut. Hal ini karena sereh dan jahe baik untuk pencernaan sehingga bisa mengurangi segala gejala gangguan pencernaan seperti sakit kepala, mual muntah, hingga keringat dingin.

 

Gangguan pencernaan yang serius seperti maag dan penyakit lain juga dapat disembuhkan dengan konsumsi jahe dan sereh secara rutin. Sistem pencernaan yang baik tentunya akan berdampak positif terhadap berat badan, sebab dengan sistem pencernaan yang sehat dan optimal akan membantu berat badan terjaga di angka yang ideal.

 

Ingin mencoba manfaat jahe dan sereh untuk diet ini? Yuk, beli jahe dan sereh segar dan berkualitas di Sayurbox!

sereh dan jahe

 

4. Bersifat anti-inflamasi

Jahe dan sereh memiliki manfaat anti peradangan, efektif untuk mengurangi terjadinya peradangan di berbagai bagian tubuh manapun sekaligus mempercepat proses penyembuhannya. Gingerol, senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam jahe dikenal mampu mengurangi peradangan, memperluas pembuluh dara sekalius mengatasi rasa sakit yang muncul, serta pada akhirnya meningkatkan panas tubuh agar dapat membakar lebih banyak lemak yang membantu melancarkan proses diet.

 

Baca juga: Tidak Hanya Mencerahkan, Ini 7 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah

 

5. Memberikan rasa kenyang

Tak hanya efektif dalam melancarkan proses melenyapkan lemak di dalam tubuh, jahe dan sereh juga mampu membuat perut menjadi lebih kenyang. Hal ini membuat kedua rempah sangat cocok dijadikan sebagai penekan nafsu makan alami, yang juga efektif untuk menurunkan berat badan.

 

Sereh dan jahe hampir tidak mengandung kalori, serta dikenal sebagai makanan termogenik. Makanan termogenik artinya adalah makanan yang bila dikonsumsi dapat meningkatkan suhu tubuh sekaligus membakar lemak jauh lebih banyak bila dibandingkan diet biasa.

 

6. Menekan kadar kortisol

Selain anggur, jahe dan sereh merupakan jenis makanan yang dapat digunakan untuk menekan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan hormon steroid yang pada dasarnya dibutuhkan tubuh dalam mengatur energi serta mobilisasi. Namun, stress yang berlebih dapat memicu tingginya kadar kortisol dalam tubuh. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar lemak perut secara berlebih sekaligus menambah berat badan di waktu yang sama.

 

Baca juga: 7 Kandungan Kurma dan Manfaatnya yang Baik untuk Kesehatan

 

Itu dia enam manfaat jahe dan sereh untuk diet. Khasiat kedua rempah ini dapat kamu rasakan dengan mencampurnya ke dalam sajian makanan sebagai bumbu, ataupun diseduh dan dicampur dengan teh hangat. Konsumsi secara rutin setiap hari untuk merasakan manfaatnya.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk manfaat jahe dan sereh untuk diet ini? Yuk, beli jahe dan sereh segar dan berkualitas di Sayurbox!

sereh dan jahe

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment