Written by at September 30, 2020
Tips & Trik

Ini 6 Perbedaan Greek Yoghurt dan Yoghurt Biasa yang Perlu Kamu Tahu

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi yoghurt. Misalnya saja yaitu bisa menjaga kelancaran sistem pencernaan. Yoghurt sendiri memiliki banyak jenis, salah satu jenisnya yang cukup populer adalah greek yoghurt. Tidak jauh berbeda dengan yoghurt biasa, greek yoghurt juga menggunakan bahan baku yang sama, yaitu susu. Jenis bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi pun sama, yaitu Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Kedua bakteri tersebut berfungsi membantu proses fermentasi laktosa dalam susu untuk menghasilkan lactic acid. Jika keduanya menggunakan bahan baku dan jenis bakteri yang sama, lantas apa yang membuat greek yoghurt dan yoghurt biasa berbeda? Untuk membahas perbedaan diantara keduanya, sebaiknya kamu mengenal greek yoghurt ini terlebih dahulu. Yuk, simak 6 perbedaan greek yoghurt dan yoghurt biasa yang perlu kamu tahu di bawah ini!

 

Mengapa yoghurt ini bernama greek yoghurt?

Perbedaan Greek Yoghurt
Perbedaan Greek Yoghurt dan Yoghurt Biasa yang Perlu Kamu Tahu. (Foto: Unsplash)

Meskipun yoghurt ini menggunakan kata “greek”, bukan berarti yoghurt ini berasal dari Yunani, lho. Di Yunani sendiri, yoghurt ini lebih dikenal dengan nama straggisto. Umumnya, straggisto digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat saus khas bernama tzatziki.

 

Lalu, dari mana nama greek yoghurt muncul? Awal mula penamaan tersebut tidak lain dari seorang pengusaha bernama Hamdi Ulukaya yang juga berasal dari Yunani. Penamaan tersebut diberikan tidak lain karena Hamdi ingin agar produknya dikenali banyak orang.

 

Lantas, apa yang membedakan yoghurt ini dengan yoghurt biasa pada umumnya? Langsung saja, berikut ini adalah enam perbedaan greek yoghurt dan yoghurt biasa yang perlu kamu tahu.

 

Perbedaan greek yoghurt dan yoghurt biasa

Apa saja perbedaan greek yoghurt dan yoghurt biasa? Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Tekstur greek yoghurt lebih kental

Sekilas, tampilan greek yoghurt mungkin tidak jauh berbeda dengan yoghurt biasa pada umumnya. Namun, jika kamu melihat dan menyentuhnya secara langsung, maka kamu akan menemukan perbedaan diantara keduanya.

 

Greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan yoghurt biasa. Mengapa kedua yoghurt tersebut memiliki tekstur kekentalan yang berbeda? Jawabannya adalah karena greek yoghurt memiliki kandungan whey dan laktosa yang lebih rendah. Dengan tekstur yang kental dan lembut, membuat greek yoghurt lebih cocok digunakan untuk membuat makanan sehat seperti smoothies.

 

2. Proses penyaringan lebih banyak

Perbedaan antara greek yoghurt dan yoghurt biasa selanjutnya yaitu pada jumlah penyaringan yang dilakukannya. Apabila yoghurt biasa hanya melakukan dua kali, maka greek yoghurt sebanyak tiga kali. Tujuan proses ini tidak lain adalah untuk mengeluarkan kandungan whey di dalamnya.

 

Karena proses penyaringan yang lebih banyak, tentu membuat aroma pada greek yoghurt lebih menyengat dan kepadatannya pun lebih rendah dibandingkan yoghurt biasa pada umumnya.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Yoghurt yang Sehat dan Praktis di Rumah

 

3. Kandungan protein dan kalori lebih tinggi

Yoghurt merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang baik. Tapi, tahukah kamu jika kandungan greek yoghurt ternyata lebih tinggi dibandingkan yoghurt biasa?

 

Hal ini tidak lain karena greek yoghurt lebih terkonsentrat sehingga kandungan protein di dalamnya bisa melebihi dari apa yang dimiliki yoghurt biasa. Tidak main-main, selisih protein keduanya bisa tiga kali lipat lebih.

 

Tidak hanya protein, kandungan kalori di dalam greek yoghurt juga lebih tinggi. Meski begitu, kandungan kalsium pada yoghurt tersebut lebih sedikit. Oleh karena itu, greek yoghurt sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami masalah infeksi karena penyakit tertentu. Protein dan kalori merupakan asupan penting untuk membantu memerangi masalah infeksi.

 

Setelah mengetahui perbedaan greek yoghurt dan yoghurt biasa, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa membeli greek yoghurt berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

4. Membutuhkan jumlah susu yang lebih banyak

Karena proses penyaringan yang lebih banyak, maka membuat greek yoghurt juga membutuhkan jumlah susu lebih banyak. Hal itu tidak lain karena jumlah volume susu akan berkurang saat proses penyaringan dilakukan.

 

Sebagai perbandingan, apabila yoghurt biasa membutuhkan 1 gelas susu, maka untuk membuat greek yoghurt dengan jumlah yang sama bisa membutuhkan hingga 4 gelas banyaknya. Dengan kata lain, perbandingan susu dalam pembuatan greek yoghurt dan yoghurt biasa sebesar 1:4.

 

Baca juga: Ini 11 Manfaat Yogurt yang Bisa Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Secara Rutin

 

5. Mengandung lemak lebih besar

Meskipun greek yoghurt memiliki kadar protein lebih besar, namun kandungan lemak pada yoghurt ini juga besar. Sebagai perbandingannya, kadar lemak pada greek yoghurt bisa 3 kali lipat dibanding yoghurt biasa pada umumnya.

 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kini sudah banyak greek yoghurt yang bebas ataupun rendah lemak. Jika kamu memiliki masalah dengan lemak, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu greek yoghurt yang kamu beli. Pastikan produk tersebut jenis yang bebas ataupun rendah lemak.

 

6. Kandungan karbohidrat dan gula yang lebih rendah

Meskipun yoghurt termasuk salah satu rekomendasi makanan sehat, bukan berarti olahan ini bebas gula. Apabila kamu memiliki riwayat kesehatan seperti diabetes dan mengharuskan kamu harus mengontrol asupan karbohidrat atau gula, maka kamu bisa memilih greek yoghurt sebagai alternatifnya.

 

Dibandingkan yoghurt biasa, greek yoghurt memiliki kadar karbohidrat lebih rendah, yaitu hanya 5-9 gram per cangkir. Berbeda dengan yoghurt biasa yang bisa mencapai 15-17 gram.

 

Selaras dengan itu, kandungan gula dalam greek yoghurt juga hanya 5-8 gram saja per cangkirnya. Sedangkan, yoghurt biasa bisa mencapai 12 gram.

 

Itulah enam perbedaan greek yoghurt dan yoghurt biasa yang perlu kamu tahu. Meskipun keduanya memiliki bahan dan proses pembuatan yang sama, namun greek yoghurt memiliki proses penyaringan yang lebih banyak, sehingga greek yoghurt memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh yoghurt biasa.

 

Baca juga: Agar Lebih Sehat, Ini 4 Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumah

 

Jika kamu tertarik untuk mencoba greek yoghurt yang satu ini, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

7 Tips Menjadi Reseller Sukses Tanpa Perlu Modal!

Menjadi reseller adalah salah satu model bisnis online yang kini sedang diminati. Selain prosesnya yang mudah dilakukan oleh siapa saja,...

Tetap Sehat, Konsumsi 15 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini

Masa-masa kehamilan dan menyusui tentu menjadi masa yang paling berkesan bagi para ibu. Tumbuh kembang anak di masa depan sangat bergantung...

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Post Comment