Written by at March 23, 2020
Tips & Trik

Ini 6 Perbedaan Mie dan Pasta, yang Mana Favorit Kamu?

Mie dan pasta merupakan produk makanan yang umum kita jumpai di pasar dan supermarket Indonesia maupun dunia. Tingkat konsumsi baik mie dan pasta pun tidak dapat dianggap remeh lho, ternyata kedua makanan ini memiliki peminat yang tinggi. Karena sama-sama berbahan dasar tepung, tidak jarang kalau mie dan pasta dianggap sebagai makanan yang sama, ditambah dengan tampilannya yang serupa. Walaupun serupa tapi ternyata tidak sama lho, menurut Canadian International Grains Institute, mie dan pasta ini memiliki banyak perbedaan. Nah, ternyata masih banyak yang belum tahu kalau mie dan pasta ini berbeda, lho. Yuk, buat kamu yang belum tahu perbedaannya cek 6 perbedaan mie dan pasta di bawah ini.

 

Ini perbedaan mie dan pasta

Perbedaan Mie dan Pasta
Perbedaan Mie dan Pasta yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Bahan dan Jenis Pengolahannya

Menurut Canadian Internasional Grains, mie dan pasta berbeda terutama karena bahan dan jenis pengolahannya. Mie biasa terbuat dari tepung yang digiling dari gandum biasa. Sedangkan pasta dibuat melalui proses durum semolina, varietas yang tumbuh di wilayah Mediterania, yang lebih kasar dari tepung. Namun bahan yang digunakan juga tergantung pada kebijakan negaranya lho, di beberapa negara, pengolahan pasta diperbolehkan menggunakan gandum biasa karena harga durum yang sangat mahal, namun di Italia, pasta harus dibuat dari 100% durum. Sedangkan mie sendiri juga ada yang menggunakan gandum yang lebih lunak daripada gandum untuk pasta, salah satunya adalah mie Jepang.

 

2. Cara  Pembuatan

Secara bahan sudah berbeda, tentu proses pembuatannya pun akan berbeda. Pasta dibuat dengan menggunakan alat menyerupai pipa yang digunakan untuk memasukkan adonan, pipa kemudian akan mengeluarkan adonan dan memotongnya. Pasta juga memiliki banyak jenis sehingga alatnya pun perlu menyesuaikan. Tentu berbeda dengan mie, yang proses pembuatannya dengan memutar adonan berkali-kali kemudian dipotong atau yang lebih dikenal dengan metode “roll-and-cut”.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Mie Organik yang Mudah di Rumah

 

3. Kandungan Gizi

Perbedaan bahan dan jenis pengolahannya menjadikan mie dan pasta memiliki kandungan yang berbeda. Pada umumnya, pasta dianggap lebih bergizi daripada mie, karena dalam pembuatan mie perlu menambahkan lemak serta garam untuk meningkatkan kelembutan tekstur mie. Selain itu, bahan baku gandum yang digunakan untuk membuat pasta memiliki kandungan asam folat yang baik untuk tubuh. 

 

4. Cara Penyajian

Pada dasarnya, cara penyajian mie dan pasta sama yaitu dengan merebusnya. Namun, dalam proses merebus terdapat perbedaan waktu yang diperlukan. Pada mie, waktu merebus yang diperlukan hanya kurang lebih 3 menit maksimal, sedangkan pada pasta bisa mencapai 8 menit, tentu hal ini dipengaruhi dengan bahan dasar pembuatan, dimana pasta menggunakan gandum yang lebih keras daripada mie. Pasalnya, mie juga sudah mengandung garam, dalam memasak mie kita tidak perlu untuk menambahkan garam.

 

Sedangkan untuk pasta kita perlu menambahkan garam. Selain itu, cara penyajian mie dan pasta juga dipengaruhi oleh negara asalnya. Mie yang berasal dari Cina sering disajikan dengan banyak bumbu serta rempah. Pasta yang berasal dari negara eropa lebih diolah dan disajikan dengan rasa gurih nan asin dari keju, susu, atau bubuk rempah.

 

Setelah mengetahui perbedaan mie dan pasta, kamu ingin membeli mie atau pasta tanpa perlu keluar rumah? Yuk, beli di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

perbedaan mie dan pasta

 

5. Tekstur

Selain mempengaruhi kandungan serta cara penyajian, tekstur juga terpengaruhi oleh bahan dasar lho. Mie yang menggunakan tepung dan/atau gandum yang lebih halus memberikan mie warna yang lebih cerah, rasa yang lebih harus, serta tekstur yang lebih harus. Hal ini tidak berlaku untuk pasta, dimana pasta memiliki warna seperti coklat muda atau keemasan, tekstur yang lebih kuat atau keras, elastis, serta gigitannya yang lebih kencang.

 

Selain itu, pasta yang berkualitas memiliki tekstur “al dante” yang berarti lunak di luar tetapi keras di dalam yang tujuannya untuk memberikan kesan pada gigitan pertama, sedangkan pada mie tidak begitu, perlu memperhatikan pasar juga Seperti halnya di Cina, antara bagian utara dan selatan berbeda, dimana mereka mencari tingkat elastisitas, ketegasan, serta kelembutan. 

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

6. Rasa

Selain tekstur, perbedaan antara mie dengan pasta juga dapat diketahui dari rasa lho. Mie di Asia bervariasi rasanya tergantung pada jenis garam yang digunakan dan formulasinya dalam proses pembuatan mie. Sedangkan bagi sebagian besar produk pasta kering memiliki rasa yang seragam atau sama. Karena rasanya yang dapat menyesuaikan negara-negara, mie instan menjadi lebih bersifat global, kemanapun kamu pergi pasti akan menemukan mie, termasuk gudangnya pasta yaitu di Italia. 

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

 

Wah, ternyata pasta dan mie serupa tapi tak sama, ya. Sekarang sudah tahu dong perbedaan mie dan pasta? Keduanya merupakan salah satu menu makanan yang mudah untuk dikreasikan, lho. Kamu idak perlu bingung untuk pilih membuat mie atau pasta karena mie dan pasta instan yang sudah mempermudah memasak. Ingin membeli mie atau pasta tanpa perlu keluar rumah? Yuk, beli di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

perbedaan mie dan pasta

Related Articles

7 Makanan Tradisional Berbahan Ayam Khas Nusantara, Rasanya Maknyus Abis!

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi sajian lezat khas banyak daerah di tanah air. Meskipun...

12 Kuliner Indonesia Khas Hari Kemerdekaan, Ada yang Warnanya Kayak Bendera

Gak kerasa sebentar lagi hari kemerdekaan akan datang menjelang. Selain dengan upacara dan berbagai macam perlombaaan, aneka kuliner...

8 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Yakin Masih Mau Memakannya?

Cabai identik dengan rasanya yang pedas. Cabai khas tanah air sendiri diketahui memiliki cita rasa yang cukup pedas, seperti cabai Jawa dan...