Written by at March 23, 2020
Resep

Ini 6 Resep Olahan Bihun yang Enak dan Sehat untuk Semua Keluarg

Makan bersama dengan keluarga merupakan momen yang selalu ditunggu dan menjadi spesial. Walaupun dengan menu yang sederhana, namun momen yang spesial membawa kesan nikmat. Pilihan masakan rumahan lebih sering menjadi pilihan keluarga untuk menjadi menu makan bersama. Salah satu menu yang wajib ada adalah mie-miean seperti bihun. Bihun merupakan salah satu jenis makanan dari  Tiongkok yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama rice vermicelli. Mudah divariasi dan didapat menjadikan bihun menjadi salah satu menu populer di Indonesia lho. Berikut adalah resep olahan bihun yang enak dan sehat untuk dijadikan menu makan keluarga.

 

Ini resep olahan bihun yang enak dan sehat

Resep Olahan Bihun
Resep Olahan Bihun yang Enak dan Sehat untuk Semua Keluarga. (Foto: Pixabay)

1. Bihun Goreng Sederhana

Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana sesuai dengan namanya, cukup bihun jagung, wortel, daun bawang, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, merica bubuk, kecap asin, bawang goreng, serta garam dan gula secukupnya. Cara memasaknya dimulai dari menumis bumbu halus terlebih dahulu, lalu tambahkan sayuran serta cabai. Jika wangi bumbu halus dan sayuran sudah matang dengan sempurna, tambahkan bawang goreng dan bihun, aduk merata, tambahkan kecap asin, koreksi rasa lalu bihun goreng sederhana siap disajikan. 

 

2. Bihun Goreng Khas Medan

Untuk yang rindu kampung halaman Medan atau ingin mencoba masakan khas daerah lain, bihun goreng khas Medan ini cocok sekali untuk disajikan. Cukup siapkan bihun Medan, daun bawang, telur, wortel, bawang merah, bawang putih, cabai merah, merica, serta kecap dan garam. Cara memasaknya tidak jauh berbeda dengan bihun goreng pada umumnya, tumis bumbu halus terlebih dahulu hingga harum, lalu tambahkan wortel, kecap manis, dan garam. Beri sedikit air dan kemudian tambahkan sayuran dan bihun, aduk rata, koreksi rasa, bihun goreng khas Medan siap disajikan.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Mie Organik yang Mudah di Rumah

 

3. Bihun Goreng Jawa

Siapa yang tidak kenal dengan mie-miean khas Jawa termasuk bihun goreng Jawa ini? Wah, kalau kamu belum pernah coba, yuk masak bihun goreng Jawa, caranya mudah lho. Siapkan bihun kering, cabai rawit merah, kemiri, bawang merah, bawang putih, kecap manis, telur, bakso, sosis, kol, dan daun bawang.

Kemudian tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan bakso, sosis, dan daun bawang, aduk hingga rata. Tambahkan kecap, garam, dan gula secukupnya. Koreksi rasa dan tambahkan telur orak-arik, campur hingga rata. Tambahkan cabai rawit dan bihun pada bagian terakhir, aduk dan bihun goreng Jawa siap disajikan untuk keluarga.

 

Ingin mencoba resep olahan bihun ini? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat olahan bihun dan masakan lainnya di Sayurbox!

 

resep olahan bihun

 

4. Bihun Kuah Pedas Alacin

Musim hujan sangat cocok jika makan keluarga menghidangkan menu berkuah dan hangat, seperti Bihun Kuah Pedas Alacin ini. Resepnya juga mudah untuk kita coba, hanya membutuhkan bihun, bakso, jagung manis, jamur, bawang putih, cabai rawit, daun bawang, seledri, garam, saus tiram, lada, penyedap rasa secukupnya. Cara memasaknya adalah rendam bihun, parut jagung, siapkan bahan pelengkap seperti bakso, cabai rawit, jamur, seledri, daun bawang serta bawang putih. Didihkan air, masukkan bawang putih, cabai rawit, bakso, jagung, jamur, seledri, dan daun bawang. Lalu tambahkan bihun, tambahkan garam, lada, penyedap rasa, serta saus tiram, aduk rata, koreksi rasa, Bihun Kuah Pedas Alacin siap disajikan.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

5. Bihun Kukus Parut Keju

Bosan dengan bihun sebagai menu utama? Coba jadikan bihun sebagai camilan pembuka untuk makan bersama keluarga dengan Bihun Kukus Parut Keju. Caranya pun mudah, siapkan bihun, santan, tepung maizena, gula pasir, garam, stroberi, serta keju cheddar parut. Kemudian, siram bihun dengan air panas. Campur rata tepung maizena, santan, gula, garam, dan pasta stroberi, kemudian tambahkan bihun, aduk rata. Siapkan cetakan kue dan olesi dengan minyak, kemudian masukkan bihun ke dalam cetakkan, kukus 20 menit. Bihun Kukus Parut Keju siap dihidangkan.

 

6. Martabak Bihun Mini

Kalau Bihun Kukus Parut keju adalah menu yang lebih mengarah pada rasa manis asin, Martabak Bihun Mini cocok untuk kamu yang suka sekali dengan camilan asin. Martabak sendiri cocok sekali dihidangkan sebagai camilan untuk menunggu waktu makan malam bersama keluarga. Cukup siapkan tepung terigu, minyak goreng, garam, air dingin, bihun, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun bawang, dan saus tiram.

 

Untuk kulit martabak, aduk tepung dengan garam dan minyak goreng dan tambahkan air dingin sedikit demi sedikit hingga dapat dibentuk. Bentuk adonan bulat dan masukkan ke dalam minyak goreng. Untuk isi, tumis bumbu halus hingga wangi, lalu tambahkan cabai rawit dan saus tiram, kemudian tambahkan bihun dan aduk rata. Siapkan kulit, masukkan isi martabak, goreng pada minyak panas, dan hidangkan!

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

 

Jadi, resep olahan bihun mana yang ingin kamu coba? Yuk, beli bahan-bahan untuk membuat olahan bihun dan masakan lainnya di Sayurbox!

 

resep olahan bihun

Related Articles

Tanpa Gorengan, Ini 9 Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Bulan Ramadhan akan segera tiba. Artinya, hidangan yang khas disajikan ketika berbuka puasa pun akan ramai menghiasi meja makan di setiap...

Selain Jus, Ini 10 Minuman Olahan Jeruk yang Menyegarkan

Buah jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia. Sebab, buah ini mengandung banyak sekali manfaat bagi...

Ini 11 Resep Sayur Asem yang Lezat dan Praktis Dimasak di Rumah

Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, rasa asem-lah yang...

Post Comment