Written by at July 09, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 7 Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi dan Bebas Bakteri Listeria

Rock Melon atau Cantaloupe, Melon Manis, adalah salah satu jenis dari spesies muskmelon dengan nama latin Cucumis melo var. Cantalupo. Jenis melon ini merupakan salah satu buah yang terkenal di Eropa. Di Jepang, buah ini sangat diminati sejak akhir abad dan hingga saat ini masih menjadi buah dengan permintaan yang sangat tinggi sehingga Rock Melonpun mendapatkan julukan sebagai “Royal Fruit” dari Jepang. Bahkan Rock Melon dijadikan sebagai souvenir ataupun hadiah.

 

Di Indonesia, Rock Melon dikenal sebagai buah Melon yang pada umumnya dijual. Jenis melon ini sendiri merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menurut UK Essay. Jenis melon ini mengandung beta karotin sekitar 3000mg yang dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, melon ini juga mengandung 90% air sehingga sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dari Rock Melon, masih banyak berita tak sedap mengenai keberadaan melon ini. Masyarakat masih takut mengonsumsi Rock Melon karena disinyalir terdapat kandungan bakteri Listeria. Yuk, simak alasan Rock Melon aman dikonsumsi dan bebas bakteri listeria.

 

Ini kandungan gizi rock melon per 100 gram:

  • Energi 33 kcal
  • Protein 0,8 gr 
  • Lemak 0,2 gr
  • Lemak Jenuh 0,1 gr
  • Lemak Tak Jenuh Ganda 0,1 gr
  • Karbohidrat 8 gr
  • Serat 0,9 gr
  • Gula 8 gr
  • Natrium 16 mg
  • Kalium 267 mg
  • Kalsium 9 mg
  • Vit.A 3.382 IU
  • Vit.B6 0,1 mg
  • Vit.C 36,7 mg
  • Zat Besi 0,2 mg
  • Magnesium 12 mg

 

Ini alasan rock melon aman dikonsumsi

Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi
Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi dan Bebas Bakteri Listeria. (Foto: Pixabay)

1. Rock Melon yang ada di pasaran Indonesia merupakan melon hasil pertanian indonesia

Pada awal tahun 2018, buah ini menjadi bahan pembicaraan karena disinyalir adanya kontaminasi bakteri liseria dari Australia. Pasalnya bakteri liseria merupakan penyakit infeksi yang sangat rentan menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah. Seperti bayi, wanita hamil, diabets, dan pasien kanker. Berdasarkan laman Kementerian Pertanian, Menteri Pertanian pada saat itu telah menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) telah mencegah masuknya Rock Melon dari Australia. Fakta menyenangkan lainnya, Rock Melon asal Australia ternyata belum pernah masuk ke Indonesia. Rock Melon yang beredar saat ini adalah hasil dari petani-petani buah lokal, yang dijamin terhindar dari bakteri. 

 

2. Mengandung Beta Karoten yang Tinggi

Karena Rock Melon yang ada di Indonesia bukan hasil impor, maka buah tersebut sudah dapat dikonsumsi secara aman oleh masyarakat. Nah, kira-kira apa saja kandungan melon ini yang baik untuk tubuh? Pertama adalah mengandung Beta Karoten yang tinggi. Beta Karoten merupakan zat yang memebrikan warna pada buah.

 

Selain itu, beta karoten merupakan zat pemula untuk membentuk Vitamin A, sehingga melon ini menawarkan manfaat seperti halnya yang Vitamin A berikan, seperti penurunan peradangan dan risiko terkena kanker yang lebih rendah, penyakit jantung dan katarak mata. Jenis melon ini ternyata memiliki beta karoten 30 kali lebih banyak daripada jeruk, walaupun berwarna pucat.

 

Baca juga: Ini Fakta Tentang Sky Melon dan 9 Jenis Melon Lainnya yang Wajib Dicoba

 

3. Mengandung 90% Air

Air merupakan salah satu hal terpenting bagi tubuh, karena kandungan air dalam tubuh manusia sendiri mencapai 60%-70%, sehingga air sangat penting bagi organ-organ tubuh agar berjalan dengan sempurna. Dengan kandungan 90% air, tentu mengkonsumsi melon ini akan terasa sangat menyegarkan, mendinginkan, dan melembabkan, terutam ketika musim kemarau di Indonesia telah hadir.

 

4. Sumber Vitamin C yang Sangat Baik

Jenis melon ini dapat mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tetap terkendali. Vitaminc C juga turut menyerang radikal bebas, seperti asap, polusi, yang kemudian dapat membantu dalam memerangi kanker. Tentu Rock Melon menjadi salah satu buah dengan antioksidan yang kuat.

 

5. Sangat Rendah Gula, Lemak, dan Kalori

Satu sajian Rock Melon sebesar 100gr ternyata hanya memili 5,7gr gula, 0,1 gr lemak, dan 29 kalori. Secara komparatif, 100gr mangga mengandung 11,2gr, gula, 0,2g g lemak dan 55 kalori.

 

Ingin mencoba rock melon? Yuk, beli melon dan buah segar lainnya di Sayurbox!

 

6. Sumber Serat Makanan yang Sangat Baik

Dengan mengkonsumsi Rock Melon, kita dapat terhindar dari penyakit seperti sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini membantu pencernaan memproses makanan lebih baik.

 

Baca juga: 3 Resep Mudah Berbahan Dasar Nanas

 

7. Asam Folat yang Tinggi

Kandungan asam Folat yang tinggi menjadikan buah melon ini sebagai pilihan yang baik untuk ibu hamil. Asam Folat berperan dalam produksi pengembangan sel darah merah tambahan yang dibutuhkan selama masa kehamilan, dan merupakan nutrisi yang dapat bekerja untuk mencegah syaraf yang cacat saat lahir. Selain itu, Asam Folat berperan juga dalam regenerasi kulit, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit yang terluka.

 

8. Cocok Untuk Menjadi Menu Sarapan Bersama Oat!

Bagi Anda yang menyukai sarapan dengan Oat, mencoba mencampurkan Oat dengan buah merupakan salah satu pilihan yang tepat, selain sehat buah juga akan memberikan efek segar di mulut!

 

Baca juga: 10 Buah Segar Kado untuk Hari Ibu yang Efektif Mencegah Penuaan Dini

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba rock melon? Yuk, beli melon dan buah segar lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment