Written by at February 25, 2020
Tips & Trik

Tidak Perlu Obat, Ini 7 Buah Penyembuh Sakit Kepala yang Ampuh

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, tentunya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi, kandungan bahan kimia pada makanan juga bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala muncul. Penyebab sakit kepala sebenarnya beragam. Bahkan, saat tubuh kurang tidur atau dalam kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, rasa sakit di kepala bisa saja muncul secara tiba-tiba. Sebelum mengonsumsi obat pereda sakit kepala, sebaiknya kamu coba mengatasinya dengan mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu sebagai alternatifnya. Buah-buahan apa saja yang bisa kamu coba? Berikut ini adalah tujuh buah penyembuh sakit kepala yang ampuh yang bisa kamu coba.

 

Ini buah penyembuh sakit kepala yang bisa kamu coba

buah penyembuh sakit kepala
Buah Penyembuh Sakit Kepala yang Ampuh. (Foto: Pixabay)

1. Semangka

Semangka memang dikenal baik untuk mengatasi masalah dehidrasi. Dehidrasi sendiri adalah kondisi dimana tubuh mengalami kurangnya cairan. Di lain hal, salah satu penyebab terjadinya sakit kepala adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini, maka kamu tidak hanya memulihkan cairan tubuh yang hilang saja, tapi juga bisa mengatasi sakit kepala.

 

Buah semangka memiliki kadar air hingga 92%. Bahkan, secangkir semangka dengan bobot 154 gram bisa mengandung air hingga 118 mililiter banyaknya. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung serat, vitamin C, vitamin A, dan magnesium yang cukup tinggi.

 

2. Pisang

Buah lain yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan sakit kepala adalah pisang. Salah satu penyebab sakit kepala adalah tidak stabilnya kadar gula dalam tubuh. Entah terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, kedua kondisi tersebut bisa menyebabkan sakit kepala terjadi.

 

Tak hanya dengan mengonsumsi buahnya saja, kulit buah ini juga memiliki manfaat yang sama. Caranya, yaitu dengan menempelkan kulit pisang di bagian dahi. Sensasi dingin pada kulit pisang bisa membantu mengurangi rasa sakit karena peradangan di sekitar area kepala.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

3. Alpukat

Salah satu penyebab masalah munculnya sakit kepala yaitu kurangnya magnesium dalam tubuh. Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan magnesium. Dengan mengonsumsi alpukat, maka kadar magnesium akan meningkat dan hal ini juga berpotensi mengatasi sakit kepala yang terjadi.

 

Perlu diketahui, satu buah alpukat mengandung 58 miligram magnesium. Sebagai gambaran, nilai tersebut sama saja 16% dari kebutuhan magnesium harian pada tubuh.

 

4. Nanas

Buah kuning dengan rasa asam yang khas ini ternyata juga bisa menjadi pereda sakit kepala, khususnya karena diakibatkan infeksi sinus atau sinusitis. Di dalam buah nanas, terdapat kandungan bromelain. Kandungan ini merupakan campuran enzim yang diekstrak dari buah atau batang buah nanas. Bromelain sendiri berpotensi untuk mengurangi durasi sinusitis serta dapat memperlancar dan mengurangi masalah peradangan pada saluran pernapasan.

 

Namun perlu dicatat, jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Selain bisa mengganggu sistem pencernaan perut, mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan menstruasi pada wanita. Sebaiknya, kamu hanya mengonsumsi buah ini sebanyak 12 gram saja setiap harinya.

 

Tertarik untuk mencoba buah penyembuh sakit kepala? Yuk, beli buah segar di Sayurbox!

buah-buahan

 

5. Ceri

Buah yang kerap menjadi topping kue dan cake ini ternyata juga memiliki manfaat yang sama seperti buah sebelumnya Ceri yang dikenal karena rasanya yang manis, ternyata mengandung senyawa melatonin. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang akan menghalangi masuknya enzim inflamasi. Dimana hal itu merupakan salah satu pemicu terjadinya rasa sakit di area kepala.

 

Sebagai acuan, kamu bisa mengonsumsi buah ini kurang lebih 20 buah. Agar lebih nikmat kamu juga bisa menyajikannya dalam bentuk jus ceri yang segar.

 

6. Melon

Seperti halnya dengan  buah semangka, buah melon juga memiliki kandungan air yang tak kalah tinggi, sehingga buah ini sangat cocok untuk membantu memulihkan kondisi tubuh akibat kekurangan cairan.

 

Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu penyebab terjadinya sakit kepala bisa diakibatkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Tak hanya itu, kandungan melon lainnya seperti kalium yang tinggi juga berfungsi dalam menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Sama halnya dengan dehidrasi, kadar gula yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.

 

Baca juga: Ini 7 Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi dan Bebas Bakteri Listeria

 

7. Mentimun

Masalah sakit kepala yang diakibatkan kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah mentimun.

 

Sama seperti buah semangka, buah yang kerap dijadikan lalapan ini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Bahkan kandungan air yang dimilikinya bisa mencapai 95%.

 

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengonsumsinya dengan cara menjadikannya jus segar. Untuk kamu yang kurang menyukai rasa mentimun, kamu bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

Nah, itulah tujuh buah yang dikenal ampuh mengatasi sakit kepala. Tak ada salahnya mencoba buah-buahan di atas untuk membantu meringankan sakit kepala yang kamu alami. Selain menyegarkan, pastinya buah-buahan lebih alami serta tidak memiliki efek samping dibandingkan kamu mengonsumsi obat pereda sakit kepala.

 

Tertarik untuk mencoba buah penyembuh sakit kepala? Kamu bisa membelinya di Sayurbox. Sayurbox menyediakan berbagai pilihan buah dan sayur yang segar hanya untuk kamu. Yuk, cek produknya sekarang juga!

buah-buahan

Related Articles

Ini 11 Makanan untuk Menambah Berat Badan yang Sehat

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan banyak orang. Bagi sebagian orang, menambah berat badan atau menambah massa otot bisa...

Ini 5 Cara Memotong Semangka yang Benar dan Mudah

Semangka merupakan salah satu buah yang dikenal karena kandungan airnya yang melimpah. Tidak hanya kaya akan air, semangka juga memiliki...

7 Tips Menjadi Reseller Sukses Tanpa Perlu Modal!

Menjadi reseller adalah salah satu model bisnis online yang kini sedang diminati. Selain prosesnya yang mudah dilakukan oleh siapa saja,...

Post Comment