Written by at December 21, 2020
Tips & Trik

Mengidap Anemia? Ini 13 Buah untuk Penambah Darah yang Wajib Dikonsumsi

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang terlalu sedikit dalam tubuh, sehingga menyebabkan pengantaran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh menjadi terganggu. Hal inilah yang menyebabkan kamu mengalami gejala anemia, seperti lelah, sakit kepala, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, serta sesak napas. Maka bagi kamu yang mengidap anemia, kamu perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk membentuk sel darah merah. Biasanya makanan yang paling umum unutk menambah darah adalah jenis daging merah, namun tak hanya dari daging saja, lho. Ada banyak buah-buahan yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, dengan mengonsumsi buah-buahan penambah darah meningkatkan produktifitas hemoglobin (Hb). Hemoglobin adalah protein kaya zat besi dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Yuk, simak 13 buah untuk penambah darah yang wajib dikonsumsi.

Ini buah untuk penambah darah

buah untuk penambah darah
Buah untuk Penambah Darah untuk Kamu Konsumsi. (Foto: Pixabay)

1. Apel

apel fuji
Apel sebagai buah penambah darah (Foto: Dok. Sayurbox)

Apel adalah buah segar dan renyah, yang kelezatannya tidak diragukan lagi. Apel mengandung vitamin lengkap dan kaya zat besi juga. Zat besi adalah mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan haemoglobin di dalam darah kamu.

2. Kurma

kurma penambah sel darah
Kurma sebagai buah penambah darah (Foto: Pixabay)

Salah satu manfaat kurma adalah mengatasi tekanan darah rendah di dalam tubuh kamu. Kurma mengandung banyak vitamin B kompleks. Manfaat kurma yang sehat memiliki peran penting untuk meningkatkan hemoglobin di dalam tubuhmu. Kurma juga memberi kamu energi ekstra dan menghilangkan kelelahan yang disebabkan oleh anemia.

Baca juga: 7 Kandungan Kurma dan Manfaatnya yang Baik untuk Kesehatan

3. Alpukat

alpukat sebagai penambah darah
Alpukat sebagai buah penambah darah (Foto: Pixabay)

Alpukat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Alpukat diperkaya dengan zat besi, karena alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang tidak berbahaya bagi tubuh kita. Mengkonsumsi alpukat bisa menjadi solusi kamu dalam memerangi anemia.

4. Melon

melon
Melon sebagai buah penambah darah. (Foto: Dok. Sayurbox)

Melon terdiri dari 90% air yang dapat memberi kamu perasaan pemulihan di dalam perut kamu. Melon juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu zat besi untuk meningkatkan hemoglobin di dalam darah.

Ingin mencoba buah untuk penambah darah? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah-buahan berkualitas untuk penambah darah di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

buah penambah darah

 

5. Jeruk

manfaat jeruk baby
Jeruk sebagai buah penambah darah. (Foto: Pixabay)

Rasa jeruk yang manis dan asam berasal dari konsentrasi vitamin C yang tinggi. Salah satu manfaat vitamin C dapat membantu menahan aliran darah dan kandungan zat besi di dalamnya akan membantu pembentukan sel darah merah.

Baca juga: Tidak Hanya Mencerahkan, Ini 7 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah

6. Kismis

kismis
Kismis sebagai buah penambah darah (Foto: Pixabay)

Kismis diperkaya dengan kandungan tembaga, vitamin, dan zat besi yang tinggi dan penting untuk memproduksi sel darah merah. Jadi, dengan mengonsumsi kismis dapat mencegah kekurangan sel darah merah.

7. Strawberry

Topping Es Krim Terbaik yang Sehat dan Enak
Strawberry sebagai buah penambah darah. (Foto: Pixabay)

Strawberry dianggap sebagai buah super karena penuh gizi, kaya akan vitamin A dan C, zat besi, dan mineral. Bahkan, karena kandungan vitamin C yang tinggi pada strawberry membantu penyerapan zat besi dengan sangat baik, sehingga menghasilkan hemoglobin dalam tubuhmu.

8. Buah Delima

Delima, buat kulit ibu tetap kenyal, lembut, dan awet muda.
Buah Delima sebagai buah penambah darah. (Foto: Pixabay)

Delima juga bagus untuk tubuh dalam meningkatkan jumlah darah merah, kandungan asam askorbat dalam delima dapat meningkatkan zat besi, dimana zat besi berpengaruh dalam meningkatkan sel darah merah. Dikonsumsi sebagai jus atau langsung dikonsumsi.

9. Pisang

Kandungan pisang dan manfaatnya untuk kesehatan
Pisang sebagai buah penambah darah. (Foto: Pixabay)

Pisang juga tinggi kandungan zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Selain sebagai buah yang cukup mengenyangkan, pisang juga bisa jadi solusi untuk mencegah anemia.

10. Buah Bit

cara mengolah buah bit
Buah Bit sebagai buah penambah darah. (Foto: Pixabay)

Buah bit berwarna merah gelap dan mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengaktifkan kembali sel darah merah yang meningkatkan jumlah oksigen bersih ke setiap bagian tubuh. Buah bit merupakan salah satu buah yang wajib yang dikonsumsi bagi penderita anemia loh.

Selain dikenal sebagai buah penambah darah, buah bit juga mengandung potasium, kalsium, sulfur, iodium, dan vitamin lainnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Buah Naga

Buah yang Mengandung Vitamin C
Buah Naga sebagai buah penambah darah. (Foto: Pixabay)

Buah naga ini sangat mudah didapatkan di daerah tropis seperti Indonesia. Kandungan buah naga yang kaya akan vitamin C dan zat besi ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit dalam tubuh, terutama untuk ibu hamil loh. Selain untuk anemia, nutrisi lainnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mencegah risiko kanker dan melawan stres oksidatif.

12. Aprikot

aprikot
Aprikot sebagai buah penambah darah (Foto: Pixabay)

Bagi kamu yang kurang darah, mengonsumsi buah aprikot kering dapat menjadi solusinya. Aprikot mengandung zat besi yang dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah.

13. Buah Zaitun

Buah Zaitun sebagai buah penambah darah (Foto: Pixabay)

Buah zaitun bukan hanya sekedar hiasan di salad atau sebagai kandungan minyak sehat loh. Manfaatnya lebih dari itu, salahs atunya adalah kandungan zat besi, omega 3, dan vutamin A pada buah zaitun yang dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah pada tubuh.

 

Baca juga: 10 Buah yang Bagus untuk Diet

Jadi, buah untuk penambah darah mana yang menjadi favorit kamu? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli buah-buahan berkualitas untuk penambah darah di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

buah penambah darah

Related Articles

Jangan Sampai Daging Keras, Ini 5 Cara Masak Daging Biar Empuk

Daging memang cukup tricky untuk diolah. Salah langkah, daging bisa jadi keras dan alot sehingga rasanya pun tidak begitu enak. Padahal...

5 Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit dan Rasanya Lezat

Pare umumnya dihindari oleh banyak orang karena rasanya yang pahit. Padahal di balik rasa pahitnya, pare menyimpan begitu banyak manfaat...

Masak Jadi Praktis, Ini 8 Rekomendasi Paket Sayur Siap Masak Sayurbox

Pernah gak sih Sayurfriends batal masak sayur karena bahannya yang tak lengkap di dapur? Meskipun bahannya terbilang sederhana, tetap saja...