Written by at October 30, 2020
Tips & Trik

Kontrol Berat Badan dengan Konsumsi 10 Buah yang Bagus untuk Diet

Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Ada banyak penyak yang disebabkan oleh kelebihan berat badan, mulai dari sakit jantung hingga diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh agar berat badan tetap terjaga. Jika, sudah mengalami kelebihan berat badan maka kamu harus segera memului program diet agar berat tubuh kembali ideal. Jaga pola makan dengan hanya mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Tak lupa juga, imbangi program diet kamu dengan olahraga teratur. Yuk, mulai kontrol berat badan dengan Konsumsi 10 buah yang bagus untuk diet berikut ini.

 

Ini jenis buah yang bagus untuk diet

Buah yang bagus untuk diet
Kontrol Berat Badan dengan Konsumsi Buah yang Bagus untuk Diet. (Foto: Pixabay)

1. Apel, kaya serat yang membuat rasa kenyang lebih lama

Apel merupakan salah satu buah yang bagus untuk diet dan paling banyak disukai orang. Satu buah apel berukuran kira-kira 100 gram, diketahui mengandung 95 kalori, yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Meski tinggi kalori, apel merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Buah ini juga kaya air karena 86% kandungan apel adalah air.

 

Sementara serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu dapat menjadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, supaya mencegah kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan. Apel juga punya nilai indeks glikemik rendah sehingga aman bagi diabetesi yang ingin mengendalikan berat badan.

 

2. Alpukat, sarat dengan lemak sehat

Alpukat adalah buah yang unik. Sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat yang tinggi, alpukat sarat dengan lemak sehat. Buah ini sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun sebagian besar alpukat mengandung lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi daripada yang kamu kira.

 

Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan kalium. Terlebih lagi, alpukat merupakan tambahan yang sempurna untuk salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat.

 

Baca juga: Apa itu Diet Keto dan Manfaatnya!

 

3. Jeruk bali, dapat mengurangi resistensi insulin

Salah satu buah yang patut disorot adalah jeruk bali. Efeknya pada pengontrolan berat badan telah dipelajari secara langsung. Dalam penelitian selama 12 minggu pada 91 orang gemuk, makan setengah jeruk bali segar sebelum makan menyebabkan penurunan berat badan 3,5 pound (1,6 kg).

 

Jeruk bali juga dapat mengurangi resistensi insulin, kelainan metabolisme yang berimplikasi pada berbagai penyakit kronis. Karena itu, makan setengah grapefruit sekitar setengah jam sebelum makan sehari-hari, dapat membantu kamu merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

 

4. Salak, mampu menjadi sumber energi yang baik

Sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, ternyata salak juga mengandung karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu bahan bakar tubuh yang dapat menghasilkan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan demikian, buah salak merupakan buah yang cocok untuk mereka yang berencana diet. Karena kandungan karbohidrat buah salak dapat menjadi salah satu sumber energi yang bernutrisi tinggi dan berserat.

 

Ingin mulai mengonsumsi buah yang bagus untuk diet? Yuk, beli buah segar di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

5. Pisang, rendah kalori sehingga baik untuk menurunkan berat badan

Meski banyak mengandung gula, tetapi kandungan yang ada di dalam pisang adalah gula alami, sehingga cenderung rendah kalori. Rata-rata satu buah pisang mengandung 100 kalori. Kandungan pisang pun didukung dengan nutrisi lain seperti serat, vitamin C dan B6, kalium, dan antioksidan yang baik menurunkan berat badan.

 

Selain itu, pisang juga terdiri dari pati resisten. Kamu mungkin belum terlalu memahami istilah ini. Jadi pati resisten adalah istilah dalam ilmu gizi dan ilmu pangan dari jenis pati yang tidak tercerna dalam saluran atau sistem pencernaan manusia. Pati resisten dapat mengenyangkan dan membantu mengurangi nafsu makan.

 

Baca juga: Berbagai Macam Metode Diet & Manfaatnya

 

6. Melon, rendah gula tetapi kaya serat

Satu sajian melon  sebesar 100gr ternyata hanya memiliki 5,7gr gula, 0,1 gr lemak, dan 29 kalori. Secara komparatif, 100gr mangga mengandung 11,2gr, gula, 0,2g g lemak dan 55 kalori. Nilai gizi tersebut membuat melon tergolong sebagai buah yang rendah gula, lemak, dan kalori. Tiga hal tersebut sangat penting untuk mengontrol berat badan.

 

Disamping itu, melon adalah buah yang cukup kaya serat. Mengonsumsi lemon dapat kamu dapat terhindar dari penyakit seperti sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini membantu pencernaan memproses makanan lebih baik.

 

7. Kiwi, tinggi nutrisi untuk kesehatan tubuh

Kiwi adalah salah satu buah yang kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh. Kandungan kiwi sangat tinggi serat dan rendah kalori. Oleh karena itu kiwi sangat baik untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang dalam program diet untuk mengontrol berat badan. Coba rutin Konsumsi kiwi segar atau dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya, seperti oatmeal.

 

8. Semangka, banyak mengandung serat

Semangka juga merupakan buah yang kaya akan serat karena 90% kandungannya adalah air. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi semangka bisa jadi solusinya. Selain bisa membuat kamu kenyang lebih lama, semangka juga sangat baik untuk membuang racun pada ginjal.

 

9. Pepaya, kalorinya sedikit

Pepaya adalah buah yang mengandung sangat sedikit kalori namun kaya akan serat sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin diet menurunkan berat badan. Serat pada buah pepaya sangat bermanfaat untuk usus dan dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain buahnya, kamu juga dapat menggunakan daun pepaya untuk membuat teh yang bermanfaat untuk menghilangkan kembung.

 

10. Pir, membantu menekan nafsu makan

Selanjutnya, buah yang bagus untuk diet adalah pir. Buah ini juga kaya akan kandungan serat namun rendah kalori. Dengan mengonsumsi tiga buah pir setiap harinya, maka dapat menekan nafsu makan sehingga kamu dapat membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi buah yang bagus untuk diet ini? Yuk, beli buah sehat dan segar di Sayurbox!

Related Articles

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Olive Oil untuk Memasak

Olive oil untuk memasak adalah alternatif minyak yang sehat. Tidak hanya sarat dengan asam lemak bermanfaat dan antioksidan kuat tetapi...

12 Jenis Produk Gluten Free yang Bisa Kamu Konsumsi

Gluten adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu, seperti gandum, gandum hitam, dan jelay. Gluten membantu...

Makin Praktis, Ini 5 Cara Pakai Tombol “Beli Lagi” untuk Belanja di Sayurbox

Ada banyak jenis sayur dan buah yang bisa kamu beli di Sayurbox. Selain itu, kini Sayurbox juga menghadirkan berbagai kebutuhan pokok atau...

Post Comment