Written by at March 16, 2021
Resep

7 Cara Bikin Kentang Goreng yang Garing dan Gurih di Rumah

Hidangan klasik dari kentang yang sangat disukai banyak orang, tidak lain adalah kentang goreng. Camilan yang teksturnya yang garing di luar dan kelembutan kentang di dalam, menghadirkan citarasa yang gurih adalah hal yang dicari-cari dari hidangan kentang goreng ini. Namun, hidangan klasik ini bisa juga tidak memenuhi standar rasa yang diidamkan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuatnya. Jika kamu ingin mencoba membuat kentang goreng sendiri. Yuk, simak 7 cara bikin kentang goreng yang garing dan gurih di rumah di bawah ini!

Ini cara bikin kentang goreng yang garing dan gurih

Cara Bikin Kentang Goreng
Bahan-bahan untuk membuat kentang goreng. (Foto: Pixabay)

Kebanyakan resep kentang goreng lokal menggunakan tepung terigu atau maizena untuk menambahkan tekstur renyah yang tahan lama. Tetapi, kamu juga bisa mendapatkan hasil kentang goreng dengan rendaman air es. Kentang yang direndam dalam air es akan menghasilkan kerenyahan ekstra setelah digoreng.

Jenis-jenis kentang goreng yang bisa kamu cobain!

Sebelum membuat kentang goreng yang renyah, ada beberapa jenis kentang goreng yang bisa kamu cobain nih. Selain dari bentuk kentang yang bervariasi, ada juga jenis berdasarkan rasa. Contohnya ada kentang goreng wedges, saat kentang dipotong berbentuk wedge, ada juga kentang goreng yang dipotong menggunakan pisau bergerigi menciptakan tekstur kentang yang unik. Rasa kentang goreng, selain gurih asin juga bisa ditambahkan aneka bubuk perasa seperti balado, keju maupun BBQ.

Bahan-bahan untuk membuat kentang goreng:

  • 100 gram beef tallow atau lemak daging sapi beku
  • 4 Buah kentang ukuran sedang
  • 2 Liter air es
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara untuk membuat kentang goreng:

1. Kupas dan Potong Kentang

Pertama, kamu harus mengupas kentang. Setelah itu potong kentang, potongannya benar-benar penting saat membuat kentang goreng. Potong setiap kentang menjadi dua bagian, letakkan sisi potongan rata di atas permukaan potongan dan potong menjadi ukuran sekitar 2,5 cm. Tumpuk irisan ini dan potong menjadi tongkat dengan lebar yang sama. Ulangi dengan sisa kentang.

2. Rendam Kentang

Taruh kentang yang dipotong dalam mangkuk besar dan rendam dengan air es. Rendam setidaknya selama 20 menit atau hingga satu jam. Langkah ini menghilangkan kelebihan pati kentang, sehingga menghasilkan kentang yang lebih pulen dan lebih garing.

Baca juga: 11 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

3. Tiriskan dan Keringkan Kentang

Tiriskan batang kentang dan tepuk-tepuk sampai kering dengan handuk kertas atau handuk dapur bersih. Atur mereka dalam satu lapisan agar terkena udara dan menjadi kering. Semakin kering kentang sebelum digoreng, semakin baik.

4. Goreng Kentang

Lelehkan 100 gram beef tallow atau lemak daging sapi beku dipinggir penggorengan. Lalu, tuangkan minyak dalam penggorengan dan panaskan minyak hingga kira-kira 160 °C. Setelah minyak panas, goreng kentang, selama sekitar lima menit. Kentang goreng harus dimasak tetapi masih sepucat ketika kamu memasukkannya ke dalam minyak.

Ingin mencoba cara bikin kentang goreng yang garing dan gurih di rumah ini? Yuk, beli kentang dan bahan-bahan masakan lainnya yang kamu butuhkan di Sayurbox!

5. Tiriskan dan Dinginkan Kentang Goreng Setengah Matang

Angkat kentang dari minyak menggunakan sendok berlubang. Tiriskan di atas rak pendingin yang diletakkan di atas loyang atau di atas lapisan tisu bersih. Diamkan hingga benar-benar dingin, setidaknya 30 menit dan hingga beberapa jam. Pada titik ini, kamu bisa menyimpan kentang goreng di lemari es dan bisa menggorengnya di hari berikutnya. Biarkan mereka menghangatkan sedikit sebelum menggoreng lagi.

Baca juga: 5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

6. Goreng Kentang Lagi

Panaskan minya goreng sekitar 175-190 °C. Gunakan termometer atau uji minyak dengan menjatuhkan kentang goreng setengah matang di dalamnya. Minyak harus menimbulkan suara mendesis di sekitar pegorengan secara aktif tetapi tidak dengan keras. Jika ia berdesis dan mendesis dengan kencang, turunkan suhunya sampai kamu mendapatkan suara desis yang aktif namun stabil saat kamu menambahkan goreng ke dalam minyak.

Tambahkan kentang goreng, pastikan seluruh bagian kentang terendam minyak, dan masak sampai emas atau mulai berubah menjadi cokelat keemasan, tergantung pada selera kamu, waktu menggoreng kentang ini sekitar lima menit.

7. Tiriskan Kentang Goreng

Angkat kentang dari minyak dengan sendok berlubang atau keranjang goreng. Tiriskan, sekali lagi, di atas rak pendingin yang diletakkan di atas wajan atau di atas lapisan tisu.

Kini kentang goreng buatan kamu di rumah sudah selesai, kamu dapat bumbui kentang dengan garam saat masih panas. Untuk menyajikannya, tumpukkan kentang goreng ke piring atau mangkuk. Sajikan dengan saos atau mayonnaise. Yummy!

Baca juga: Tidak Hanya Mengenyangkan, ini 9 Manfaat Masker Kentang untuk Wajah

Jadi, apakah kamu tertarik mencoba cara bikin kentang goreng yang garing dan gurih di rumah ini? Yuk, beli kentang dan bahan-bahan masakan lainnya yang kamu butuhkan di Sayurbox!

Related Articles

5 Cara Membuat Donat di Rumah, Bikinnya Praktis dan Anti Gagal

Donat merupakan salah satu camilan favorit banyak orang. Baik itu donat yang disajikan tanpa topping, pakai topping gula halus, hingga...

Nyobain Kejutan Diskon dari OVO!

Oktober tiba dengan aneka kejutan! Sayurfriends bisa dapat kejutan diskon seru dari OVO sebesar Rp15.000. Pakai kode voucher...

5 Resep Kreasi Olahan Mangga, Rasa Manis Asamnya Bikin Segar!

Jika ngomongin buah tropis favorit masyarakat Indonesia, mangga pasti gak pernah ketinggalan. Kombinasi rasa manis dan asam buah satu...