Written by at May 26, 2020
Tips & Trik

Ini 7 Cara Membersihkan Belanjaan Paling Efektif Selama Pandemi Virus Corona

Pandemi virus corona yang semakin meluas membuat pemerintah menganjurkan setiap warganya untuk beraktivitas di rumah saja. Tidak hanya itu, berbagai aktivitas yang menimbulkan interaksi antar sesama manusia juga dibatasi. Namun tetap saja, aktivitas penting seperti berbelanja kebutuhan pangan tidak mungkin bisa dibatasi. Tetapi kamu juga sebaiknya mengikuti anjuran protokol kebersihaan yang berlaku saat berbelanja dari rumah. Nah, apabila kamu merasa was-was takut belanjaan kamu terkontaminasi droplet orang lain baik sengaja maupun tidak, berikut ini adalah tujuh cara membersihkan belanjaan paling efektif selama pandemi virus corona. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

 

Ini cara membersihkan belanjaan paling efektif 

Cara Membersihkan Belanjaan
Cara Membersihkan Belanjaan Paling Efektif Selama Pandemi Virus Corona. (Foto: Pixabay)

1. Untuk produk dengan wadah tertutup bersihkan dengan mengelap, jika perlu dicuci

Menjelang hari raya Idul Fitri, berburu kue lebaran pastinya sudah menjadi kebiasaan. Nah, apabila kamu membeli kue lebaran dalam kemasan kaleng, toples, atau wadah khusus lainnya, pastikan kamu tidak hanya menyemprot wadahnya dengan cairan desinfektan saja, namun juga mengelapnya hingga ke berbagai sudut. Jika memungkinkan, kamu bisa juga mencucinya. Namun dengan catatan, wadah tersebut haruslah berbahan tidak tembus air.

 

2. Cuci tas atau kantong belanjaan setelah sampai rumah

Apabila kamu menggunakan tas atau kantong belanjaan sendiri yang bisa dicuci, maka setelah mengeluarkan barang-barang belanjaan, segera bersihkan dan cuci kembali. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus yang mungkin saja tidak sengaja menempel di tas atau kantong tersebut. Ditakutkan, saat kamu menyimpannya kembali tanpa membersihkannya, bisa saja virus yang menempel akan menyebar tanpa kamu sadari.

 

3. Apabila belanja menggunakan kantong plastik, lebih baik segera buang

Jika kamu menggunakan kantong plastik sebagai tempat membawa belanjaan, maka segera buang kantong tersebut sebelum memasuki rumah.

 

Apabila kamu memiliki tempat sampah yang berada di luar rumah, maka bisa membuangnya di tempat tersebut. Namun, jika kamu tidak memilikinya, maka sebelum pergi berbelanja segera siapkan tempat sampah khusus di depan rumah untuk membuang kantong plastik tersebut.

 

Sama seperti penjelasan sebelumnya, hal ini dilakukan untuk menekan kemungkinan penyebaran virus melalui droplet yang menempel.

 

Baca juga: Ini 4 Panduan Social Distancing untuk Mencegah Penularan Virus Corona

 

4. Siapkan lokasi khusus untuk membersihkan barang belanjaan

Selain membersihkan barang belanjaan, penting juga untuk kamu menyediakan tempat atau lokasi khusus untuk mencuci barang belanjaan tersebut. Hal ini juga diutarakan oleh, Dr. Jeffrey VanWingen, dokter keluarga di Michigan AS, ia menganjurkan untuk meletakkan barang belanjaan di lokasi khusus seperti garasi atau depan rumah dalam waktu kurang lebih 72 jam. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan virus corona yang mungkin saja menempel di sana.

 

Perlakuan ini bisa kamu terapkan jika memang barang belanjaan tersebut bukanlah produk pangan. Untuk produk pangan yang mudah layu atau membusuk seperti sayur-mayur dan buah-buahan, maka kamu bisa mencucinya terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas.

 

Mulai memahami cara membersihkan belanjaan selama pandemi virus corona ini? Agar lebih terjamin, yuk, berbelanja sayur dan buah-buahan segar secara online di Sayurbox. Selain aman, berbelanja di Sayurbox juga dijamin praktis, nyaman, dan cepat sampai.

 

cara membersihkan belanjaan

 

5. Gunakan sabun yang sesuai untuk produk pangan

Untuk produk non pangan ataupun makanan yang masih terbungkus dengan wadah antiair, mungkin kamu bisa menggunakan beberapa jenis sabun. Namun, jika pangan tersebut adalah sayuran ataupun buah-buahan, sebaiknya kamu menggunakan sabun khusus yang memang diperuntukan untuk mencuci pangan tersebut.

 

Peran sabun di sini yaitu sebagai pengikat virus yang menempel di barang atau belanjaan saat dicuci nanti. Jika memang diperlukan, kamu juga bisa merendamnya terlebih dahulu sayuran atau buah-buahan tersebut untuk beberapa lama.

 

Baca juga: Ini 9 Makanan yang Tahan Lama untuk Disimpan Selama Social Distancing karena Virus Corona

 

6. Untuk sayur-mayur, gunakan rumus mencuci 20 detik

Tidak hanya mencuci tangan, kebiasaan untuk mencuci selama 20 detik ini juga berlaku saat mencuci barang belanjaan. Selain mencuci, disarankan juga untuk menggosoknya dengan tangan atau spon menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Durasi ini memang dianggap efektif untuk membunuh kuman. Masih dengan persoalan mencuci barang belanjaan, jenis makanan yang boleh dicuci adalah makanan yang berada dalam kemasan atau dalam wadah tidak tembus air saja.

 

7. Biasakan mencuci dengan air mengalir

Selain mencuci selama 20 detik, kebiasaan lain yang tidak boleh dilupakan yaitu menggunakan air yang mengalir. Peran air sendiri yaitu dapat membawa kuman yang menempel sehingga barang belanjaan, baik itu buah dan sayuran akan benar-benar lebih bersih.

 

Baca juga: 7 Tips Belanja Kebutuhan Pokok Secara Online untuk Cegah Penularan Virus Corona

 

Nah, itulah tujuh cara membersihkan belanjaan paling efektif selama pandemi virus corona berlangsung. Selama pandemi ini masih terjadi, pastikan kamu melakukan hal-hal di atas secara rutin saat selesai berbelanja dari luar. Jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan agar bisa menekan penyebaran virus corona baik untuk diri kamu ataupun keluarga kamu di rumah.

 

Selain belanjaan, pastikan kamu juga mencuci tangan setelah itu, segera mandi dan ganti pakaian yang kamu kenakan saat berbelanja. Jika kebiasaan ini dilakukan sesuai anjuran, tentunya resiko penyebaran virus bisa diminimalisir.

 

Untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya kontak dengan orang lain, kini kamu juga bisa berbelanja sayur dan buah-buahan segar secara online di Sayurbox. Selain aman, berbelanja di Sayurbox juga dijamin praktis, nyaman, dan cepat sampai. Yuk, cek produk-produknya sekarang juga!

 

cara membersihkan belanjaan

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Ketahui 10 Jenis Pisang dan Cara yang Tepat untuk Mengolahnya

Pisang merupakan buah yang tumbuh subur di negara tropis. Pisang merupakan komoditas hortikultura keempat yang terpenting setelah beras,...

Yuk, Cari Tahu ini 9 Jenis-jenis Labu yang Bisa Kamu Konsumsi

Meski tidak asing di telinga dan lidah orang Indonesia, nyatanya masih banyak yang salah kaprah dengan labu. Seperti halnya tomat, buah...

Ini 9 Jenis Bumbu Dapur yang Wajib ada di Rumah

Tidak hanya bahan utama, bumbu juga merupakan faktor penting yang menentukan kelezatan masakan. Sebagai orang Indonesia pasti kamu telah...

Post Comment