Written by at September 16, 2020
Resep

Cari Tahu 7 Cara Membuat Cerorot Khas Bali yang Manis dan Legit

Ketika berlibur ke Bali, mencicipi jajanan khas pulau dewata yang satu ini bisa menjadi aktivitas yang cukup menarik dan menyenangkan. Salah satu jajanan khas Bali yang wajib kamu coba adalah jaja cerorot. Cerorot merupakan salah satu kue tradisional khas Bali yang selalu hadir dalam setiap perayaan hari raya Nyepi. Cerorot memiliki bentuk yang cukup unik yaitu seperti mata bor yang dililit oleh daun janur. Selain bentuknya yang unik, cerorot juga memiliki cita rasa khas yang manis, legit, dan gurih. Cara membuat cerorot menggunakan bahan utama berupa gula kelapa yang kemudian dicampur dengan santan, daun pandan, dan air, lalu direbus. Selanjutnya, campuran tersebut dituangkan di atas tepung beras, tapioka, ataupun sagu.

 

Pembungkus cerorot sendiri terbuat dari janur yang merupakan daun pohon kelapa. Janur ini digulung sehingga berbentuk kerucut memanjang. Selanjutnya, campuran yang tadi telah dibuat dituangkan ke dalam janur yang sudah berbentuk kerucut sampai tiga perempat bagiannya terisi penuh. Setelah itu, adonan tersebut pun tinggal kamu kukus. Karena terbuat dari gula yang kemudian dicampur dengan santan, maka tidak heran jika jajanan tradisional khas Bali yang satu ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Nah, penasaran apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana langkah-langkah membuat jajanan khas Bali yang satu ini? Cari tahu tujuh cara membuat cerorot khas Bali yang manis dan legit berikut ini!

 

Cara membuat cerorot khas Bali 

Cara Membuat Cerorot
Cara Membuat Cerorot Khas Bali yang Manis dan Legit. (Foto: Instagram / just_am28)

Untuk membuat cerorot khas Bali, kamu tidak membutuhkan banyak bahan. Lalu, jika kamu belum pernah mencoba kue tradisional yang satu ini, tidak salahnya jika kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah. Cara pembuatannya pun cukup sederhana. Inilah bahan-bahan dan cara membuat kue cerorot khas Bali yang wajib kamu coba.

 

Bahan-bahan:

  • 1 1/4 kg tepung beras
  • 1 butir kelapa
  • 1/4 kg gula merah/aren
  • 1/2 kg gula pasir
  • 3 sdt garam

Cara membuat cerorot khas Bali:

  1. Parut kelapa dan peras santannya. Perasan pertama disisihkan di wadah A (santan kental). Sedangkan, untuk perasan kedua (lebih banyak campuran air) disisihkan di wadah B (santan encer).
  2. Masak gula merah/aren bersama santan encer pada wadah B sampai leleh/larut sempurna.
  3. Untuk adonan utama, campurkan tepung beras, gula pasir, garam, dan santan wadah A (santan kental) dan aduk merata, sampai tidak ada bagian yang bergerindil.
  4. Kemudian, masukkan gula merah dan santan yang sudah dimasak ke dalam wadah adonan utama, lalu diaduk sampai merata seluruhnya.
  5. Tuangkan adonan kue cerorot yang sudah jadi ke dalam janur (bungkus cerorot) dengan hati-hati, sampai semuanya terisi penuh. Supaya janur mudah disusun berdiri, di bagian bawahnya alasi dengan ampas kelapa atau daun kelapa yang sudah dirawis.
  6. Panaskan dandang hingga beruap, lalu masukkan janur-janur yang sudah terisi adonan kue cerorot dan kukus selama 1 jam.
  7. Angkat dan sajikan. Cara membuka kulit janurnya bisa menggunakan dua cara, yaitu dikupas lilitannya atau langsung didorong saja sampai keluar isinya. Kue cerorot khas Bali ini pun siap untuk dinikmati.

 

Baca juga: Ini 5 Cara Membuat Tape Ketan Khas Bali untuk Hari Raya Galungan

 

Ingin mencoba cara membuat cerorot ini di rumah? Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuatnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang.

 

Kandungan gizi kue cerorot khas Bali

Cerorot merupakan salah satu sajian wajib pada saat perayaan hari raya Nyepi. Meski begitu, kue tradisional yang satu ini juga bisa kamu jumpai di hari-hari biasa selain pada saat perayaan Nyepi, lho. Kamu bisa menjumpai jajanan kue cerorot ini dengan berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Bali.

 

Tidak hanya itu, memilih cerorot sebagai menu jajanan ketika bersantai sambil minum teh atau kopi juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain itu, cerorot juga termasuk kue yang mengandung nilai gizi yang tinggi, lho.

 

Bahan utamanya yang berupa tepung beras merupakan sumber karbohidrat cukup tinggi. Selain itu juga mengandung sumber energi sebesar 264 kkal/100 mg, protein, vitamin B1, zat besi, lemak, kalsium, dan fosfor.

 

Baca juga: Ini 7 Makanan Khas Hari Raya Galungan di Bali yang Wajib Ada

 

Kandungan pada gula merahnya juga merupakan sumber energi bagi tubuh yaitu sebesar 11 kkal/1 sdt. Terakhir, santan kelapa yang terdapat pada kue cerorot ini juga merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi yaitu mengandung kalsium 200 IU/1 cangkir, lemak, omega 3, serat, dan protein.

 

Protein yang terdapat dalam santan kelapa tersebut adalah jenis protein rendah yaitu alanin, sistin, arsini, dan serene, sehingga mudah dicerna oleh tubuh untuk mempertahankan dan membangun sel-sel baru untuk rambut, kuku, serta kulit.

 

Baca juga: Ini 7 Resep Sambal Matah Khas Bali yang Sedap dan Nikmat

 

Nah, itulah cara membuat kue cerorot khas Bali yang manis dan legit. Setelah mengetahui kandungan gizi yang dimilikinya, apakah kamu tertarik untuk mencoba kue yang satu ini?

 

Untuk mencicipi jajanan tradisional ini, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bali, kok. Kamu juga bisa mencoba cara membuat cerorot khas Bali ini di rumah. Temukan bahan-bahan untuk membuat cerorot khas Bali ini di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Cobain Yuk, Ini 7 Cara Membuat Mexican Tacos ala Rumahan yang Enak

Sedang bosan dengan masakan rumahan yang biasa kamu masak? Agar dapur lebih berwarna, sesekali coba buat masakan khas negara lain yang tak...

7 Resep Soto Daging Madura Enak yang Praktis Dimasak di Rumah

Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang khas dari berbagai daerah. Salah satunya yaitu soto daging sapi Madura yang sudah terkenal...

9 Cara Membuat Sayur Sop Ala Rumahan yang Enak untuk Anak

Sayur sop adalah masakan rumahan yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti wortel, kubis, kol, kentang, dan bahan-bahan tambahan...

Post Comment