Written by at March 24, 2021
Tips & Trik

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin, kalsium, juga serat. Berasal dari Meksiko, sebuah negara di benua Amerika, kemudian dibawa oleh orang Prancis pada tahun 1870 dari Guyana menuju Vietnam dan akhirnya menyebar ke Asia. Buah naga ini dapat tumbuh subur di berbagai iklim, mulai dari tropis, subtropis, hingga kering sekalipun. Hal ini yang membuat budidaya buah naga di Indonesia menjadi semakin banyak, hingga dapat dipanen sepanjang tahun. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli buah naga, jangan sampai terjebak memilih buah naga yang tidak bagus kualitasnya. Cara memilih buah naga yang bagus dan manis rasanya memang cenderung susah-susah gampang, karena butuh pengalaman. Tapi tak usah khawatir, berikut ulasan 7 cara memilih buah naga yang matang dan manis.

 

Ini cara memilih buah naga yang matang dan manis

 

cara memilih buah naga yang matang
Cara memilih buah naga yang matang dan manis. (Foto: Pixabay)

1. Periksa bagian kulit luarnya

Ini merupakan cara memilih buah naga termudah untuk memastikan apakah buah yang dipilih masih segar dan memiliki rasa manis. Buah naga yang segar memiliki ciri warna kulit pink cerah dan mulus. Warna yang dimiliki oleh kulit buah naga yang segar juga cenderung merata, tidak terlalu cerah ataupun gelap di satu sisi.

 

2. Hindari memilih buah naga yang bernoda

Selain untuk memastikan buah naga pilihanmu segar, cara ini juga untuk memastikan higienitasnya. Pilihlah buah naga yang bersih, tidak ada noda-noda kotor pada bagian kulitnya. Hindari pula memilih buah naga yang terdapat lubang-lubang kecil ataupun bekas sayatan pisau di bagian kulitnya. Hal ini untuk menjaga agar buah naga pilihanmu benar-benar berkualitas baik dan tidak terkontaminasi oleh kotoran hingga bakteri dari luar.

 

Baca juga: Ketahui 7 Kandungan Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

3. Tekan batang buah

Cara memilih buah naga lain untuk memastikan bahwa buah masih segar dan memiliki rasa yang manis adalah dengan menekan batangnya. Buah naga yang matang pohon dan dipanen tepat pada waktunya pasti akan memiliki batang dengan tekstur yang empuk.

 

Sebab, secara alami, tekstur empuk ini akan merapuh dan membuat buah jatuh ke tanah dan menghasilkan tunas baru bila tak segera dipanen. Jika batangnya masih terasa keras, maka kemungkinan besar buah naga tersebut dipanen sebelum waktunya, yang mengakibatkan rasa dan kualitasnya pun tak sebaik buah naga yang matang pohon.

 

Ingin membeli buah naga segar? Yuk, cek di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

4. Periksa daun pada kulit buah naga

Di kulit buah naga, kerap terdapat daun yang tersisa. Pastikan untuk memilih buah naga dengan daun yang berwarna cerah, tanpa ada bagian yang kecoklatan. Sebab, tanda berupa warna kecoklatan ini merupakan indikator bahwa buah naga tersebut tidak tumbuh dengan baik, yang artinya kualitasnya pun buruk, atau bisa jadi sudah terlalu lama berada dalam ruang penyimpanan sehingga kesegarannya pun menurun.

 

Baca juga: 5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

 

5. Periksa kelopak yang menutupi kulit buah naga

Sama halnya seperti daun, pastikan pula kelopak yang menutupi kulit buah naga berwarna cerah dan tidak memiliki tanda berupa warna kecoklatan, untuk memastikan buah naga masih segar dan memiliki kualitas yang baik.

 

6. Tekan kulit buah naga

Tingkat kematangan buah naga juga dapat dilihat dari kekenyalan daging buahnya. Layaknya buah alpukat atau mangga, kamu juga dapat memastikan kematangan buah dengan cara menekan secara perlahan kulit buahnya. Pastikan untuk memilih buah yang bertekstur empuk bila ditekan. Jangan memilih yang terlampau keras karena sudah pasti belum matang, ataupun yang terlalu lembek untuk menghindari kemungkinan buah busuk.

 

7. Cium aroma buah naga

Cara memilih buah naga lain yang bisa dilakukan untuk memilih buah yang segar dan manis adalah dengan mencium bagian luar dari kulit buah naga. Buah naga yang segar dan matang biasanya memiliki aroma tropis yang ringan, dan juga cenderung memiliki sensasi yang segar.

 

Untuk buah naga yang belum matang, tentu tidak akan tercium aroma yang seperti ini, begitu pula untuk buah naga yang terlalu matang biasanya aromanya akan berbeda, tidak lagi ringan dan segar.

 

Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

 

Itu dia beberapa cara memilih buah naga yang berkualitas tinggi dan tentunya masih segar. Dengan cara-cara diatas kamu bisa meminimalisir kesalahan memilih buah naga yang belum matang ataupun telah mendekati busuk. Masih bingung dan enggan kerepotan memilah buah naga karena keterbatasan waktu ataupun padatnya aktivitas? Tenang saja, kini kamu dapat belanja sayur dan buah dengan kualitas yang terjamin tanpa repot keluar rumah hanya dengan Sayurbox.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara memilih buah naga ini? Yuk, beli buah naga di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.

Yuk, Belanja Sekarang!

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

11 Makanan Buka Puasa yang Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Kebiasaan menunda waktu makan tentu bisa berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Akibatnya, perut mengalami sakit karena naiknya kadar...