Written by at February 12, 2020
Tips & Trik

Sebelum Membeli, Ini Panduan 7 Cara Memilih Daging yang Baik untuk Dikonsumsi

Daging sapi adalah salah satu sumber protein yang baik. Tak hanya itu, rasa daging sapi yang khas dan gurih juga membuat banyak orang menyukainya. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, namun tetap banyak orang yang rela meregoh kocek untuk menikmati daging sapi. Jika kamu ingin memasak daging, pada saat memilihnya tentu tidak mudah. Memilih daging sapi cenderung cukup sulit, terutama untuk kamu yang masih awam dengan ciri-ciri daging sapi. Pasalnya, ada banyak jenis bagian daging dan berbagai bentuk potongannya, sehingga membuat kamu semakin bingung ketika memilihnya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, untuk menemukan daging sapi yang tepat sebelum membeli, coba ikuti panduan 7 cara memilih daging yang baik untuk dikonsumsi berikut ini.

 

Ini panduan cara memilih daging yang baik untuk dikonsumsi

Cara Memilih Daging yang Baik
Cara Memilih Daging yang Baik untuk Dikonsumsi. (Foto: Unsplash)

1. Pertimbangkan tempat daging sapi dijual

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli daging tentu adalah tempat dimana daging tersebut dijual atau ditempatkan. Pastikan tempat kamu membeli daging sapi bersih dan tidak berbau menyengat. Kemudian, sebaiknya pilih daging sapi yang juga diletakkan di tempat yang bersih dan bersuhu dingin. Hindari membeli daging sapi yang sudah dihinggapi lalat atau diletakkan di tempat yang kotor.

 

2. Perhatikan warna daging sebelum membeli

Selanjutnya, cara memilih daging yang baik yaitu bisa kamu lihat dari warnanya. Perhatikan dulu warna daging sebelum membeli. Daging sapi yang memiliki kualitas baik adalah daging yang masih berwarna kemerahan dan tampak segar. Cara ini bisa dibilang adalah cara paling mudah untuk melihat kualitas daging. Sebaiknya jangan pilih daging yang warnanya Sudah terlihat pucat atau kotor.

 

Baca juga: Tetap Sehat, Konsumsi 9 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini

 

3. Pegang tekstur daging sapi

Setelah melihat warnanya, kamu juga harus memastikan kualitas danging sapi dengan cara memegang daging tersebut. Cara ini berguna untuk mengetahui tekstur daging sapi. Pilih daging sapi yang memiliki tekstur kenyal. Coba tekan beberapa bagian dari daging yang akan kamu beli, jika daging kembali ke posisi semula setelah ditekan maka artinya daging tersebut masih segar dan baru. Pasalnya, daging yang mulai mengalami pembusukkan biasanya terasa lembek dan tidak kembali ke bentuk semula saat ditekan.

 

4. Cium aroma yang keluar dari daging

Jika sudah mengetaui warna dan tekstur daging sapi, rangkaian cara memilih daging sapi yang baik untuk dikonsumsi pun tidak berhenti di situ. Kamu harus mencium aroma yang keluar dari daging untuk memastikan kualitasnya. Daging sapi yang kualitasnya baik biasanya memiliki aroma yang segar khas sapi. Sedangkan daging yang sudah mulai membusuk biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau tercium sedikit asam.

 

Ingin membeli daging tanpa repot memilih? Yuk, beli daging segar dan berkualitas di Sayurbox!

 

 

5. Pastikan daging tidak berair

Selanjutnya, kamu juga harus memastikan daging sapi serasa segar dan tidak berair. Kamu mungkin sering melihat cairan berwarna merah mirip darah di sekitar daging. Cairan tersebut sebenarnya bukan darah melaikan “sari” yang dikeluarkan oleh daging. Untuk itu, jika ingin membeli daging sebaiknya pilih yang tidak berair, karena jika daging sapi mengeluarkan banyak air artinya daging tersebut Sudah cukup lama berada di udara bebas.

 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

6. Cek sertifikat Halal dari penjual daging

Cara memilih daging yang baik selanjutnya yaitu dengan melihat sertifikat Halal dari penjual atau supplier daging sapi. Penjual atau supplier yang profesional masih telah memiliki sertifikasi yang dikeluarkan oleh MUI ini.

 

Sertifikasi Halal tidak hanya menandakan daging yang dipotong sesuai syariat agama, tetapi juga memastikan bahwa daging tersebut diambil dari hewan yang sehat. Selain itu, hewan ternak yang diambil dagingnya juga dipastikan dirawat dengan baik, terjaga asupan makanannya, hidup ditempat yang bersih, juga diperlakukan dengan layak sesuai dengan peraruran yang berlaku.

 

7. Tanyakan waktu kedaluwarsanya

Terakhir, sebelum kamu membeli daging sebaiknya tanyakan juga waktu kedaluwarsa daging tersebut atau kapan waktu pemotongan hewan dilakukan. Hal ini berguna untuk menghitung waktu berapa lama kamu dapat menyimpan daging yang kamu beli.

 

Untuk daging merah seperti daging sapi dapat disimpan selama tiga sampai empat hari di dalam kulkas. Sedangkan jika disimpan di dalam freezer, daging dapat bertahan hingga 4 sampai 12 bulan, tergantu dari jenis dan kualitas daging tersebut.

 

Baca juga: 11 Jenis Produk Gluten-Free yang Bisa Kamu Konsumsi

Setelah mengetahui panduan cara memilih daging yang baik ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya saat membeli daging sapi? Jika, ingin membeli daging sapi yang sudah dipastikan segar dan berkualitas tanpa repot memilih, yuk, beli daging di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.

 

Related Articles

Kenali Penyebab Bronkitis dan Cara yang Benar untuk Mencegahnya

Apakah kamu sering mengalami batuk berlendir yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 hari? Jika iya, sebaiknya segera periksa kondisi...

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Vertigo dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba pusing dan merasa benda di sekeliling kamu berputar, padahal sedang tidak terjadi apa-apa? Kalau kamu...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 4 Panduan dan Cara Diet OCD yang Benar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan program diet. Dari beberapa program...

Post Comment