Written by at April 14, 2020
Tips & Trik

Ini 7 Cara Mencuci Brokoli yang Benar Agar Higienis dan Tidak Berulat

Sebelum memasak, membersihkan sayuran dan bahan-bahan masakan lain adalah satu hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, banyak kotoran atau bahkan hama-hama yang masih menempel disayuran yang tidak baik untuk kesehatan jika sampai termakan. Apa lagi jika kamu ingin memasak brokoli. Bentuk daun brokoli yang padat membuatnya menjadi tempat tinggal yang baik bagi ulat-ulat. Maka tak jarang ketika mencuci brokoli kamu menemukan ulat di dalamnya. Namun kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar brokoli bersih dari ulat tetapi tekstrurnya tetap renyah dan segar ketika dimasak. Yuk, simak ini 7 cara mencuci brokoli yang benar agar higienis dan tidak berulat.

 

Ini cara mencuci brokoli yang benar

Cara Mencuci Brokoli yang Benar
Cara Mencuci Brokoli yang Benar Agar Higienis dan Tidak Berulat. (Foto: Pixabay)

1. Potong brokoli berdasarkan cabang-cabangnya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mencuci brokoli adalah memotong sayuran ini berdasarkan cabang-cabangnya. Pada umumnya, satu brokoli dapat dibelah menjadi empat sampai lima bagian. Cara ini berguna agar mempermudah kamu saat mencuci brokoli, selain itu potongan-potongan brokoli pun menjadi lebih bersih sempurna.

 

2. Periksa dengan teliti cabang-cabang brokoli

Setelah brokoli dipotong berdasarkan cabang-cababnya, selanjurnya kamu perlu memeriksa tiap potongan tersebut dengan teliti. Pastikan tidak ada kotoran atau hama yang tersangkut di dalamnya. Hal ini sangat penting untuk meninjau apakah ada ulat-ulat membandel yang sudah memakan sebagian dari cabang brokoli atau tidak.

 

Baca juga: 9 Resep Olahan Brokoli yang Sehat untuk Seluruh Anggota Keluarga

 

3. Siapkan air garam di dalam wadah

Cara mencuci brokoli selanjutnya adalah dengan menyiapkan air garam. Larutan air garam ini berguna untuk mengusir hama, termasuk ulat-ulat yang masih bersembunyi di sela-sela brokoli. Siapkan air garam di dalam wadah dengan sakaran kira-kira 1 sdm garam dengan 100 ml air bersih. Lalu, larutkan air garam secara merata.

 

4. Rendam brokoli di dalam larutan garam

Selanjutnya, masukkan brokoli ke dalam air larutan garam. Kemudian rendam kira-kira selama 5 sampai 10 menit. Kemudian lihatlah apabila ada ulat atau pun serangga lainnya yang mengapung di permukaan air.

 

Ingin mencoba cara mencuci brokoli yang benar ini di rumah? Jika kamu ingin mengolah brokoli, kamu bisa membeli brokoli segar dan berkualitas di Sayurbox. Jangan lupa, gunakan kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga, ya!

 

cara mencuci brokoli

 

5. Pisahkan brokoli dari air yang kotor

Jika terdapat ulat atau serangga di permukaan air, langsung angkat brokoli dari rendaman dan pisahkan dari hama atau ulat yang telah mengambang. Jangan rendam kembali brokoli tersebut di dalam air yang kotor, karena dapat menyebabkan ulat dan serangga kembali menempel ke dalam brokoli

 

6. Bersihkan brokoli manggunakan air yang mengalir

Setelah selesai direndam menggunakan air garam, cara mencuci brokoli selanjurnya adalah dengan membilasnya menggunakan air mengalir. Pastikan semua kotoran di sayur Borokoli sudah terangkat. Cuci brokoli dengan perlahan agar tidak merusak bagian daunnya dan agar menjaga tekstur brokoli tetap renyah dan segar.

 

Baca juga: Punya Kandungan Pencegah Kanker, Ini 12 Manfaat Brokoli yang Wajib Kamu Tahu

 

7. Tiriskan brokoli ke tempat yang kering

Setelah dicuci bersih dengan air mengalir, selanjutnya tiriskan brokoli dan simpan di tempat yang kering. Setelah ini, kamu disarakan untuk langsung memasak brokoli agar tekturnya masih renyah dan segar. Namun, jika kamu ingin menyimpan brokoli, sebaiknya simpan di tempat tertutup dan segera masukkan ke dalam kulkas. Cara ini dilakukan untuk menjaga brokoli tetap segar dan teksturnya renyah saat dimasak.

 

Ini alasan air garam efektif untuk mencuci brokoli

Cara Mencuci Brokoli yang Benar
Alasan air garam efektif untuk mencuci brokoli. (Foto: Pixabay)

Tekstur brokoli cenderung beruas-ruas, maka tidak cukup bila kamu hanya mencucinya dari luar saja. Dengan merendamnya menggunakan air garam, senyawa yang ada pada air garam tersebut akan menjangkau daerah-daerah yang tidak dapat tersentuh oleh tanganmu.

 

Ada kalanya, warna hijau dari ulat daun yang terdapat di sayur brokoli membuat kamu terkecoh dan menyangka bahwa brokoli tersebut sudah bersih atau bebas dari ulat. Maka dari itu, Sayurbox sangat merekomendasikan kamu untuk merendam brokoli menggunakan air garam terlebih dahulu sebelum dimasak.

 

Baca juga: 10 Resep Olahan Terong Ungu yang Nikmat untuk Keluarga

 

Pasalnya, kandungan di dalam air garam yang terbilang cukup kuat, serta tingkat kepekatannya yang melebihi air pada umumnya, sehingga membantu kamu memusnahkan ulat dan serangga dari dalam brokoli.

 

Merendam brokoli dengan air garam juga tidak akan mengubah rasa maupun tekstur dari brokoli itu sendiri ketika dimasak. Oleh karena itu cara mencuci brokoli ini terbilang cukup efektif untuk membuat brokoli tetap higienis dan bersih dari ulat. Selain itu, tekstur dan kesegaran brokoli pun tetap terjaga.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara mencuci brokoli yang benar ini di rumah? Jika kamu ingin mengolah brokoli, kamu bisa membeli brokoli segar dan berkualitas di Sayurbox. Jangan lupa, gunakan kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga, ya!

 

cara mencuci brokoli

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment