Written by at April 10, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

9 Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan & Kecantikan

Virgin coconut oil adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak. Minyak alami ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari. Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara menggunakan virgin coconut oil yang bisa kamu coba.

Kandungan virgin coconut oil kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak. Selain itu, virgin coconut oil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, lho. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meski memiliki begitu banyak manfaat, tetapi masih sedikit orang yang tahu cara memanfaatkan minyak alami ini dengan optimal. Kebanyakan orang hanya menggunakan virgin coconut oil sebagai pengganti minyak goreng saat memasak. Kamu ingin memanfaatkan virgin coconut oil tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak ini 9 cara menggunakan virgin coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu coba.

Ini cara menggunakan virgin coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan

1. Tambahkan virgin coconut oil untuk memaksimalkan program diet

cara menggunakan virgin coconut oil
Tambahkan virgin coconut oil untuk memaksimalkan program diet. (Foto: Pixabay)

Bagi kamu yang sedang melakukan program diet untuk mengurangi berat badan, kamu bisa memanfaatkan virgin coconut oil untuk memaksimalkan program diet kamu. Minyak kelapa ini memiliki kandungan asam lemak yang cepat diserap dan dapat meningkatkan jumlah pembakaran kalori di dalam tubuh.

Cara menggunakan virgin coconut oil untuk diet adalah dengan mencampurkannya pada makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Kamu bisa menambahkan 1 sdm virgin coconut oil pada satu porsi salad atau smoothie.

2. Gunakan sebagai cleansing oil untuk menghapus makeup

cara menggunakan virgin coconut oil
Gunakan sebagai cleansing oil untuk menghapus makeup. (Foto: Pixabay)

Penggunaan makeup yang berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan kulit, oleh karena itu sebaiknya bersihkan makeup dengan maksimal setelah beraktifitas. Masalahnya, terkadang pembersih wajah yang digunakan justru membuat kulit kering dan terasa tertarik. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, sebaiknya coba ganti pembersih makeup kamu dengan virgin coconut oil.

Cara mengunakannya cukup mudah, tuangkan minyak di telapak tangan kemudian oleskan perlahan ke bagian wajah yang ingin dibersihkan, terutama area mata. Virgin coconut oil juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan makeup waterproof, lho. Setelah itu usap-usap secara perlahan hingga sisa makeup luntur seluruhnya. Lalu, bersihkan sisa makeup menggunakan handuk yang telah direndam air hangat.

3. Pakai dalam rangkaian skincare agar kulit lebih lembap

cara menggunakan virgin coconut oil
Pakai dalam rangkaian skincare agar kulit lebih lembap. (Foto: Pixabay)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virgin coconut oil juga dapat kamu gunakan untuk melembapkan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya bersifat emollient, yaitu membantu mengisi kelembapan di antara sel kulit.

Kamu bisa menggunakan virgin coconut oil pada step terakhir di rangkaian skincare. Jika digunakan secara rutin, minyak alami ini dapat membuat kulit lebih lembap, terasa lembut, dan kenyal.

Baca juga: Mengenal Virgin Coconut Oil

4. Manfaatkan sebagai serum untuk mengatasi rambut rusak

cara menggunakan virgin coconut oil
Manfaatkan sebagai serum untuk mengatasi rambut rusak. (Foto: Pixabay)

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan rambut kering dan rusak, kamu juga bisa memanfaatkan virgin coconut oil sebagai pengganti serum perawatan rambut. Tuangkan dua sampai tiga tetes minyak kelapa ini di permukaan tangan.
Lalu, oleskan pada batang rambut dan diamkan semalaman. Ketika bangun pagi, bilas rambut dan keramas seperti biasa. Kadungan pelembap alami pada virgin coconut oil dapat membantu rambut lebih terhidrasi dan terjaga kilaunya.

Ingin langsung mencoba manfaat minyak alami ini di rumah? Yuk, beli virgin coconut oil di Sayurbox, sekarang! Cari tahu juga cara menggunakan virgin coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan lainnya di bawah ini.

5. Ganti minyak goreng dengan virgin coconut oil untuk masak deep fried

cara menggunakan virgin coconut oil
Ganti minyak goreng dengan virgin coconut oil untuk masak deep fried. (Foto: Pixabay)

Virgin coconut oil terdiri dari lemak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan tersebut menjadikannya salah satu lemak terbaik untuk memasak dengan suhu tinggi, termasuk menggoreng. Lemak jenuh dapat mempertahankan strukturnya ketika dipanaskan pada suhu tinggi, tidak seperti asam lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam minyak nabati.

Minyak yang terbuat dari jagung atau safflower dikonversi menjadi senyawa beracun ketika dipanaskan dan berpotensi memiliki efek berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, virgin coconut oil adalah alternatif yang lebih aman untuk memasak pada suhu tinggi, termasuk deep fried.

Baca juga: Segudang Khasiat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

6. Oleskan pada kulit untuk mengatasi iritasi dan eczema

cara menggunakan virgin coconut oil
Oleskan pada kulit untuk mengatasi iritasi dan eczema. (Foto: Pixabay)

Iritasi dan eczema adalah masalah kulit yang meresahkan. Untuk menanganinya pun tidak boleh sembarangan agar tidak memperparah kondisi kulit. Cara menggunakan virgin coconut oil untuk mengatasi iritasi dan eczema pada kulit yaitu dengan mengoleskan minyak alami tersebut pada area yang bermasalah. Oleskan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari agar hasilnya lebih optimal.

7. Gunakan untuk menggantikan massage oil

cara menggunakan virgin coconut oil
Gunakan untuk menggantikan massage oil. (Foto: Pixabay)

Tekstur virgin coconut oil yang lembut dan tidak lengket membuat minyak alami ini sangat sempurnya untuk dijadikan sebagai massage oil. Tuangkan virgin coconut oil secukupnya pada telapak tangan, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang bermasalah dan pinjat dengan lembut agar kulit tidak iritasi.

Baca juga: Ada 11 manfaat virgin coconut oil yang wajib kamu ketahui

8. Dijadikan deodoran natural dan tahan lama

cara menggunakan virgin coconut oil
Digunakan sebagai deodoran (Foto: Pixabay)

Coconut oil yang nanti akan luruh jika bertemu dengan suhu tubuh dijadikan salah satu alasan kenapa ini adalah bahan yang pas untuk membuat deodoran. Terbuat dari baking soda dan tepung jagung juga pastinya coconut oil, menghasilkan wangi alami kelapa dan menjaga ketiak tetap kering dan harum. Selain itu wanginya tahan lama bahkan jika digunakan untuk beraktifitas berat.

9. Bahan utama membuat pasta gigi sendiri

cara menggunakan virgin coconut oil
Jadikan bahan utama pasta gigi. (Foto: Pixabay)

Jangan salah, coconut oil merupakan salah satu bahan alami anti-mikrobial yang membunuh bakteri dan jamur juga menghentikan pertumbuhannya. Jadi wajar jika coconut oil digunakan untuk membuat pasta gigi sendiri. Tambahan pasta xilitol, essential oil seperti peppermint juga baking soda. Lebih alami dan membunuh bakteri di mulut lebih mudah.

Komposisi virgin coconut oil

  • Lemak jenuh: 92%
  • Lemak mono tidak jenuh: 6%
  • Lemak poli tidak jenuh: 2%

Nah, itulah cara-cara menggunakan virgin coconut oil. Jika ingin langsung mencobanya di rumah, kamu bisa membeli langsung virgin coconut oil di Sayurbox. Yuk, beli sekarang!

Related Articles

Sering Dijadikan Jamu, Ini 11 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun temurun sejak dahulu. Jamu sendiri...

10 Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas, tampilan dan bentuk kembang kol memang mirip dengan brokoli. Namun, perbedaan fisik yang paling mencolok dari keduanya adalah...

Jangan Dibuang, Ini 9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut,...