Written by at February 11, 2021
Tips & Trik

9 Cara Menghilangkan Bau di Ruangan Secara Alami

Berada di suatu ruangan yang mengeluarkan bau tak sedap, bau amis atau bau apek sangatlah tidak nyaman dan mengganggu indera penciuman kamu. Selain itu, salah satu ciri ruangan sehat adalah ruang yang bersih dan harum, ini dapat menciptakan suasana yang nyaman. Bau tak sedap di ruangan biasanya timbul dari hal-hal yang kotor. Yuk, simak 9 cara menghilangkan bau di ruangan secara alami di bawah ini.

 

Penyebab ruangan bau:

cara menghilangkan bau di ruangan
Cara Menghilangkan Bau di Ruangan Secara Alami. (Foto: Pixabay)
  • Ruangan dengan udara lembap bisa menjadi penyebab bau ruangan, yang biasanya akan menimbulkan bau apek yang sangat mengganggu. Udara ruangan yang lembap biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti ventilasi yang buruk, faktor cuaca, atap rumah yang bocor, hingga tembok rumah yang menyerap terlalu banyak air saat hujan.

 

  • Sampah dan kotoran yang menumpuk di dalam ruangan juga bisa menjadi sumber bau di rumah. Maka kamu wajib membersihkan rumah dari sampah dan kotoran setiap hari untuk menjaga sirkulasi udara di dalamnya.

 

  • Bangkai binatang yang tersembunyi di sela-sela bagian ruangan bisa jadi sumber aroma tidak sedap mengganggu di dalam ruangan. Hal ini memang susah terdeteksi sampai bangkai binatang tersebut membusuk. Untuk membersihkannya pun sulit karena baunya tidak tertahankan. Solusi adalah kamu harus jeli setiap kali membersihkan ruangan. Pastikan selalu mengecek berbagai celah-celah di dalam ruangan, seperti di belakang lemari atau timbunan barang di gudang, demi memastikan tidak adanya bangkai binatang yang tertinggal.

 

Ini Cara Menghilangkan Bau di Ruangan Secara Alami

 

1. Gunakan potongan lemon

Untuk mengharumkan udara di dalam ruangan, potong lemon menjadi dua dan letakkan potongannya di tempat yang tidak mencolok. Gosokkan sedikit vanilla pada bohlam lampu dan kehangatan bohlam akan mengharumkan udara. Saat cuaca cerah, buka saja jendela. Biarkan udara segar masuk dan mengeluarkan bau tak sedap.

 

2. Netralisir Bau Tak Sedap

Kebanyakan orang tahu bahwa menyimpan sekotak soda kue biasa di lemari es akan menetralisir bau tak sedap. Taburkan beberapa di bagian bawah tempat sampah dan ke dalam kantong sampah itu sendiri untuk hasil yang serupa. Setengah cangkir soda kue dalam dua liter air dan kain lembut atau sikat juga berfungsi dengan baik untuk membersihkan lemari es, serta menggosok dan menyegarkan bak mandi, ubin, bak cuci, saluran air, tempat sampah, dan mangkuk toilet. Untuk khasiat disinfektan yang lebih kuat, gosok dengan larutan cuka yang kuat.

 

Baca juga: 11 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

 

3. Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi adalah perlengkapan ruangan lain yang bisa menampung jamur, jamur, bakteri, dan sumber bau lainnya. Tuangkan 235 ml cuka ke dalam mangkuk. Semprotkan bagian luar kloset dengan cuka juga. Diamkan cuka selama 5 menit. Gosok bagian dalam kloset dengan sikat toilet, dan bersihkan bagian luar mangkuk dan kursi dengan kain atau handuk kertas. Siram toilet untuk menyingkirkan partikel yang mungkin telah dibersihkan.

 

Ingin mencoba cara menghilangkan bau di ruangan secara alami ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli produk segar berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

4. Bubuk Kopi

Bukan rahasia lagi, bahwa kopi bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap. Bubuk kopi segar akan menyerap bau yang tidak enak di ruanganm lemari es, microwave, atau lemari. Kandungan di dalamnya akan menyerap bau tak sedap itu dan memunculkan aroma wangi kopi. Letakkan kopi pada sudut ruangan dan diamkan selama 1-2 hari.

 

5. Rutin Membersihkan Tempat Sampah 

Rutin membersihkan tempat sampah juga menjadi salah satu cara menjaga kebersihan dan harum ruangan. Selain itu kamu juga dapat mengiling kulit jeruk sisa dalam pembuangan sampah untuk memberikan harum. Atau taburkan setengah cangkir garam ke saluran pembuangan, ini mengendurkan makanan berlapis dan membantu menetralkan bau.

 

Baca juga: 5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

 

6. Bersihkan Kerak Ruangan

Hapus kerak dari permukaan ruangan yang keras. Jamur memiliki bau tertentu yang dapat meresapi seluruh ruangan. Penting bagi kesehatan dan bau rumah kamu untuk mengatasi masalah jamur, seperti di kamar mandi, di ubin, di wastafel, atau di daerah lembab lainnya di ruangan. Untuk membunuh jamur, lakukan hal-hal ini;

 

Campurkan 235 ml cairan pemutih dan 3,8 L air dalam ember. Kenakan sarung tangan karet pelindung. Buka jendela untuk meningkatkan aliran udara. Celupkan sikat berbulu kaku ke dalam larutan pembersih. Gosok area yang memiliki kerak kotoran dengan sikat. Celupkan kuas kembali ke dalam larutan secara teratur saat kamu menggosok. Bilas area tersebut dengan spons basah.

 

7. Vakum Lantai dan Lapisan Furnitur

Karpet dan furnitur yang kotor dapat menampung bau tidak sedap yang membuat ruangan menjadi bau. Untuk menghilangkan debu dan partikel bau, bersihkan semua karpet di rumah dengan penyedot debu bersikat lebar. Untuk menghilangkan bau berdebu dan apek dari furnitur, vakum semua furnitur berlapis menggunakan penyedot debu.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Kamu Coba

 

8. Gunakan lilin aromaterapi

Untuk menghilangkan bau di ruangan kamu juga bisa menggunakan lilin aromaterapi. Lilin yang dibuat dari ekstrak bahan alami seperti tumbuhan atau buah-buahan ini terbilang cukup ampuh membuat aroma ruangan menjadi lebih segar. Tidak hanya itu, wangi dari lilin aromaterapi juga dapat memberikan efek positif pada tubuh. Seperi aroma lavender yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

 

9. Letakkan bunga segar

Cara lainnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau di ruangan secara alami adalah dengan meletakkan bunga segar di beberapa tempat strategis yang sering dilewati di rumah. Aroma alami dari bunga segar dapat membantu membuat ruangan menjadi lebih harum. Tak hanya itu, bunga segar juga dapat menambah dekorasi di rumahmu.

 

Jadi, sudahkah kamu mencoba 9 cara menghilangkan bau di ruangan secara alami ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli produk segar berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

Related Articles

Mulai Tahun Ini Coba 7 Alternatif Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

Minyak goreng merupakan salah satu bahan masak yang sering dipakai untuk menumis dan menggoreng. Minyak goreng yang dipakai sehari-hari...

Ternyata, Ini 18 Jenis Edible Flower yang Bisa Dimakan

Dari namanya saja, ‘edible flower’ alias bunga yang bisa dimakan. Bunga jenis ini nggak hanya berfungsi untuk hiasan tetapi pastinya...

9 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Benar agar Tidak Mudah Layu

Sayuran merupakan subutan dari bahan pangan asal tumbuhan, mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar maupun diolah...

Post Comment