Written by at February 21, 2020
Tips & Trik

Ini 7 Cara Menyimpan Daun Bawang yang Benar Agar Lebih Tahan Lama

Daun bawang sering dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap pada masakan. Bahkan, banyak pula yang menggunakan daun bawang sebagai penghias suatu masakan. Namun, seringkali ketika kita membeli daun bawang di pasar maupun supermarket, kita akan mendapatinya dalam bentuk paketan atau ikat yang berisi beberapa batang. Walaupun saat memasak kita hanya butuh 2-3 batang saja, tapi mau tidak mau kita harus membelinya satu paket, bukan? Daun bawang sangat cepat layu dan menguning. Jadi, sebaiknya harus segera diolah selagi segar atau disimpan dengan cara yang benar agar lebih tahan lama. Jangan khawatir, kamu bisa mencoba trik dan tips berikut ini. Daun bawang dapat disimpan di kulkas, dibekukan, atau dikalengkan untuk disimpan. Inilah cara menyimpan daun bawang yang benar.

 

Ini cara menyimpan daun bawang yang benar

Cara Menyimpan Daun Bawang
Cara Menyimpan Daun Bawang yang Benar Agar Lebih Tahan Lama. (Foto: Pixabay)

1. Disimpan dalam kantong plastik di kulkas

Cara menyimpan daun bawang yang pertama yaitu, tempatkan daun bawang tersebut di laci kulkas. Perlu diperhatikan, ketika dibiarkan terbuka di dalam kulkas, daun bawang akan mengeluarkan aroma tertentu yang dapat diserap oleh makanan-makanan lainnya di dalam kulkas.

 

Jadi, jika kamu berniat menggunakan daun bawang tersebut lagi nantinya, sebaiknya bungkus dengan rapi di dalam kantong plastik untuk mempertahankan kelembapan dan melindungi baunya. Ingat juga, jangan mencuci atau memotong daun bawang sebelum disimpan, sebab daun bawang akan menjadi cepat busuk.

 

Masukkan ke dalam kantong plastik berlubang, kemudian letakkan daun bawang di dalam laci kulkas. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan daun bawang tersebut selama sekitar 10 hari kemudian.

 

2. Disimpan di dalam freezer

Jika kamu masih memiliki banyak sisa daun bawang, kamu juga bisa menyimpannya di dalam freezer kulkas. Caranya yaitu, potong bagian akar dan belah batang daun bawang menjadi dua bagian. Selanjutnya, cuci daun bawang tersebut secara menyeluruh dan potong menjadi irisan.

 

Banyak orang meletakkan irisan daun bawang tersebut secara langsung di kantong plastik dan membiarkannya menjadi beku. Padahal, cara terbaik adalah dengan merebus air terlebih dahulu, memasukkan sedikit garam ke dalamnya, dan merebus daun bawang selama 30 detik hingga 1 menit.

 

Rebus sebelum pembekuan bertujuan untuk memastikan daun bawang tidak kehilangan warna hijaunya. Kamu bisa menyimpan daun bawang ini di dalam freezer selama sekitar 3 bulan. Namun, daun bawang beku biasanya akan kehilangan sebagian tekstur dan rasanya.

 

Baca juga: Supaya Tidak Busuk, ini 5 Cara Menyimpan Bawang Merah yang Benar

 

3. Disimpan di dalam air

Kamu juga bisa menyimpan daun bawang di dalam air agar lebih tahan lama. Cara ini bisa dilakukan jika kamu ingin mengonsumsinya dalam waktu 1 atau 2 hari kemudian.

 

Caranya yaitu, ambil botol berukuran besar dan tempatkan air dingin di dalamnya. Lalu, masukkan daun bawang tersebut ke dalam air di botol. Daun bawang pun akan tetap segar selama 2 hari.

 

Perlu diperhatikan, pastikan juga suhu dapur kamu tidak terlalu panas atau lembap, sebab jika tidak, daun bawang bisa layu. Jadi, letakkan botol air berisi daun bawang di tempat lain yang sejuk dan kering.

 

4. Disimpan di dalam toples

Kamu juga bisa menyimpan daun bawang di dalam sebuah toples. Caranya yaitu, siapkan panci yang berukuran cukup besar untuk menampung semua daun bawang. Lalu, isi dengan air dan tambahkan garam, kemudian didihkan.

 

Masukkan daun bawang ke dalam air mendidih dan rebus selama 30 detik. Siapkan juga mangkuk besar berisi air es yang cukup besar untuk menampung daun bawang.

 

Jika sudah mendidih, kemudian angkat daun bawang tersebut dengan cepat, keluarkan dari panci, dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi air es.

 

Gunakan saringan untuk memisahkan daun bawang dengan air, lalu setelah benar-benar sudah tersaring hingga kering, masukkan daun bawang ke dalam toples. Dengan cara ini, kamu dapat menggunakan daun bawang untuk 2-3 bulan ke depan.

 

Ingin mencoba cara menyimpan daun bawang ini? Yuk, beli dulu daun bawang segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

daun bawang

 

5. Disimpan di dalam botol

Kamu juga bisa menyimpan daun bawang di dalam botol. Berbeda dengan cara sebelumnya yang menggunakan air di dalam botol, cara yang satu ini tidak membutuhkan air. Langkah-langkahnya yaitu, siapkan sebuah botol bekas air mineral yang sudah dicuci bersih. Bersihkan semua sisa daun bawang dan iris hingga halus.

 

Jika sudah dibersihkan, kemudian keringkan daun bawang tersebut dengan serbet atau tisu, lalu masukkan ke dalam botol. Simpan daun bawang di dalam kulkas. Daun bawang yang sudah diiris dan disimpan di dalam botol akan bertahan kurang lebih hingga 3 minggu ke depan.

 

6. Disimpan dalam keadaan kering

Agar lebih tahan lama, daun bawang juga bisa disimpan dalam keadaan kering. Caranya yaitu, setelah sisa daun bawang yang akan disimpan telah dicuci bersih, lap daun bawang menggunakan tisu atau serbet yang bersih.

 

Lap hingga daun bawang benar-benar kering agar tidak cepat menguning. Tekan perlahan agar air terserap sempurna dan daun bawang tidak cepat rusak. Dengan menyimpannya dalam keadaan kering, daun bawang pun akan tetap segar dan bisa dipakai kembali di kemudian hari.

 

Baca juga: 11 Kegunaan Bawang Putih untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

 

7. Menyimpan bagian daun dan batangnya secara terpisah

Kamu juga bisa menyimpan bagian daun dan batang sayuran hijau yang satu ini secara terpisah agar lebih tahan lama. Tujuannya yaitu, karena bagian daun cenderung lebih cepat membusuk daripada bagian batang, sehingga jika disimpan secara bersamaan, maka bagian batang akan ikut membusuk dengan lebih cepat.

 

Nah, agar keduanya bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama dan tetap segar di kemudian hari, simpan bagian daun dan batang secara terpisah di dua wadah yang berbeda.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

Itulah tujuh cara menyimpan daun bawang yang benar agar lebih tahan lama. Cara-cara menyimpan daun bawang di atas dapat mempertahankan kesegarannya hingga beberapa hari dan bahkan hingga beberapa bulan ke depan. Selamat mencoba! Jangan lupa, cek juga kebutuhan sayur dan kebutuhan memasak lainnya hanya di Sayurbox, ya!

 

daun bawang

Related Articles

9 Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Melegakan dan Mempercepat Penyembuhan

Radang tenggorokan memang menjadi masalah yang cukup menyebalkan. Dikenal dengan nama ilmiah faringitis, ini adalah sebuah kondisi dimana...

7 Makanan Pasca Operasi Caesar Ini Membantu Proses Pemulihan

Ibu yang menjalani proses operasi caesar biasanya membutuhkan waktu lebih lama dibanding para ibu yang melahirkan secara normal. Biasanya,...

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 7 Makanan Setelah Melahirkan Ini

Melahirkan, adalah proses yang menguras banyak energi bagi tubuh. Proses persalinan dan kelahiran terjadi dalam hitungan jam, bahkan hingga...

Post Comment