Written by at February 15, 2020
Tips & Trik

Cari Tahu 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama

Pisang merupakan buah-buahan tropis yang popular dan mudah ditemukan di Indonesia. Kandungan nutrisinya yang begitu banyak seperti Karbohidrat, Kalsium, Betakarotein, Serat, Kalium, Vitamin B6, Vitamin C, dan berbagai antioksidan. Nutrisi pisang menjadikannya memiliki khasiat mengatasi tekanan darah tinggi, anemia, strok, kanker paru-paru dan lambung. Dengan menongsumsi buah pisang kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kamu. Jika kamu menyimpan buah pisang dalam waktu lama, buah ini cepat membusuk, kulitnya akan berubah warna dengan bintik cokelat, serta lembek. Maka sebelum kamu memakan atau ingin mengolah pisang, yuk, cari tahu 7 cara menyimpan pisang agar tahan lama di sini.

 

Ini cara menyimpan pisang agar tahan lama

Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama
Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dan Tidak Busuk. (Foto: Pixabay)

1. Memilih Kualitas Pisang Terbaik

Tahap terbaik untuk membeli pisang adalah ketika pisang berada tepat di tengah-tengah spektrum pematangan. Warna yang ideal kebanyakan kuning dengan sedikit hijau di kedua ujungnya. Pilih pisang yang masih sedikit tetapi tidak terlalu hijau untuk di simpan agar tahan lama.

 

2. Simpan Pisang di Suhu Ruang

Pisang harus disimpan pada suhu ruang jauh dari panas dan sinar matahari langsung. Kamu cukup menyimpan pisang di dalam ruangan pada suhu yang nomal agar warna kulit pisang tidak berubah.

 

Baca juga: 7 Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

3. Simpan Pisang Sendiri

Kamu harus menyimpannya sendiri dan tidak bersamaan dengan buah lainnya. Saat pisang matang, gas etilen pisang akan mempercepat pemasakan buah-buahan lain di sekitarnya. Gas etilen juga terdapat pada buah lainnya, seperti semangka, mangga, pir, dan nanas, sehingga apabila disimpan dalam tempat yang sama akan mempercepat pembusukan buah.

 

4. Tarik pisang terpisah dari tandannya

Jika pisang yang kamu punya sudah cukup matang, maka kamu bisa menjaganya tetap segar dan kuning lebih lama dengan menarik setiap pisang menjauh dari tandan. Ini akan membuat pisang tahan lebih lama.

 

Baca juga: Resep Butternut Gulung Pisang Kukus

 

5. Bungkus batang pisang dengan bungkus plastik.

Ini akan mencegah gas etilen, yang diproduksi secara alami selama proses pematangan, agar tidak mencapai bagian lain dari pisang dan membuatnya matang terlalu cepat. Kamu bahkan dapat meletakkan selotip di atas bungkus plastik untuk keamanan ekstra. Setiap kali Anda mengeluarkan pisang dari tandan, bungkus kembali dengan hati-hati.

 

Ingin mencoba cara menyimpan pisang agar tahan lama ini? Yuk, beli pisang segar dan berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

6. Masukkan pisang ke dalam kulkas

Jika kamu meniympan pisang yang sudah matang, masukkan pisang ke kulkas. Pendinginan memperlambat proses pematangan, tetapi tidak menghentikannya. Kulitnya akan terus berubah menjadi cokelat, tetapi buahnya akan tetap segar dan kencang selama 1 hingga 2 minggu. Dengan menyimpannya di lemari es akan menjaga rasa lezatnya lebih lama, meskipun kulitnya bisa berubah menjadi hitam.

 

Baca juga: 5 Alasan Pisang untuk Diet yang Sehat dan Seimbang

 

7. Gantung Pisang

Pasti kamu pernah melihat para penjual pisang menggantung pisang jualannya, karena cara ini memang menjaga pisang agar tahan lama. Dengan cara digantung, memungkinkan udara bersirkulasi dan menghindari resting bruises (memar istirahat) pada buah.

 

Jadi, apakah kamu sudah pernah mencoba cara menyimpan pisang agar tahan lama ini? Yuk, beli pisang segar dan berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

Related Articles

Ini 11 Makanan untuk Menambah Berat Badan yang Sehat

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan banyak orang. Bagi sebagian orang, menambah berat badan atau menambah massa otot bisa...

Ini 5 Cara Memotong Semangka yang Benar dan Mudah

Semangka merupakan salah satu buah yang dikenal karena kandungan airnya yang melimpah. Tidak hanya kaya akan air, semangka juga memiliki...

7 Tips Menjadi Reseller Sukses Tanpa Perlu Modal!

Menjadi reseller adalah salah satu model bisnis online yang kini sedang diminati. Selain prosesnya yang mudah dilakukan oleh siapa saja,...

Post Comment