Written by at September 11, 2020
Tips & Trik

Kenali 7 Ciri-Ciri Alpukat Mentega yang Matang dan Legit

Alpukat, dikenal sebagai buah yang kaya manfaat dan rasa yang nikmat. Di Indonesia, buah ini sangat mudah dijumpai dimana-mana, tersedia hampir sepanjang tahun. Akan tetapi, ternyata dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman tersendiri lho untuk memilih alpukat yang bagus, matang, serta tentu saja rasanya legit. Hal ini berlaku pula untuk jenis alpukat mentega yang tengah marak digemari oleh masyarakat saat ini. Alpukat mentega yang belum matang tentunya akan keras dan terasa lebih pahit. Bagi kamu yang ingin mengonsumsi alpukat mentega ataupun mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat, berikut ulasan mengenai ciri-ciri alpukat mentega yang matang.

 

Ini ciri-ciri alpukat mentega yang matang

 

1. Kulitnya berwarna hijau keunguan

ciri-ciri alpukat mentega
Cek warna kulit alpukat untuk tahu kematangannya. (Foto: Unsplash)

Untuk mengecek kematangan alpukat mentega, hal paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperhatikan warna kulitnya. Alpukat dengan warna kulit hijau mengindikasikan usia yang muda. Artinya, semakin hijau, maka semakin muda pula usia alpukat tersebut. Pastikan untuk memilih alpukat yang memiliki warna kulit ungu cerah dan mengkilap. Hindari memilih alpukat berwarna kulit ungu kusam dan lembek bila ditekan, karena beresiko terlalu matang dan mendekati busuk.

 

Jangan coba-coba untuk membelah alpukat hanya demi memastikan kematangannya. Sebab bila kulit alpukat terbuka ketika buah belum matang, maka hal ini akan mengganggu siklus kematangannya. Buah alpukat yang telah dikupas ini akan menjadi tidak matang-matang.

 

Bila kamu berencana untuk tidak langsung mengonsumsi alpukat mentegamu, maka pilihlah yang berwarna hijau, kemudian simpan secara tepat hingga kulitnya berubah warna tanda siap dikonsumsi.

 

2. Tekstur buah terasa empuk

ciri-ciri alpukat mentega
Cek tekstur alpukat untuk tahu kematangannya. (Foto: Pexels)

Selain dengan melihat warna kulit, cara lain untuk memastikan kematangan alpukat mentega adalah dengan mengecek teksturnya. Alpukat mentega yang sudah matang akan terasa empuk, tidak keras ataupun benyek. Ketika mengecek tekstur buah, pastikan untuk menggunakan cara yang benar.

 

Cara yang benar ketika mengecek tekstur buah ini adalah dengan menggunakan seluruh telapak tangan secara perlahan. Hindari menggunakan satu jari untuk menekan permukaan buah karena beresiko merusak buah. Selain itu, meraba dengan menggunakan seluruh telapak tangan akan membuatmu menghemat waktu karena dapat memeriksa lebih banyak alpukat mentega dalam waktu yang lebih singkat.

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

3. Tangkai alpukat mentega yang matang berwarna hijau

ciri-ciri alpukat mentega
Cek tangkai alpukat untuk mengetahui kematangannya. (Foto: Unsplash)

Ciri-ciri alpukat mentega untuk memastikan kematangannya adalah dengan memeriksa bagian tangkai buahnya. Apabila tersisa bagian batang dari tangkai alpukat, petiklah secara perlahan dan hati-hati. Hal ini bertujuan untuk mengecek lubang yang ditinggalkan oleh batang tangkai tadi. Lubang ini dapat menjadi indikator tingkat kematangan buah yang cukup efektif.

 

Bila warnanya hijau, berarti alpukat mentega telah matang secara sempurna. Namun bila warnanya cokelat muda, itu artinya alpukat masih belum matang. Sementara bila lubangnya memiliki warna cokelat gelap maupun hitam, maka artinya alpukat sudah terlalu matang.

 

4. Buah mudah dikupas dari kulitnya

ciri-ciri alpukat mentega
Kupas lpukat untuk tahu kematangannya. (Foto: Unsplash)

Apabila telah melakukan tahap-tahap diatas, kamu bisa memastikan kematangannya dengan mengupas alpukat. Cara mengupas alpukat mentega yang benar adalah dari tengah secara horizontal, bukan dari tangkai dan secara vertikal seperti yang banyak orang lakukan selama ini.

 

Apakah kamu ingin segera mengonsumsi alpukat mentega? Yuk, beli alpukat mentega yang matang dan legit di Sayurbox!

 

5. Daging alpukat mentega lembut dan bersih

ciri-ciri alpukat mentega
Cek daging buah alpukat untuk tahu tingkat kematangannya. (Foto: Unsplash)

Bila kamu memutuskan untuk membeli alpukat mentega dalam kondisi telah dikupas di supermarket, maka cara paling mudah untuk memastikan tingkat kematangannya adalah dengan mengecek fisik daging buahnya.

 

Alpukat mentega yang matang sempurna akan memiliki daging yang lembut dan bersih. Jika terlalu tua atau kematangan, biasanya daging alpukat mentega akan cenderung muncul banyak serat yang berwarna hitam.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

6. Biji buah mudah lepas dari dagingnya

ciri-ciri alpukat mentega
Cek biji alpukat untuk tahu tingkat kematangannya. (Foto: Pexels)

Ciri-ciri alpukat mentega lain yang dapat menjadi indikator tingkat kematangannya adalah bagian bijinya. Ini termasuk salah satu cara tradisional yang cukup efektif. Buah alpukat yang sudah matang biasanya memiliki kecenderungan biji buah yang mudah terlepas. Untuk mengetahui kualitas serta kematangan alpukat mentega, cukup goyangkan buah. Apabila terdengar bunyi yang menandakan biji buah goyang apalagi jatuh, maka alpukat mentega tersebut layak untuk dikonsumsi.

 

7. Mematangkan alpukat

ciri-ciri alpukat mentega
Tips mematangkan alpukat mentega. (Foto: Unsplash)

Bagaimana bila terlanjur membeli alpukat yang belum matang? Tenang, kamu tetap bisa mematangkan alpukat dengan cepat. Tipsnya, gunakan kaus kaki bersih untuk menyimpang alpukat, letakkan di tempat dengan suhu ruang. Atau, kamu juga bisa memasukkan alpukat ke dalam kantung kertas bekas kemasan kopi dan fast food.

 

Baca juga: 8 Alasan Alpukat untuk Diet Sehat dan Seimbang bagi Tubuh

 

Setelah mengetahui ciri-ciri alpukat mentega yang matang, apakah kamu ingin segera mengonsumsinya? Yuk, beli alpukat mentega yang matang dan legit di Sayurbox!

Related Articles

Ini 3 Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur Berikut Manfaatnya

Sereh merupakan salah satu bahan yang cukup populer di Indonesia. Seereh dikenal berkat khasiatnya yang beragam, mulai dari mengatasi...

Ini Fakta Tentang Sky Melon dan 9 Jenis Melon Lainnya yang Wajib Dicoba

Melon adalah salah satu buah yang termasuk dalam keluarga labu atau Cucurbitaceae. Di Indonesia, melon biasa disajikan sebagai makanan...

Yuk, Kenali 10 Bagian Daging Sapi Terbaik untuk Dimasak

Permintaan daging sapi di Indonesia tentunya akan selalu meningkat saat hari raya Idul Fitri tiba. Tidak seperti daging kambing atau domba,...

Post Comment