Written by at July 08, 2020
Tips & Trik

Ini 9 Jenis Bumbu Dapur yang Wajib ada di Rumah

Tidak hanya bahan utama, bumbu juga merupakan faktor penting yang menentukan kelezatan masakan. Sebagai orang Indonesia pasti kamu telah terbiasa dengan berbagai masakan yang kaya bumbu dan citarasa. Masakan Indonesia memang sangat terkenal dengan rasa yang kuat dan berbumbu. Tak heran, jika banyak orang yang menyimpan stok bumbu di dapur. Cara ini bisa memudahkan kamu saat memasak, sehingga kamu tidak perlu lagi mencari-cari bumbu yang tepat saat akan memasak. Untuk kamu yang gemar memasak terutama masakan Indonesia yang kaya citarasa dan rempah, ini 7 jenis bumbu dapur yang wajib ada di rumah.

 

Ini bumbu dapur yang wajib ada di rumah

 

1. Bawang merah dan bawang putih, wajib ada untuk penyedap rasa

Bumbu dapur yang wajib ada
Bawang merah dan bawang putih, wajib ada untuk penyedap rasa. (Foto: Pixabay)

Dua bumbu dapur utama yang sering digunakan adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini memiliki ciri khas rasanya masing-masing. Namun, keduanya memiliki fungsi yang hampir sama yaitu menyedapkan rasa masakan. Bawang merah cenderung Lebih dibandingkan bawang putih. Namun, bawang putih punya aroma yang cenderung lebih kuat.

 

Jika ingin menyimpan bawang merah dalam jumlah besar sebaiknya pisahkan dari bawang putih. Tempatkan duanya pada wadah yang berbeda. Pasalnya, perbedaan gas yang dikeluarkan oleh bawang merah dan bawang putih bisa memengaruhi proses pembusukan menjadi lebih cepat.

 

2. Merica, membuat citarasa lebih sedap

bumbu dapur yang wajib ada
Merica, membuat citarasa lebih sedap. (Foto: Pixabay)

Jika gemar memasak dengan citarasa yang pedas, bumbu dapur yang satu ini wajib ada di rumahmu. Merica atau yang juga dikenal sebagai lada merupakan bumbu dapur yang memiliki rasa pedas dan sedikit pahit. Biasanya lada digunakan untuk berbagai hidangan khas Indonesia, seperti sup ayam, ayam goreng, dan lainnya.

 

Lada yang biasa di gunakan di Indonesia biasanya adalah lada putih. Sedangkan di makanan Eropa atau Amerika biasanya mereka menggunakan jenis lada hitam. Dari segi rasa, keduanya bisa dikatakan hampir mirip. Hanya saja rasa lada hitam cenderung lebih kuat dan pedas dibandingkan dengan lada putih.

 

3. Jahe, selain untuk bumbu masakan juga menjadi minuman

bumbu dapur
Jahe, selain untuk bumbu masakan juga menjadi minuman. (Foto: Pixabay)

Jahe biasa dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan dan minuman herbal. Ada dua Jenis jahe yang populer, yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe merah mengandung minyak atsiri yang lebih tinggi dibanding jahe putih, oleh sebab itu mengeluarkan aroma dan rasa pedas yang juga lebih tinggi. Bentuk jahe merah cenderung mirip dengan lengkuas, jika bingung membedakan antara keduanya, coba cium aromanya. Rempah yang aromanya lebih kuat adalah jahe merah.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

4. Kunyit, warna dan rasanya khas

bumbu dapur
Kunyit, warna dan rasanya khas. (Foto: Pixabay)

Bumbu dapur yang satu ini dikenal karena warnanya yang khas. Kunyit hadir dengan warna kuning terang dan warnanya sangat menempel jika terkena kulit. Oleh karena itu, tak heran jika kunyit sering dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan. Selain itu, banyak orang juga mengenali kunyit dari rasanya yang khas. Kandungan pada kunyit juga dapat membantu untuk mengatasi perut kembung.

 

Sering memasak di rumah? Yuk, beli bumbu dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

 

5. Daun salam, membuat citarasa pada masakan lebih menarik

bumbu dapur yang wajib ada
Daun salam, membuat citarasa pada masakan lebih menarik. (Foto: Pixabay)

Bumbu dapur ini termasuk termasuk jenis daun rempah. Biasa juga dikenal dengan bay leaf, salah satu jenis daun yang paling sering digunakan dalam aneka masakan yang dibuat. Banyak yang menolak menggunakan daun salam karena tidak memberikan rasa yang spesifik, tapi disitulah keunggulan daun salam. Daun Salam tidak akan memberikan rasa yang kuat, hanya akan mendukung cita rasa dari masakan itu sendiri. Dengan adanya daun salam, citarasa masakan menjadi lebih menarik dan segar.

 

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

 

6. Kayu manis, buat aroma masakan lebih sedap

bumbu dapur yang wajib ada
Kayu manis, buat aroma masakan lebih sedap. (Foto: Pixabay)

Bumbu dapur yang satu ini sering digunakan untuk menambah citarasa pada kue, minuman, dan berbagai jenis masakan lainnya. Kayu manis memiliki aroma khas yang sedap. Dalam bahasa Inggris, kayu manis disebut sebagai cinnamon. Tidak hanya mampu menambah kelezatan pada masakan, kayu manis juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

 

7. Kemiri, menambah rasa gurih yang khas

bumbu dapur yang wajib ada
Kemiri, menambah rasa gurih yang khas. (Foto: Steemit : nauralatifa)

Bagi kamu yang gemar memasak pasti sudah mengenal jenis bumbu dapur yang satu ini. Kemiri adalah salah satu jenis rempah-rempah Indonesia yang sering digunakan sebagai penyedap berbagai jenis masakan. Kemiri memiliki rasa gurih yang khas. Rempah yang disebut sebagai candlenut dalam bahasa Inggris atau Aleurites moluccanus ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kemiri bermanfaat untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri sakit gigi.

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

8. Lengkuas, menambah sedap aroma masakan

 

bumbu dapur yang wajib ada
Lengkuas, menambah aroma sedap pada masakan. (Foto: Pixabay)

Lengkuas juga merupakan bumbu dapur yang digunakan pada masakan Indonesia. Biasanya penggunaan lengkuas ini berguna untuk memberikan aroma yang sedap pada masakan. Untuk menggunakan bumbu dapur ini, kamu hanya perlu membersikannya lalu menggeprek lengkuas agar aromanya keluar. Beberapa menu masakan yang menggunakan lengkuas antara lain adalah kari ayam, rendang, soto Betawie dan lainnya. Tidak hanya dapat menambah aroma sedap pada masakan, lengkuas juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Manfaat lengkuas untuk kesehatan diantaranya adalah mencegah penyakit kanker, meringankan gejala asama, juga membantu menghintikan diare.

 

9. Cengkeh, aroma khasnya buat masakan lebih nikmat

bumbu dapur yang wajib ada
Cengkeh, aroma khasnya buat masakan lebih nikmat. (Foto: Pixabay)

Hampir serupa seperti lengkuas, cengkeh juga banyak digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah aroma sedap pada masakan Indonesia. Aroma cengkeh yang sangat khas dapat membuat setiap masakan menjadi lebih nikmat. Tidak hanya banyak digunakan pada sajian makanan yang memiliki citarasa asin atau gurih, cengkeh juga sering digunakan untuk membuat kue-kue manis agar aromanya semakin sedap.

 

Jadi, sudahkah kamu menyimpan 7 bumbu dapur tadi di rumah? Yuk, beli berbagai bumbu dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

Ketahui 10 Jenis Pisang dan Cara yang Tepat untuk Mengolahnya

Pisang merupakan buah yang tumbuh subur di negara tropis. Pisang merupakan komoditas hortikultura keempat yang terpenting setelah beras,...

Yuk, Cari Tahu ini 9 Jenis-jenis Labu yang Bisa Kamu Konsumsi

Meski tidak asing di telinga dan lidah orang Indonesia, nyatanya masih banyak yang salah kaprah dengan labu. Seperti halnya tomat, buah...

Wajib Coba, 10 Jenis Kimchi yang Populer di Korea Selatan

Jika kamu bertanya kepada teman-temanmu, apa, sih, kudapan tradisional Korea Selatan yang kamu tahu? Pastinya kebanyakan akan menjawab...

Post Comment