Written by at January 18, 2021
Tips & Trik

15 Jenis Rempah-Rempah Indonesia yang Mampu Menyedapkan Masakan

Masakan Indonesia dikenal kaya citarasa. Salah satu alasannya adalah karena masakan Indonesia biasanya dibumbui dengan berbagai jenis rempah-rempah yang kaya rasa. Ada banyak rempah yang sering digunakan untuk menambah rasa pada masakkan, mulai dari rempah biji hingga rempah daun. Berbagai jenis rempah tersebut memiliki bentuk dan rasa yang berbeda-beda. Supaya kamu tidak salah ketika mengolahnya, yuk, cari tahu 15 jenis rempah-rempah Indonesia yang mampu menyedapkan masakan.

Ini rempah-rempah Indonesia yang mampu menyedapkan masakan

1. Daun salam, membuat citarasa pada masakan lebih menarik

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Daun salam, membuat citarasa pada masakan lebih menarik. (Foto: Pixabay)

Rempah-rempah Indonesia yang satu ini termasuk termasuk jenis daun rempah. Biasa juga dikenal dengan bay leaf, salah satu jenis daun yang paling sering digunakan dalam aneka masakan yang dibuat. Banyak yang menolak menggunakan daun salam karena tidak memberikan rasa yang spesifik, tapi disitulah keunggulan daun salam. Daun Salam tidak akan memberikan rasa yang kuat, hanya akan mendukung cita rasa dari masakan itu sendiri. Dengan adanya daun salam, citarasa masakan menjadi lebih menarik dan segar.

2. Jahe, sering digunakan untuk olahan minuman

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Jahe, sering digunakan untuk olahan minuman. (Foto: Pixabay)

Jahe biasa dikenal sebagai bumbu pelengkap masakan dan minuman herbal. Ada dua Jenis jahe yang populer, yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe merah mengandung minyak atsiri yang lebih tinggi dibanding jahe putih, oleh sebab itu mengeluarkan aroma dan rasa pedas yang juga lebih tinggi. Bentuk jahe merah cenderung mirip dengan lengkuas, jika bingung membedakan antara keduanya, coba cium aromanya. Rempah yang aromanya lebih kuat adalah jahe merah.

Selain kandungan minyak atsiri yang tinggi juga mengandung gingeol dan oleorosin yang juga tinggi dibanding jahe putih. Sisanya kandungan vitamin dan mineral pada jahe putih sama dengan pada jahe merah.

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

3. Kencur, memberi rasa segar pada sayuran bening

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Kencur, memberi rasa segar pada sayuran bening. (Foto: Dok. Sayurbox)

Rempah-rempah Indonesia yang mampu menyedapkan masakan selanjutnya adalah kencur, atau mungkin banyak yang mengenalnya lewat beras kencur. Rempah yang sering digunakan untuk memberikan kesegaran pada sayuran berkuah bening seperti bayam dengan jagung bening.

Bukan hanya itu kencur juga ternyata mengandung banyak manfaat dengan tingginya kandungan minyak atsiri didalamnya.  Manfaat rempah ini diantaranya dapat mengobati batuk, menghilangkan stress sampai mengobati diare. Karena kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan anti-bakteri.

4. Kemiri, memiliki rasa gurih yang khas

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Kemiri, memiliki rasa gurih yang khas. (Foto: Pixabay)

Bagi kamu yang gemar memasak pasti sudah mengenal jenis rempah yang satu ini. Kemiri adalah salah satu jenis rempah-rempah Indonesia yang sering digunakan sebagai penyedap berbagai jenis masakan. Kemiri memiliki rasa gurih yang khas. Rempah yang disebut sebagai candlenut dalam bahasa Inggris atau Aleurites moluccanus ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kemiri bermanfaat untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri sakit gigi.

Ingin coba mengolah masakan dengan rempah-rempah Indonesia ini? Yuk, beli rempah-rempah dan bumbu dapur segar lainnya di Sayurbox!

5. Kunyit, warna dan rasanya khas

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Kunyit, warna dan rasanya khas. (Foto: PIxabay)

Rempah-rempah Indonesia yang satu ini dikenal karena warnanya yang khas. Kunyit hadir dengan warna kuning terang dan warnanya sangat menempel jika terkena kulit. Oleh karena itu, tak heran jika kunyit sering dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan. Selain itu, banyak orang juga mengenali kunyit dari rasanya yang khas. Kandungan pada kunyit juga dapat membantu untuk mengatasi perut kembung.

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

6. Pala, bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Pala, bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh. (Foto: kitakini news)

Rempah yang disebut sebagai ground nutmeg dalam bahasa Inggris ini berasal dari tanaman pala. Biasanya buah dari tanaman ini diolah menjadi manisan. Kemudian bijinya sering digunakan untuk menyedapkan rasa masakan. Selain itu, biji pala juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh serta menjaga kesehatan metabolisme.

7. Kayu manis, punya aroma yang sedap

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Kayu manis, punya aroma yang sedap. (Foto: Pixabay)

Rempah-rempah Indonesia yang satu ini sering digunakan untuk menambah citarasa pada kue, minuman, dan berbagai jenis masakan lainnya. Kayu manis memiliki aroma khas yang sedap. Dalam bahasa Inggris, kayu manis disebut sebagai cinnamon. Tidak hanya mampu menambah kelezatan pada masakan, kayu manis juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

8. Sereh, sebagai pewangi masakan juga menambah rasa

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Sereh menambah aroma segar pada masakan. (Foto: Dok. Sayurbox)

Sereh atau dikenal juga dengan Lemongrass, ini karena sereh selain dijadikan rempah perasa makanan juga sebagai pemberi rasa citrus selain dari jeruk atau lemon. Menggunakan sereh pada masakan akan menambah aroma dan juga cita rasa segar yang kuat. Penggunaanya tinggal digeprek dan masak bersamaan dengan bumbu masakan.

9. Daun ketumbar, memperindah tampilan masakan

rempah-rempah Indonesia yang menyedapkan masakan
Daun ketumbar memperindah masakan. (Foto: Pixabay)

Dikenal juga dengan cilantro, daun dari ketumbar ini dikenal karena aroma yang harum dan menambah rasa segar pada masakan terutama makanan berkuah seperti sup atau bakso. Daun ketumbar digunakan sesaat sebelum penyajian makanan agar tetap fresh dan cita rasa tetap kuat.

10. Biji Ketumbar, yang selalu menambah rasa ekstra

jenis rempah rempah
Biji Ketumbar, yang selalu menambah rasa ekstra (Foto: Pixabay)

Biji ketumbar sekilas terlihat seperti biji lada, namun jangan salah ukurannya sedikit lebih kecil dibanding biji lada. Selain itu biji ketumbar mempunyai wangi yang khas anti pedas tidak seperti lada. Biji ketumbar biasanya digunakan dengan cara di sangrai dan dihancurkan terlebih dahulu, menambah rasa ekstra pada masakan.

11. Cengkeh, rempah timur dengan pedas khas

jenis rempah rempah
Cengkeh, rempah timur dengan pedas khas (Foto: Pixabay)

Cengkeh juga merupakan rempah Indonesia khas daerah timur khususnya Maluku. Cengkeh sering digunakan untuk menambah rasa pedas yang wangi dan alami untuk masakan berkuah seperti sup ayam. Cengkeh juga sering digunakan untuk obat herbal yang diminum untuk menghangatkan badan.

12. Kluwek, rempah khas pemberi warna hitam

jenis rempah rempah
Kluwek, rempah khas pemberi warna hitam (Fotos: Sayurbox)

Kalau dengan kluwek akan identik sekali dengan makanan khas pulau jawa yaitu Rawon. Kuah rawon yang berwarna hitam ini menggunakan kluwek untuk memberikan warna hitam. Namun, kluwek bukan sembarang rempah yang dapat digunakan. Kluwek yang salah diolah malah akan menjadi beracun. Namun, rawon tanpa kluwek bukan rawon namanya.

13. Lengkuas, ekstra rasa gurih pada masakan

jenis rempah rempah
Lengkuas, ekstra rasa gurih pada masakan (Foto: Sayurbox)

Kalau lihat lengkuas, akan salah diartikan sebagai jahe. Terkadang, sulit sekali membedakan jahe dan lengkuas. Namun lengkuas memiliki ciri khas sendiri yaitu ukuran yang relatif lebih besar dan daging yang berwarna putih dengan serat yang cukup besar pula. Lengkuas biasanya digunakan juga bersamaan dengan jahe untuk menambahkan rasa gurih yang ekstra pada masakan.

14. Kapulaga, rempah untuk aneka masakan

jenis rempah rempah
Kapulaga, rempah untuk aneka masakan (Foto: Pixabay)

Kapulaga sering ditemui sebagai rempah yang memberikan wangi dan cita rasa tegas pada hidangan manis seperti kue basah. Kapulaga atau cardamom sering digunakan pecinta kue untuk menambahkan rasa yang khas pada kue. Sekali gigit kue, sudah pasti tau kalau menggunakan kapulaga karena wanginya yang sangat khas.

15. Bunga Lawang, penyedap yang juga bahan herbal

jenis rempah rempah
Bunga Lawang, penyedap yang juga bahan herbal (Foto: Pixabay)

Bunga lawang atau dikenal dengan istilah star anise adalah rempah yang cukup khas karena bentuknya yang seperti bunga. Memiliki kemampuan untuk menjadi penyedap rasa masakan, selain itu khasiatnya juga tidak diragukan untuk kesehatan makanya sering dijadikan bahan utama untuk membuat teh alami.

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

Jadi, jenis rempah-rempah Indonesia mana yang sering kamu gunakan? Yuk, beli rempah-rempah dan kebutuhan dapur segar lainnya di Sayurbox!

Related Articles

Mulai Tahun Ini Coba 7 Alternatif Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

Minyak goreng merupakan salah satu bahan masak yang sering dipakai untuk menumis dan menggoreng. Minyak goreng yang dipakai sehari-hari...

Ternyata, Ini 18 Jenis Edible Flower yang Bisa Dimakan

Dari namanya saja, ‘edible flower’ alias bunga yang bisa dimakan. Bunga jenis ini nggak hanya berfungsi untuk hiasan tetapi pastinya...

9 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Benar agar Tidak Mudah Layu

Sayuran merupakan subutan dari bahan pangan asal tumbuhan, mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar maupun diolah...

Post Comment