Written by at February 18, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 7 Kandungan Selada Romain yang Baik untuk Kesehatan

Selada Romain merupakan salah satu selada yang umum dijumpai baik di pasar tradisional maupun pasar modern, tidak heran jika kemudian jenis selada ini menjadi selada paling populer. Jenis selada ini dapat tahan lama dan mempunyai tekstur yang renyah. Selada Romain kerap kali menjadi pilihan untuk menjadi pendamping pada salad, sandwich, atau resep lainnya. Karena rasa yang enak, mudah digunakan, dan fleksibel untuk dicampur dengan berbagai resep, selada Romain tidak pernah luput menjadi salah satu menu untuk diet juga, lho.

 

Tapi apa itu selada Romain? Jenis selada Romain (Lactuca Sativa L.) merupakan selada salad yang tumbuh tinggi dan berasal dari famili tumbuhan Longifolia/Asteraceae atau keluarga tanaman yang sama dengan jenis selada lainnya. Nama Romain sendiri menunjukkan bahwa selada Romain kemungkinan berasal dari Roma, namun jenis selada ini juga tumbuh dengan baik di wilayah Mediterania. Jumlah cairan pahitnya sendiri akan berkumpul ke bawah tangkai, sehingga beberapa orang membuang bagian daun yang tebal untuk menghindari kepahitan. Tidak hanya cocok untuk salad dan sandwich, ternyata selada Romain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

 

Ini kandungan selada romain yang baik untuk kesehatan

kandungan selada romain
Kandungan Selada Romain yang Baik untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Sumber Antioksidan Yang Sangat Baik Vitamin A dan Vitamin C

Menurut Dr. Axe, satu cangkir berisi selada Romain telah mengandung vitamin A sebesar 19% dari kebutuhan sehari kita dan vitamin C harian kita. Vitamin-vitamin ini sangat baik untuk pengaturan gen dan diferensiasi sel. Selain itu, kandungan vitamin tersebut berfungsi untuk menghentikan kerusakan akibat radikal bebas.

 

Selain itu, vitamin A dan C juga berperan untuk membantu penglihatan, menjaga kesehatan kulit. Kemampuan lainnya mempertahankan tulang yang kuat serta meningkatkan imunitas tubuh. Hasil studi juga menunjukkan bahwa vitamin ini membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Antioksidan juga akan mencegah penumpukan flek pada arteri, sehingga dapat mencegah pembekuan darah.

 

Baca juga: Dua Trik Cepat Membuat Camilan Wortel

 

2. Mengandung Fenolat Untuk Tidur Kita

Selain Vitamin A dan Vitamin C, biji dan daun selada ini telah ditemukan mengandung fenolat, yang sekarang digunakan untuk membuat ekstrak untuk berbagai keperluan, termasuk mengurangi stress oksidatif dan meningkatkan kualitas tidur.

 

3. Membantu Mencegah Osteoporosis

Selada Romain merupakan sumber vitamin K, vitamin yang membantu pembangunan tulang yang kuat. Menurut Dr. Axe, vitamin K dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis lebih baik daripada kalsium, lho! Selain membangun dan mempertahankan struktur kerangka yang sehat, vitamin K memainkan peran penting dalam pembekuan darah, mengobati memar, membantu dalam klasifikasi tulang, dan mencegah beberapa penyakit tertentu.

 

Ingin mencoba manfaat kandungan selada Romain ini? Yuk, beli selada Romain dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Folat dalam selada ini adalah jenis vitamin B yang digunakan oleh tubuh untuk mengubah homocysteine, yang ketika tidak berubah dapat menyebabkan masalah bagi jantung, termasuk pembuluh darah yang rusak dan penumpukan flek yang berbahaya. Nutrisi selada Romain seperti vitamin A dan vitamin C berperan dalam kesehatan jantung dengan oksidasi kolesterol dan menjaga pembuluh darah agar tetap kuat.

 

Baca juga: Keripik Wortel, Makanan Ringan Sehat

 

5. Membantu Memerangi Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa pigmen klorofil pada jenis selada dapat mengurangi risiko pengembangan kanker tertentu, termasuk kanker usus besar dan kanker hati. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa diet rendah sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

 

Antioksidan vitamin A dan C juga dapat membantu mengobati beberapa bentuk kanker. Kemampuannya berguna untuk mengendalikan sel-sel berbahaya dalam tubuh dan melindungi DNA dari kerusakan. Selain itu, diet antioksidan seperti vitamin A dan C yang ditemukan dalam selada Romain berkaitan dengan penurunan risiko kanker paru-paru, prostat, payudara, ovarium, kandung kemih, kanker mulut, dan kulit.

 

6. Membantu Menjaga Kehamilan yang Sehat

Menurut Dr. Axe, selada ini yang mengandung folat yang cukup terbukti dapat mencegah beberapa cacat lahir dan meningkatkan kehamilan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa folat melakukan ini dengan berkontribusi pada berat lahir janin yang memadai, pembentukan saraf yang lebih sehat, serta perkembangan wajah dan jantung janin yang lebih tepat. Wanita hamil yang kekurangan folat atau vitamin B9 dapat menyebabkan kecacatan pada saraf, seperti spina bifida.

 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Pengaruh Asupan Makanan untuk Kesehatan Mental

 

7. Membantu Pencernaan dan Kesehatan Usus

Kandungan air, mineral, dan tinggi akan serat. Selada Romain dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita juga serta membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat kandungan selada Romain ini? Yuk, beli selada Romain dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment