Written by at January 07, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Murah dan Menyehatkan, Ini 7 Kandungan Tahu yang Perlu Kamu Ketahui

Tahu adalah salah satu bahan makanan yang harganya tergolong cukup murah. Meskipun harganya murah, ternyata tahu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Maka tak heran jika bahan makanan yang terbuat dari perasan biji kedelain ini banyak digemari. Tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tahu juga mudah diolah untuk berbagai jenis panganan. Supaya bisa mendapatkan manfaat tahu dengan optimal, yuk, simak ini 7 kandungan tahu yang perlu kamu ketahui.

 

Ini kandungan tahu yang perlu kamu ketahui

kandungan tahu yang perlu kamu ketahui
Kandungan Tahu yang Menyehatkan Tubuh. (Foto: Pixabay)

 

Dalam setiap 100 gram tahu terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: 1 gram
  • Lemak: 4 gram
  • Mangan: 31% dari RDI
  • Kalsium: 20% dari RDI
  • Selenium: 14% dari RDI
  • Fosfor: 12% dari RDI
  • Tembaga: 11% dari RDI
  • Magnesium: 9% dari RDI
  • Besi: 9% dari RDI
  • Seng: 6% dari RDI

 

1. Tahu tinggi kalsium, baik untuk kesehatan tulang

Tahu merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi. Kandungan ini merupakan bahan utama yang membantu pembentukan tulang. Kekurangan kalsium dapat berpotensi mempercepat mengeroposan tulang atau osteoporosis pada usia lanjut. Selain itu, kalsium juga berguna untuk pembentukan tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi tahu sangat disarankan untuk anak-anak pada masa pertumbuhan.

 

2. Kaya serat yang baik untuk pencernaan

Kandungan tahu salah satunya adalah serat. Tingginya kandungan serat pada tahu sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Rutin mengonsumsi tahu agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Selain itu, manfaat tahu juga berguna untuk mengurangi risiko stroke, mengontrol gula darah, meredakan gejala sindrom iritasi usus, dan menurunkan risiko wasir.

 

Baca juga: Anti Gagal, Ini 5 Cara Membuat Tahu Bulat yang Kopong dan Garing

 

3. Kadungan isoflavon pada tahu berguna mencegah monopouse dini

Tahu memiliki kandungan isoflavon yang berguna untuk menyeimbangkan hormon esterogen selama masa pra monopouse. Kandungan ini adalah senyawa nabati yang mampu membuat hormon esterogen lebih seimbang. Oleh karena itu, kandungan tahu yang satu ini sangat penting bagi perempuan untuk mencegah monopouse dini.

 

4. Zat besi bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah

Selain tinggi serat, kandungan tahu lainnya adalah zat besi. Kandungan tersebut dapat membantu untuk pembentukan sel darah, sehingga sangat baik untuk kamu yang menderita anemia. Rutin mengonsumsi tahu bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah. Pasalnya, kekurangan zat Besi dapat menyebabkan penuruhan darah merah.

 

 

Ingin mulai mengonsumsi tahu? Yuk, beli tahu di Sayurbox! Cari tahu juga tiga kandungan tahu lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

 

5. Mengandung Omega-3 untuk mengurangi depresi dan peradangan

Tahu juga terbukti banyak memiliki kandungan omega-3. Kandungan tahu tersebut membuat tahu sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan, terutama untuk mengurangi depresi dan peradangan. Konsumsi tahu secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

 

Baca juga: 10 Olahan Tahu Putih yang Enak dan Mudah Dibuat Oleh Anak Kost

 

6. Memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit

Kandungan tahu lainnya yaitu antioksidan. Kandungan ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi tahu bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, sehingga kulit kamu tetap terjaga kesehatan dan terhindar dari penuaan dini.

 

7. Rendah kalori, baik untuk menjaga berat badan

Kandungan tahu cenderung rendah kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang dalam program diet mengontrol atau mengurangi berat badan. Nutrisi yang terkandung di dalam tahu juga dapat membantu menghasilkan energi, sehingga menekan nafsu makan dan membuat rasa kenyang lebih lama.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Tahu Crispy, Camilan Kekinian yang Banyak Digemari

 

Jadi, apakah kamu ingin mendapatkan manfaat dari kandungan tahu tadi? Yuk, beli tahu di Sayurbox!

Related Articles

Sebelum Rutin Mengonsumsi, Cari Tahu 7 Manfaat Granola yang Baik untuk Kesehatan

Granola adalah salah satu oalahan makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, dan buah kering. Biasanya granola juga ditambahkan...

Wajib Tahu 11 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Extra Virgin Olive Oil (EVOO) atau minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak tersehat di dunia. Bahkan, orang cenderung hidup lebih...

15 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Cuka telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai keperluan memasak dan keperluan rumah tangga lainnya. Jenis cuka yang terpopuler...

Post Comment