Written by at May 18, 2020
Tips & Trik

Ini 7 Makanan Untuk Penderita Muntaber yang Baik Dikonsumsi

Gangguan pencernaan seperti muntaber tentu tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, tubuh penderita akan merasa kelelahan, lemah, serta berisiko mengalami dehidrasi. Gejala penyakit ini biasa ditandai dengan munculnya reaksi tubuh seperti muntah dan diare di waktu yang berdekatan. Gejala diare yang diakibatkan muntaber biasanya muncul dalam rentan waktu 1-3 hari setelah virus ataupun bakteri menginfeksi sistem pencernaan penderita. Setelah itu, gejala-gejala lainnya seperti demam, mual, kram perut, dan menggigil akan terjadi setelah itu. Ada beberapa makanan untuk penderita muntaber yang dianjurkan agar kondisi tubuh tidak semakin parah.

 

Selain itu, penyebab muntaber cukup beragam. Tidak hanya karena infeksi virus dan bakteri di saluran pencernaan saja, zat racun dan bahan kimia yang masuk tanpa sengaja masuk ke sistem pencernaan juga bisa menjadi pemicunya. Beberapa kasus muntaber lainnya juga bisa terjadi karena reaksi obat-obatan tertentu. Apabila saat ini kamu mengalami masalah tersebut, berikut ini adalah tujuh makanan untuk penderita muntaber yang baik dikonsumsi. Yuk, simak di bawah ini!

 

Ini makanan untuk penderita muntaber

makanan untuk penderita muntaber
Makanan Untuk Penderita Muntaber yang Baik Dikonsumsi. (Foto: Pixabay)

1. Air Kelapa

Jika tidak ditangani dengan segera, muntaber bisa membuat tubuh penderitanya mengalami dehidrasi serius. Padahal, cara untuk meredakan muntaber yaitu dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Untuk itu, banyak tenaga medis yang menganjurkan para penderitanya mengonsumsi banyak cairan demi mencukupi kebutuhan elektrolit dalam tubuh.

 

Salah satu sumber elektrolit terbaik bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi air kelapa. Air kelapa sendiri dikenal karena kandungan komposit elektrolit yang lengkap, seperti kalium, natrium, magnesium, serta kaya akan karbohidrat.

2. Semangka

Selain air kelapa, buah semangka juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan, khususnya ketika kamu menderita muntaber. Hal ini tidak lain karena semangka mengandung komposisi 92% air sehingga sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Dalam setiap 154 gram buah semangka, terkandung 118 ml air atau setara dengan setengah gelas lebih.

 

Kandungan lain seperti seperti vitamin A, vitamin C, dan antioksidan di dalamnya juga baik untuk menenangkan kondisi perut. Sebenarnya tidak hanya semangka saja, buah-buahan yang kaya akan kandungan air lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mempercepat proses hidrasi.

 

Baca juga: 7 Manfaat Semangka Kuning dan Kandungan Nutrisinya

 

3. Pisang

Selain rasanya yang manis dan mengenyangkan, buah pisang juga dikenal baik untuk pencernaan karena teksturnya yang halus dan mudah dicerna. Uniknya, buah ini termasuk salah satu buah yang direkomendasi untuk mengatasi muntaber. Hal itu tidak lain karena pisang mengandung kalium, pektin, vitamin B6, vitamin C, folat, karbohidrat kompleks, dan kaya akan serat.

 

Kalium sendiri sangat baik untuk mengembalikan nutrisi yang terbuang karena diare berlebih sebagai gejala terjadinya muntaber. Di sisi lain, pisang mampu mengikat tekstur feses menjadi lebih padat sehingga proses pembuangan menjadi normal.

 

4. Blewah

Selain semangka, rekomendasi buah kaya akan air lainnya yaitu Blewah. Buah ini juga dikenal mampu menghidrasi tubuh karena mengandung sekitar 90% mineral atau setara dengan setengah gelas air 118 ml. Apalagi, blewah juga mengandung serat dan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan para penderita muntaber.

Ingin mencoba makanan untuk penderita muntaber ini? Kamu bisa membeli beragai buah dan sayuran segar untuk mengatasi muntaber di Sayurbox. Yuk, cek produknya!

 

makanan untuk penderita muntaber

5. Kentang

Tak hanya buah-buahan saja, umbi seperti kentang juga baik dikonsumsi bagi para penderita muntaber. Hal ini tentu karena kandungan karbohidrat dalam kentang lebih mudah dicerna dibanding sumber karbohidrat lainnya.

 

Selain itu, kentang juga tinggi akan elektrolit dan kalium. Kedua kandungan ini sangat dibutuhkan sebagai sumber energi sekaligus mampu membantu melawan bakteri buruk penyebab terjadinya muntaber.

 

Baca juga: Agar Nutrisinya Tetap Terjaga, Ini 5 Cara Mengolah Kentang yang Sehat

 

6. Telur

Mungkin kamu tidak akan mengira, ternyata telur termasuk salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh para penderita muntaber. Hal ini tidak lain karena tinggi kandungan protein dan lemak di dalamnya.

 

Selain bisa membantu membuat perut kenyang, rasa sakit dan tidak nyaman yang diakibatkan diare selama masalah muntaber berlangsung bisa diminimalisir. Meredanya masalah tersebut tidak lain karena kandungan lemak pada telur bisa membantu menetralkan asam di lambung.

 

7. Kaldu atau Sup Ayam

Tak jauh berbeda dengan telur, kandungan lemak pada kaldu atau sup ayam juga sama baiknya. Pasalnya, kandungan pada makanan ini bisa menjadi penyembuh alami dalam mengurangi derita diare akibat muntaber. Selain rasanya yang gurih dan nikmat, sup ayam yang hangat juga bisa membantu membunuh bakteri penyebab diare dan mengurangi rasa perih dan melilit di perut.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Gurih dan Lezat di Rumah

 

Nah, itulah tujuh makanan untuk penderita muntaber yang baik dikonsumsi. Apabila gejala yang kamu alami masih tergolong ringan, sebaiknya hindari obat-obatan kimiawi dan cobalah mengonsumsi makan-makan tersebut terlebih dahulu.

 

Namun, apabila gangguan tersebut cukup kronis, segera hubungi tenaga medis terkait. Kondisi tersebut bisa dikatakan kronis apabila diare dan muntah terjadi lebih dari dua hari. Bahkan, beberapa penderita bisa mengalaminya hingga 10 hari lamanya.

 

Jika hal itu terjadi pada diri kamu, pastikan tetap menjaga asupan cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan untuk penderita muntaber yang disarankan di atas. Jika kamu ingin membeli makanan-makanan tersebut, kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

makanan untuk penderita muntaber

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment