Written by at October 15, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 9 Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tubuh membutuhkan banyak vitamin untuk dapat berkerka dengan optimal dan tetap dalam kondisi prima. Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin K. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh VitaK dan Cardiovascular Research Institute CARIM, Maastricht University, Belanda disebutkan bahwa vitamin K memegang peranan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang serta jantung. Meskipun kasus kekurangan vitamin K jarang terjadim namun kurangnya asupan vitamin K dapan mengganggu kesehatan kamu dalam jangka panjang. Mulai dari dapat menyebabkan pendarahan, melemahkan tulang, bahkan hingga berpotensi meningkatkan resiko sakit jantung. Oleh karena itu, yuk, mulai konsumsi 9 makanan yang mengandung vitamin K dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan.

 

Ini makanan yang mengandung vitamin K dan manfaatnya untuk kesehatan

 

Makanan yang Mengandung Vitamin K
Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Manfaatnya untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Kale, rajanya vitamin K

Kale adalah sayur yang juga disebut sebagai rajanya vitamin K. Pasalnya, kale sangat kaya akan kandungan vitamin K. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada kale juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Rutin mengonsumsi kale dapat membuat tulang kuat dan mencegah keropos pada tulang.

 

Kale memiliki senyawa yang dikenal baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu, manfaat kale juga berguna untuk membantu menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

 

2. Bayam, setelah dimasak kandungan vitamin K-nya meningkat

Bayam memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Bayam juga memiliki kandungan mineral-mineral utama seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

 

Dalam setengah mangkuk bayam matang terkandung tiga kali lebih banyak vitamin K dibandingkan dengan bayam mentah. Oleh karena itu, untuk mendaptkan manfaatnya coba olah bayam menjadi sup yang dipadukan dengan jagung, dapat pula ditumis, dan dapat diolah menjadi camilan sehat yaitu keripik bayam.

 

Baca juga: Cegah Penularan Virus, Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

3. Kubis, mencukupi kebutuhan vitamin K harian

Kubis hampir tidak mengandung lemak dan sarat dengan mineral dan vitamin bermanfaat, termasuk kalsium, potasium, folat dan vitamin A dan K. Sayuran rendah lemak ini bahkan menjadi salah satu yang paling banyak mengandungn vitamin K. Tidak mengherankan, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kubis dapa mencukupi kebutuhan vitamin K harian.

 

4. Brokoli, olahan sehat untuk seluruh keluarga

Selain kale, sayuran lain yang juga kaya akan kandungan vitamin K adalah brokoli. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin K, kalsium, kalium, dan magnesium yang cukup baik. Bahkan, secangkir brokoli mengandung 270 persen vitamin K yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Kandungan tersebut diyakini mampu menjaga kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis.

 

Ingin mencoba makanan yang mengandung vitamin K? Yuk, lengkapi persediaan makanan yang mengandung vitamin K kamu dari Sayurbox!

 

 

5. Selada, sayur dengan kandungan vitamin K yang paling populer

Berbagai macam sajian mulai dari yang lokal hingga taraf Internasional pasti ada saja yang menggunakan Selada sebagai bahan dasarnya. Tak heran, selada menjadi sayuran dengan kandungan vitamin K yang paling populer. Teksturnya yang berserat dan rasanya yang menyegarkan membuat Selada sering dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan.

 

Tetapi, ada juga rahasia lain dari Selada, yaitu kandungan lemak Omega 3 dan Omega 6 di dalamnya. Kandungan tersebut menjadikan selada sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubu . Kamu pun dapat menikmatinya dengan berbagai cara, di konsumsi secara mentah agar lebih terasa kerenyahannya atau di tumis agar lebih sedap dan lembut.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

6. Edamame, enak untuk camilan sehat

Siapa sangka, ternyata sayuran yang termasuk golongan kacang-kacangan ini juga memiliki kandungan vitamin K. Selain itu, sayuran yang biasa digunakan untuk menjadi side dish pada makanan Jepang tersebut mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat melindungi kita dari efek pengaruh cuaca yang tidak menentu. Cara penyajian edamame pun sangat mudah, hanya dengan merebus Edamame di air mendidih serta menambahkan garam atau tumisan bawang putih sebagai penyedap, maka Edamame anda siap disantap.

 

7. Blueberries, segar dan menyehatkan

Buah mungil yang sering dijadikan selai ini memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan kulit. Blueberries dikenal kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi dari penuaan dini akibat radikal bebas, stres, dan polusi. Tidak hanya itu, blueberries juga memiliki kandungan vitamin K yang juga berguna untuk kesehatan darah dan tulang.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

8. Wortel, baik untuk metabolisme

Tidak hanya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, wortel juga ternyata kaya akan vitamin K. Kamu bisa menjadikan wortel sebagai jus yang diminum pada pagi hari untuk menjaga kesehatan metabolisme. Selain itu, wortel juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari sup hingga cake atau makanan penutup.

 

9. Labu, kaya serat dan vitamin K

Untuk memenuhi asupan vitamin K pada tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi labu. Pasalnya, labu mengandung banyak serat dan vitamin K. Kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam labu dapat membantu meningkatkan imunitas di dalam tubuh, sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.

 

Jadi, makanan yang mengandung vitamin K mana favorit kamu? Yuk, lengkapi persediaan makanan yang mengandung vitamin K kamu dari Sayurbox!

 

 

Related Articles

10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia....

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Post Comment