Written by at November 11, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Menyegarkan, Ternyata Ini 10 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

Manfaat cincau hijau sebagai pereda panas dalam mungkin sudah menjadi rahasia umum. Namun, tahukah kamu? Ternyata selain bisa melegakan dan menyegarkan tenggorokan, cincau hijau juga mengandung berbagai manfaat baik lainnya untuk kesehatan, lho.

 

Untuk membuat cincau hijau, ada dua jenis daun yang bisa kamu gunakan. Pertama, yaitu tanaman cincau hijau menjalar atau Cyclea barbata. Untuk daun yang satu ini, sekilas memang mirip seperti daun sirih, namun sedikit lebih lonjong. Untuk tanaman kedua yaitu cincau perdu atau Melastoma polyanthum. Daun tersebut nantinya akan diperas dan air perasannya tersebutlah yang akan mengeras dan berubah tekstur menjadi seperti jelly.

 

Nah, air perasan yang berubah menjadi jelly itulah yang disebut dengan cincau. Untuk cincau hijau sendiri umumnya disajikan dengan tambahan air gula merah, santan, dan parutan es di atasnya. Cara penyajian lainnya yaitu dijadikan es campur atau ditambah dengan sirup buah. Untuk kamu yang penasaran dengan manfaat dari cincau hijau, berikut ini adalah tujuh manfaat cincau hijau untuk kesehatan.

 

Ini manfaat cincau hijau untuk kesehatan

manfaat cincau hijau
Manfaat cincau hijau untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Mencegah penyakit kanker

Siapa sih yang tidak takut jika mendengar penyakit berbahaya yang satu ini? Tidak hanya bisa merusak organ tubuh yang diserangnya, penyakit yang diakibatkan oleh virus ini juga bisa meregang nyawa penderitanya.

 

Meski terbilang menakutkan, sejatinya kanker sebenarnya bisa kamu cegah. Salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya penyakit tersebut yaitu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

 

Salah satu sumber antioksidan alami tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi cincau hijau. Antioksidan akan bekerja dengan menangkal berbagai serangan radikal bebas yang menyerang dan melumpuhkan sel-sel di tubuh kamu. Dengan terproteksi sel-sel tubuh dari serangan tersebut, maka peluang timbulnya kanker pun dapat diminimalisir.

 

2. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang terganggu, tentunya bisa mengganggu kerja organ tubuh vital lainnya, contohnya jantung. Tidak hanya mengandung antioksidan alami, cincau hijau juga dikenal karena mengandung senyawa klorofil.

 

Fungsi klorofil sendiri tidak lain sebagai antibiotik alami yang berfungsi dalam menangkal virus serta polutan dalam tubuh yang mengganggu jalannya peredaran darah dan aliran darah.

 

Baca juga: Ini 5 Cara Membuat Cincau Hijau yang Baik untuk Kesehatan

 

3. Menurunkan demam

Tidak hanya membuat mulut dan tenggorokan segar, cincau hijau juga memiliki manfaat unik lainnya seperti menurunkan demam. Kandungan saponin yang ada di dalamnya diyakini berkhasiat untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Selain mengonsumsinya, kamu juga bisa merebus tiga lembar daun cincau hijau hingga masak, lalu minum dua kali sehari. Lakukan secara rutin hingga demam terasa membaik.

 

4. Menstabilkan kadar gula darah

Meningkatnya kadar gula darah tentunya tidak boleh dianggap remeh. Masalah ini bisa diminimalisir dengan cara menstabilkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu caranya bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Bisbenzilsokuinolin klorofil.

 

Kandungan yang juga bisa ditemui dalam cincau hijau ini dipercaya mampu menekan dan menstabilkan kadar gula darah yang meningkat. Meskipun cincau hijau memiliki manfaat tersebut, tetap saja kamu juga harus mengontrol pola makan sehat dan membatasi asupan gula dari setiap makanan yang kamu konsumsi.

 

Ingin merasakan manfaat cincau hijau? Yuk, beli cincau hijau segar dan berkualitas di Sayurbox!

 

manfaat cincau hijau

 

5. Mengatasi darah tinggi atau hipertensi

Masih dalam masalah yang sama, namun lebih kepada tensi darah itu sendiri. Ketika tensi darah meningkat, maka jika dibiarkan dan memburuk bisa memicu masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, ginjal, dan stroke.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa rutin mengonsumsi cincau hijau karena senyawa S-S tetandrin di dalamnya diyakini bisa membantu kamu melebarkan pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat lebih lancar dan kembali normal. Selain itu, perhatikan dan batasi asupan garam pada setiap makanan yang kamu konsumsi.

 

Baca juga: 10 Resep Dessert Mudah dan Sehat untuk Dicoba di Rumah

 

6. Mengatasi gangguan pada lambung

Gangguan pada lambung umumnya terjadi pada lapisan dalam  perut sehingga membuat penderitanya merasakan rasa sakit. Ternyata, kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya berperan baik dalam membantu senyawa klorofil meringankan dan mengatasi masalah gangguan pada lambung.

 

7. Mengatasi masalah pencernaan seperti diare

Munculnya diare memang bisa diakibatkan beberapa hal. Entah karena makanan yang kamu konsumsi terkontaminasi oleh bakteri, ataupun bisa juga karena hal lainnya. Selain membuat perut terasa tidak nyaman, diare juga bisa memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh.

 

Salah satu kandungan pada cincau hijau seperti vitamin B, vitamin C, dan alkaloid ternyata berkhasiat dalam meringankan dan mengatasi masalah diare, lhoPerlu diperhatikan, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi cincau hijau dalam keadaan dingin jika mengalami masalah yang satu ini.

 

8. Mengatasi sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, aktivitas sehari-hari dapat terganggu. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, mengonsumsi cincau hijau dapat menjadi solusinya.

 

Cincau hijau mengandung kalsium, fosfor, dan karbohidrat serta vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C yang dipercaya dapat menghilangkan sakit tenggorokan.

9. Mencegah osteoporosis

Untuk menghindari osteoporosis di hari tua, mengonsumsi cincau hijau sehari-hari dapat menjadi salah satu pilihan. Cincau sangat kaya akan senyawa kalsium fosfat yang terbentuk dari kalsium dan fosfor. Senyawa ini sangat berguna untuk menguatkan dan menutrisi tulang.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain manfaat dapat mengatasi berbagai macam penyakit, cincau hijau juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga tubuh menjadi kuat kebal terhadap radikal bebas. Mengonsumsi cincau akan bermanfaat untuk melindungi seluruh tubuh.

 

Baca juga: 15 Resep Es Campur yang Sehat

 

Itulah sepuluh manfaat cincau hijau untuk kesehatan. Siapa sangka, cincau hijau yang pembuatannya begitu sederhana ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jika kamu memiliki salah satu masalah tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba dan rutin mengonsumsi cincau hijau setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa membeli cincau hijau berkualitas di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang. Semoga bermanfaat, ya!

manfaat cincau hijau

(Siti Kamilla)

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment