Written by at September 11, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Ikan gindara adalah salah satu jenis ikan yang sering diolah tanpa tulang atau fillet. Jenis ikan ini sekilas mirip dengan ikan tongkol, begitu juga rasa dan tekstur dagingnya yang hampir sama dengan ikan tongkol. Meskipun hampir sama, namun kandungan ikan gindara dan tongkol cukup berbeda. Ikan gindara cenderung memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan tongkol. Tak heran jika ikan gindara sering disebut sebagai ikan yang berfungsi sebagai obat. Kandungan minyak dari ikan gindara mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga sangat ampuh untuk menjaga kesehatan jika rutin dikonsumsi sesuai takaran. Selain itu, masih banyak lagi kebaikan ikan gindara bagi tubuh. Yuk, simak ini 7 manfaat ikan gindara untuk kesehatan yang bisa kamu coba.

 

Kandungan Nutrisi Ikan Gindara:

  • Lemak jenuh: 2,29%
  • Minyak tak jenuh tunggal (Mono Unsaturated Fatty Acid – MUFA): 88,7%
  • Lemak tak jenuh (Poly Unsaturated Fatty Acid – PUFA): 8,9%
  • Omega 9: 95%
  • DHA: 2,95%

 

Ini manfaat ikan gindara untuk kesehatan

 

manfaat ikan gindara untuk kesehatan
Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba. (Foto: The Fish Society UK)

1. Membantu meningktakan sistem kekebalan tubuh

Keunggulan utama ikan gindara yaitu kandungan minyak di dalamnya. Minyak alami yang dihasilkan dari ikan gindara berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Oleh karena itu kandungan minyak ikan gindara ini mampu mencegah berbagai penyakit yang menyerang sistem imun atau melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

Saat cuaca sedang tidak menentu, seperti musim kemarau atau musim hujan, ada baiknya kamu rutin mengonsumsi ikan gindara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi beberapa iris ikan gundara dapat membantu mencegah penyakit seperti influenza, batuk, TBC, demam, dan lainnya.

 

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang tidak dapat dianggap remeh. Pasalnya, kolesterol dapat menjurus pada komplikasi berbagai penyakit lainnya, mulai dari sakit jantung hingga stroke. Kabar baiknya, kamu dapat mencegah dan menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi ikan gindara.

 

Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP), ikan gundara mengandung Omega-9 (95 persen). Kandungan tersebut sangat ampuh untuk membantu menurunkan koleseterol. Bahkan, kandungan lemak tak jenuh pada ikan gindara cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan ikan bandeng.

 

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengolah Resep Ikan Asam Manis

 

3. Bermanfaat menyembuhkan tifus dan demam berdarah

Tidak hanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, minyak ikan gindara juga berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh. Oleh karena itu, ikan gindara bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan penyakir tifus dan demam berdarah. Bagi pasien yang menderita penyakit tifus atau demam berdarah disarankan untuk rutin mengonsumsi ikan gindara untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam darah.

 

4. Baik untuk perkembangan otak dan kognitif

Selain mengandung lemak tak jenuh, ikan gindara juga memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda atau docosahexanoat (DHA) yang cukup tinggi yaitu 1,98 persen. Kandungan lemak tak jenuh ganda ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kognitif.

 

Kandungan ini sangat baik untuk dikonsumsi pada anak-anak saat masa pertumbuhan. Selain itu, ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan gindara. Pasalnya, DHA pada ikan gindara juga dapat membantu mengembangkan kemampuan janin pada masa kandungan.

 

Ingin mencoba manfaar ikan gindara ini ? Yuk, beli ikan dan berbagai bahan makanan segar lainnya di Sayurbox!

 

5. Menjaga kesehatan mata

Ikan gindara pun memiliki kandungan yang hampir dimiliki oleh semua ikan laut, yaitu Omega 3. Kandungan Omega 3 yang cukup tinggi pada ikan gindara sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun tidak sebanyak ikan salmon, namun kandungan Omega 3 pada ikan gindara cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Omega 3. Beberapa manfaat kesehatan dari Omega 3 antara lain adalah membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, juga mencegah beberapa penyakit kronis lainnya.

 

Baca juga: 3 Resep Ikan Garang Asem yang Enak

 

6. Meningkatkan masa otot

Selain mengandung lemak tak jenuh, Omega 3, dan Omega 9, ikan gindara juga punya kandungan protein, walaupun besarannya tidak sebanyak beberapa jenis ikan laut lainnya. Namun, kandungan protein ikan gindara juga dinilai dapat mencukupi kebutuhan protein harian tubuh. Terpenuhnya kebutuhan protein ini dapat membantu meningkatkan masa otot, menjaga kesehatan otot, serta menjaga ketahanan dan kekuatan tubuh.

 

7. Membantu proses pemecahan lemak

Manfaat ikan gindara juga dapat dirasakan untuk membantu menuturunkan atau mengontrol berat badan. Padalnya, kandungan pada ikan gindara dapat membantu proses pemecahan lemak dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat kotoran manusia. Oleh karena itu, setelah mengonsumsi ikan gindara kamu kemungkinan akan mengalami gejala seperti mual, sakit perut, mulas, dan buang air.

 

Ciri-Ciri Ikan Giandra yang Segar dan Sehat

Nah, untuk mendapatkan seluruh manfaat yang dijabarkan diatas, pastikan kamu membeli ikan gindara dalam kondisi segar dan sehat. Jika kamu membeli ikan gindara yang sudah tidak segar, alih-alih mendapatkan manfaatnya, kamu bisa keracunan makanan. Berikut ini adalah ciri-ciri ikan giandra yang segar dan sehat:

  • Cari yang bentuk potongannya padat.
  • Pilih daging ikan yang mengilat.
  • Pastikan daging ikan kenyal, bila ditekan kembali ke bentuk asal.
  • Pastikan ikan tidak berbau amis menyengat, apalagi bau busuk.
  • Pilih daging yang melekat kuat pada tulangnya.
  • Pastikan ikan tidak menampakkan warna kecokelatan atau kekuningan.
  • Pilih daging yang tidak kering.

 

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Lebih Tahan Lama

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba ikan gindara? Yuk, beli ikan dan berbagai bahan makanan segar lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

Ternyata ini 7 Kandungan Salak yang Baik untuk Kesehatan

Salak merupakan salah satu buah yang memiliki daging renyah dengan biji coklat di dalamnya. Buah salak dilapisi oleh kulit bersisik...

Ini 9 Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tubuh membutuhkan banyak vitamin untuk dapat berkerka dengan optimal dan tetap dalam kondisi prima. Salah satu vitamin yang dibutuhkan...

10 Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui

Daun kemangi kerap menemani saat makan sebagai lalapan. Kemangi atau Ocimum citriodorum adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki ciri...

Post Comment