Written by at March 09, 2020
MPASI

Sajikan Bersama MPASI, ini 7 Manfaat Kaldu untuk Bayi

Kaldu ayam maupun kaldu sapi biasa dimanfaatkan sebagai penyedap rasa bagi hidangan, karena rasanya yang gurih. Makanan pendamping ASI (MPASI) sangatlah penting bagi bayi berusia enam bulan. Kamu pasti tahu bahwa tak dianjurkan untuk menambahkan gula dan garam sebagai perasa MPASI. Namun, banyak juga orang tua yang mengambil sumber perasa alami dengan menggunakan kaldu. Ingatlah untuk tidak menambahkan MSG dan bahan pengawet apapun saat membuat kaldu untuk si buah hati. Yuk, simak 7 manfaat kaldu untuk bayi di sini.

 

Ini manfaat kaldu untuk bayi

manfaat kaldu untuk bayi
Manfaat Kaldu untuk Bayi Berguna untuk Menunjang Pertumbuhan. (Foto: Pixabay)

1. Memperkuat Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kaldu kaya akan nutrisi kalsium & magnesium yang mudah dicerna dan berasimilasi, yang penting untuk tulang dan gigi bayi agar kuat dan sehat.

 

2. Membantu Membangun Jaringan Ikat dan Persendian

Kaldu mengandung glukosamin dan kondroitin, yang merupakan dua nutrisi terpenting untuk perawatan persendian dan akan membantu dalam perkembangan sendi bayi. Kaldu juga merupakan sumber nutrisi gelatin dan kolagen, yang merupakan kunci dalam membangun dan mendukung jaringan ikat. Nutrisi ini juga membantu membangun tulang rawan dan tulang yang sehat.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

3. Mengurangi Resiko Alergi

Manfaat lain yang luar biasa dari kolagen yang terdapat dalam kaldu adalah kemampuannya untuk memperkuat lapisan usus, yang sangat mengurangi resiko alergi dan kepekaan terhadap makanan.

 

Ingin merasakan manfaat kaldu untuk bayi? Yuk, sajikan kaldu bersama MPASI lainnya. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli daging-daging berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat kaldu

 

4. Mendukung Imunitas dan Pencernaan

Kaldu sangat kaya akan asam amino, khususnya prolin dan glisin. Asam amino spesifik dalam kaldu inilah yang dapat melakukan berbagai fungsi, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pencernaan bayimu.

 

5. Memenuhi Kebutuhan Protein

Asupan protein yang buruk, dapat menyebabkan sejumlah tantangan kesehatan fisik dan mental. Kaldu tulang membantu memastikan bahwa bayi kamu mendapatkan protein yang cukup setiap hari.

 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

 

6. Sangat Kaya akan Vitamin, Mineral, dan Antioksidan

Asupan vitamin dan mineral yang tidak optimal, dapat menyebabkan atau memperburuk kesehatan fisik maupun mental bayi. Magnesium sangat penting untuk bayi karena ini dapat mempengaruhi suasana hati, perhatian, dan gejala tidur agar bayi tetap mendapatkan nutrisi terbaik.

 

7. Mengurangi Peradangan

Penelitian terus menyoroti hubungan antara peradangan dalam tubuh dan berbagai aspek fungsi otak. Peradangan telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan mental termasuk depresi, gangguan spektrum autisme, dan gangguan kejang. Kaldu adalah olahan sederhana untuk mendukung pengurangan gejala yang berhubungan dengan peradangan di otak.

 

Baca juga: Butternut Pumpkin Sebagai MPASI

 

Kini kamu sudah memahami 7 manfaat kaldu untuk bayi, yuk, sajikan kaldu bersama MPASI lainnya. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli daging-daging berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

manfaat kaldu

Related Articles

Kenalan Sama Babylicious Yuk Moms! Nutrisi Alami untuk Si Kecil Bergizi

Lagi sibuk ya, Moms? Pasti sering kepikiran tumbuh kembang Si Kecil. Engga perlu khawatir, sekarang banyak cara untuk tetap bisa...

Agar Anak Sehat, Coba Yuk 10 Resep MPASI Kabocha Ini

Untuk ibu yang sedang bingung meracik menu MPASI untuk si kecil, ibu bisa mencoba kabocha atau labu kuning sebagai bahan buah alternatif...

5 Cara Membuat Bubur Bayi 6 Bulan yang Sehat dan Praktis di Rumah

Asupan makanan yang tepat sangat penting bagi bayi usia 6 bulan yang baru memasuki masa MPASI. Takaran gizi yang disajikan harus sesuai...