Written by at January 28, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Tidak Hanya Menyedapkan, Ini 7 Manfaat Rempah-rempah untuk Kesehatan

Indonesia dikenal dengan berbagai jenis rempahnya yang kaya citarasa. Rempah-rempah Indonesia biasanya digunakan untuk obat-obatan dan penyedap rasa masakan. Tidak hanya membuat rasa makanan bertambah enak dan sedap, tanaman herbal ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman herbal ini juga cenderung lebih aman untuk dikonsumsi setiap hari karena terbuat dari bahan-bahan alami yang baik untuk tubuh. Namun, dari sekian banyak jenis rempah yang ada pasti membuat kamu bingung mana tanaman herbal yang paling baik untuk tubuhmu. Supaya bisa mendapatkan manfaatnya dengan lebih optimal, yuk, cari tahu ini 7 manfaat rempah-rempah untuk kesehatan.

 

Ini manfaat rempah-rempah untuk kesehatan

manfaat rempah-rempah untuk kesehatan
Kandungan alami pada rempah-rempah bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Jahe merah, membantu atasi mual dan meningkatkan nafsu makan

Rasa mual karena perut bergas bisa ikut menurunkan nafsu makan. Pasalnya, perut menjadi terasa tidak nyaman. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, kamu bisa coba mengatasinya dengan mengonsumsi jahe merah.

 

Salah satu manfaat rempah-rempah untuk kesehatan adalah membantu menghilangkan gas berlebih di saluran usus, sehingga dapat membantu menghilangkan mual selama kehamilan atau kemoterapi. Selain itu, tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

2. Kencur, mengobati batuk hingga meredakan stres

Manfaat rempah-rempah yang bisa kamu rasakan selanjutnya datang dari kencur, atau mungkin banyak yang mengenalnya lewat beras kencur. Rempah ini sering digunakan untuk memberikan kesegaran pada sayuran berkuah bening seperti bayam dengan jagung bening atau digunakan sebagai bahan utama pembuatan jamu.

 

Bukan hanya itu, kencur juga ternyata mengandung banyak manfaat karena tingginya kandungan minyak atsiri di dalamnya.  Manfaat rempah-rempah ini diantaranya dapat mengobati batuk, menghilangkan stres sampai mengobati diare. Pasalnya, kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan anti-bakteri.

 

3. Daun salam, kaya vitamin dan mineral yang mampu menurunkan kolesterol

Daun rempah ini sering digunakan dalam keadan segar atau keadaan kering. Manfaat daun salam kering dipercaya dapat meningkatkan cita rasa masakan lebih kuat. Selain itu, tidak hanya digunakan dalam aneka masakan Indonesia, tapi juga maskaan Italia, lho. Selain mampu menyedapkan masakan, daun salam juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

 

Senyawa organik dalam daun salam baik untuk menenangkan sakit perut. Selain itu, ada juga enzim dalam daun salam dan memperlancar proses pencernaan yang mempermudah proses diet. Manfaat rempah-rempah ini juga mampu mengeluarkan kolesterol jahat dari dalam sistem kardiovaskuler. Selain itu, asam caffeic dan rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Terakhir, ada juga kandungan linalool yang dapat menurunkan level stres.

 

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

 

4. Daun ketumbar, baik untuk menjaga kesehatan pencernaan

Kamu pasti sering kesulitan membedakan antara daun ketumbar dan daun seledri. Untuk mengenali keduanya ternyata cukup muda. Daun ketumbar memiliki aroma yang cenderung lebih menyengat dan kuat, sedangkan daun seledri lebih lembut. Tetapi, aroma tajam dari daun ketumbar ini ternyata menjadi favorit untuk beberapa masakan Asia seperti Tomyam, atau campuran kari.

 

Selain itu, daun ketumbar juga sering dimanfaatkan untuk kebutuhan kesehatan. Pasalnya, daun herbal ini kaya akan mangan, serat, zat besi, vitamin C, vitamin K dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun ketumbar Jyga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Kandungan Serat di dalam daun ketumbar juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, manfaat rempah-rempah ini juga baik untuk penderita diabetes, mengobati alzheimer, serta mencegah dan mengobati anemia.

 

Ingin mencoba manfaat rempah-rempah ini? Yuk, beli rempah-rempah alami di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

 

5. Daun kemangi, berguna untuk mencegah serangan jantung dan stroke

Daun kemangi punya aroma yang khas dan menggoda. Bahan herbal ini banyak digunakan dalam aneka olahan masakan terutama ikan untuk memperkaya rasa ikan dan mengurangi aroma dan rasa amis dari ikan. Olahan ikan kuah kuning jadi teman sejati daun kemangi, bahkan daun kemangi paling favorit dijadiin lalapan.

 

Selain harum daun kemani juga memiliki beberapa, diantaranya daun kemangi mengandung beta karoten, menjaga sel-sel dalam tubuh termasuk pembuluh darah dari radikal bebas. Beta karoten juga dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Tidak hanya itu, daun kemangi juga memiliki kandunga flavonoid, yaitu senyawa antibakteri yang dapat melindungi DNA. Daun kemangi juga mengandung linalool yang dapat menurunkan level stress. Beberapa juga orang percaya daun kemangi dapat mencegah bau badan.

 

6. Kemiri, membantu mengobati sariawan dan nyeri sakit gigi

Bagi kamu yang gemar memasak pasti sudah mengenal jenis rempah yang satu ini. Kemiri adalah salah satu jenis rempah-rempah Indonesia yang sering digunakan sebagai penyedap berbagai jenis masakan. Kemiri memiliki rasa gurih yang khas. Rempah yang disebut sebagai candlenut dalam bahasa Inggris atau Aleurites moluccanus ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat rempah-rempah yang satu ini yaitu untuk mengobati sariawan dan meredakan nyeri sakit gigi.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

7. Kayu manis, dapat mengontrol kadar gula darah

Rempah-rempah Indonesia yang satu ini sering digunakan untuk menambah citarasa pada kue, minuman, dan berbagai jenis masakan lainnya. Kayu manis memiliki aroma khas yang sedap. Dalam bahasa Inggris, kayu manis disebut sebagai cinnamon. Tidak hanya mampu menambah kelezatan pada masakan, kayu manis juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat rempah-rempah ini? Yuk, beli berbagai rempah dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski namanya tak sepopuler strawberry, bukan berarti khasiat blueberry berada jauh di bawahnya. Sama seperti jenis berry lainnya,...

Post Comment