Written by at December 18, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Tidak Hanya Enak, Ini 10 Manfaat Salak untuk Kesehatan

Tidak seperti buah lainnya, buah salak memang memiliki bentuk yang sedikit menyeramkan. Bukan hanya tekstur kulitnya saja yang menyerupai sisik ular, tapi pohonnya juga memiliki daun berduri halus dengan batang yang juga berduri. Di balik sisi menyeramkannya tersebut, buah salak memiliki cita rasa yang unik, yaitu manis, sepat, namun renyah saat digigit. Tidak heran buah ini sangat digemari hampir semua orang. Tidak hanya soal rasa, buah yang hanya tumbuh di daratan tropis ini juga memiliki banyak kandungan penting yang bermanfaat bagi tubuh, seperti zat besi, vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C, dan karbohidrat. Meskipun begitu, ternyata tidak banyak yang tahu tentang manfaat buah yang satu ini. Nah, untuk kamu yang sering mengonsumsinya namun belum tahu apa saja manfaatnya, berikut ini adalah sepuluh manfaat salak untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

 

Ini manfaat salak untuk kesehatan

manfaat salak
Manfaat salak untuk kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Membantu menurunkan berat badan

Ngemil makanan manis saat bekerja memang bisa mengurangi rasa bosan dan jenuh. Saat rasa lapar muncul di penghujung jam makan siang ataupun sore hari, camilan manis juga kerap menjadi solusi pengganjal rasa lapar.

 

Sayangnya, kebiasaan ini bisa membuat berat badan kamu bertambah tanpa kamu sadari. Sebelum hal itu terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan mengganti camilan tersebut dengan makanan yang lebih sehat namun tetap mengenyangkan, contohnya seperti buah salak.

 

Tak hanya rasanya yang renyah dan manis, kandungan serat yang tinggi pada buah ini juga sangat ideal menanggulangi rasa lapar, sehingga tidak hanya cocok untuk teman ngemil kamu, tapi juga ideal sebagai teman diet.

 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital. Banyak kasus kematian yang muncul karena masalah ini. Wajar saja jika kesehatan jantung harus tetap dijaga dengan baik entah itu rutin berolahraga maupun menjaga pola makan.

 

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan cara mengontrol dan menjaga kadar tekanan darah. Hal itu bisa dilakukan dengan menjaga asupan kalium dalam tubuh sebagai vasodilatornya.

 

Salah satu sumber kalium bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah bersisik ini. Dengan menurunnya tekanan darah, maka ketegangan dalam arteri juga ikut menurun. Otomatis, ketegangan pada sistem kardiovaskular juga turut mereda.

 

Baca juga: Ketahui 7 Kandungan Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

3. Meningkatkan kesehatan mata

Tidak banyak yang tahu jika salak juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Memang, buah yang dikenal baik untuk mata umumnya berwarna cerah menyala, misalnya saja wortel dan tomat.

 

Namun, siapa sangka, ternyata buah salak juga memiliki manfaat yang sama. Kandungan beta karoten di dalamnya dinilai sebagai salah satu antioksidan yang bermanfaat langsung untuk kesehatan dan penglihatan mata. Kandungan ini juga mampu menurunkan risiko degenerasi makula serta membantu menghambat terjadi katarak karena faktor usia.

 

4. Bertindak sebagai antioksidan

Selain mata, kandungan beta karoten dalam buah ini juga mampu mencegah beberapa penyakit lainnya, seperti kardiovaskuler, stroke, hingga kanker. Bahkan, antioksidan dalam buah salak terbilang ampuh karena mampu bekerja lima kali lebih baik dibandingkan sumber antioksidan lain, seperti buah semangka dan mangga.

 

Ingin merasakan manfaat salak untuk kesehatan ini? Kamu bisa membeli salak segar dan berkualitas di Sayurbox! Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat salak

 

5. Mengontrol tingkat gula darah

Selain jantung, gula darah juga menjadi penyebab tingkat kematian yang cukup tinggi di Indonesia. Selain karena konsumsi nasi yang cenderung tinggi, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula juga menjadi salah satu pemicunya.

 

Untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah, pastikan kamu mengonsumsi makan yang mengandung pterostilbene. Ternyata, kandungan ini bisa kamu dapatkan dari buah salak, lho. Pterostilbene berperan baik dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah.

 

Baca juga: 5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

 

6. Sebagai antidiare dan mengobati gangguan pencernaan

Dulu, buah salak memang sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai obat diare yang efektif. Apalagi, nutrisi dan tingginya kandungan serat dari buah ini juga dikenal ampuh dalam membantu meningkatkan efisiensi pencernaan.

 

Tak hanya itu, masalah kesehatan lainnya seperti gejala sembelit, kembung dan kram, sakit perut, hingga buang air besar yang tidak teratur bisa diatasi dengan buah ini.

 

7. Sebagai sumber zat besi

Kekurangan zat besi tidak hanya bisa mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi saja. Di satu sisi, kurangnya kandungan ini bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, bahkan cukup serius.

 

Kurangnya sel darah merah sehat bisa terjadi karena rendahnya kadar zat besi dalam tubuh. Hal ini bisa menimbulkan masalah anemia defisiensi besi. Jika masalah ini terjadi, kamu bisa mengonsumsi buah salak. Apalagi, jika mengingat buah ini sebagai salah satu sumber zat besi alami.

 

Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

 

8. Membantu menjaga kesehatan pankreas

Pankreas adalah salah satu organ penting ada di dalam tubuh. Organ ini sangat berkaitan dengan penyakit diabetes. Oleh karena itu, kesehatan pankeas yang optimal sangat penting bagi penderita diabetes. Pasalnya, kondisi pada penderita diabetes tidak dapat menghasilkan insulin yang normal sehingga berakibat pada penurunan fungsi sel pankreas. Mengonsumsi salak secara rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan pankreas, karena kandungan yang ada di dalam salak dapat membantu meregenerasi sel pankreas.

 

9. Memperkuat daya ingat

Salak mengandung mineral serta bahan aktif berupa kalium dan pektin. Kedua kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan memperkuat daya ingat. Oleh karena itu, buah salak juga sering kali disebut sebagai buah ingatan.

 

10. Menambah stamina pada tubuh

Buah salak juga cukup memiliki kandungan karbohidrat atau kadar gula. Namun, jenis gula yang terkandung dalam salak termasuk jenis gula yang baik. Oleh karena itu, manfaat salak dapat membantu menambah stamina pada tubuh. Pasalnya, saat dikonsumsi kandungan karbohidrat dari salak akan diubah menjadi glukosa. Kemudian glukosa akan berubah menjadi energi.

 

Itulah sepuluh manfaat salak untuk kesehatan. Di balik bentuknya yang cenderung berbeda dengan buah-buah kebanyakan, salak memang kerap dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang.

 

Namun, siapa sangka, ternyata di balik itu semua buah ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Bagi kamu yang ingin rutin mengonsumsi buah yang satu ini, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek ketersediaannya sekarang juga!

 

manfaat salak

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Buah Mengandung Vitamin A yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Pada dasarnya hampir semua buah-buahan mengandung vitamin A, namun kadarnya yang mungkin berbeda-beda pada tiap buah. Vitamin A memiliki...

Ini 11 Manfaat Labu Parang, Baik Juga untuk Bayi, Lho!

Tidak seperti labu siam, mungkin penggunaan labu parang untuk kebutuhan masak-memasak memang tidak begitu populer. Nah, apabila sebelumnya...

Selain Melembabkan, Ini 11 Manfaat Timun untuk Wajah yang Bisa Dicoba

Timun merupakan sayuran yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, timun rendah kalori dan mengandung banyak serat yang membuat buah ini...

Post Comment