Written by at August 31, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Tidak Hanya Enak, Ini 7 Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

Tape singkong atau yang lebih dikenal dengan nama peuyeum oleh masyarakat Jawa Barat ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah cukup dikenal. Makanan ini diolah dengan cara fermentasi melalui bantuan ragi tape atau Saccharomyces cerevisiae. Sama seperti makanan fermentasi lainnya, tape singkong memiliki rasa manis dan sedikit asam. Meski rasanya enak, sayangnya tidak banyak yang tahu manfaat dari makanan yang satu ini. Jika menelisik kandungannya, tape singkong memiliki berbagai kandungan penting seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, kalsium, fosfor, dan berbagai bakteri baik. Dengan kandungan tersebut, kira-kira apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan? Langsung saja, berikut ini adalah tujuh manfaat tape singkong untuk kesehatan.

 

Manfaat tape singkong untuk kesehatan

manfaat tape singkong
Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan. (Foto: Instagram / mellyvavive)

1. Baik untuk sistem pencernaan

Sama seperti yoghurt yang juga diolah dengan cara fermentasi, tape singkong memiliki manfaat yang sama, yaitu baik dalam menjaga kelancaran sistem pencernaan. Kandungan probiotik atau bakteri baik di dalamnya merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kelancaran sistem pencernaan, seperti menjaga fungsi kerja usus dan mencegah terjadinya kanker usus besar. Probiotik sendiri berasal dari berbagai mikroorganisme yang ada di ragi tape ataupun makanan fermentasi lainnya.

 

2. Sumber karbohidrat yang baik

Siapa sangka, tape singkong bisa menjadi salah satu alternatif sumber karbohidrat. Dibandingkan dengan beras, kandungan karbohidrat pada singkong dikenal lebih baik karena memiliki tingkat GI (glycemic index) yang lebih rendah. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya juga lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

 

3. Mengontrol tekanan darah

Selain karbohidrat, tape singkong juga memiliki manfaat yang baik dalam membantu mengontrol tekanan darah. Kalsium di dalamnya memang dikenal sebagai salah satu mineral penting untuk menjaga kadar tekanan darah seseorang tetap normal.

 

Peran kalsium di sini yaitu untuk membantu melebarkan pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu, risiko penyakit berbahaya karena masalah tersebut seperti serangan jantung pun dapat diminimalisir.

 

Baca juga: Inilah 10 Cara Membuat Tape Singkong yang Enak dan Legit

 

4. Mencegah terjadinya anemia

Masih seputar persoalan darah, manfaat tape singkong selanjutnya yaitu mencegah terjadinya anemia. Rendahnya produksi sel darah merah bisa menjadi salah satu faktor penyebab anemia. Kandungan mikroorganisme di ragi tape dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi vitamin B12 dalam tubuh. Kandungan vitamin B12 dan kalsium juga memiliki peran penting dalam produksi sel darah merah sehingga masalah anemia dapat dicegah.

 

Ingin mencoba manfaat tape singkong ini? Kamu bisa membuat sendiri tape singkong di rumah dengan membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat tape singkong

 

5. Menjaga otot dan saraf

Tidak hanya persoalan darah, tape singkong juga memiliki manfaat dalam menjaga otot dan saraf dalam tubuh. Hal ini tidak lain karena tape singkong memiliki kandungan vitamin B1 atau tiamin. Kandungan ;ini dikenal baik dalam menjaga fungsi otot dan saraf, seperti kognitif otak, mencegah stres, serta meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

 

Baca juga: Terkenal Nikmat, Ini 15 Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

 

6. Sumber nutrisi bagi tulang dan sendi

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika tape singkong ternyata juga bermanfaat sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tulang dan sendi. Kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Dengan begitu, risiko gangguan pada tulang seperti osteoporosis dan osteoarthritis bisa diminimalisir.

 

7. Membuang racun dalam tubuh

Polusi dan gaya hidup tidak sehat memang bisa memicu perkembangan racun dalam tubuh. Siapa sangka, kudapan sederhana seperti tape singkong memiliki manfaat untuk menanggulangi masalah tersebut.

 

Tape singkong diyakini mampu mengikat dan menghapus toksin atau racun yang biasanya berasal dari jamur atau yang dikenal dengan aflatoksin. Keberadaan aflatoksin dalam tubuh bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah karena mengonsumsi makanan fermentasi lain yang mungkin mengandung aflatoksin.

 

Baca juga: Ini 10 Ide Camilan Vegetarian yang Enak dan Praktis

 

Meskipun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi tape singkong, namun banyak pro-kontra yang timbul dari makanan ini. Salah satunya adalah kandungan alkohol di dalamnya. Kandungan tersebut timbul karena proses fermentasi yang dijalankannya.

 

Lalu, apakah kandungan alkohol dalam tape singkong memiliki efek samping, khususnya jika dikonsumsi oleh anak-anak? Sejauh ini, belum ada laporan yang mencatat masalah tersebut. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya sesuka hati. Pada dasarnya, selama jumlah konsumsi masih dalam tahap wajar, hal itu tidak akan berakibat buruk.

 

Salah satu hal yang perlu dicatat, kandungan bakteri dalam setiap makanan fermentasi, termasuk tape singkong, akan bersifat aktif. Artinya, meskipun kandungan tersebut baik untuk kesehatan, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan maka bakteri tersebut bisa memberikan efek buruk bagi tubuh. Meski begitu, tidak semua orang memiliki batas konsumsi dan efek yang sama, sehingga tidak ada patokan pasti berapa batas wajar mengonsumsi tape singkong.

 

Nah, itulah tujuh manfaat tape singkong untuk kesehatan. Meskipun rasanya enak dan memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, pastikan kamu mengonsumsinya tetap dalam batas wajar. Kalau kamu tertarik untuk mengonsumsi tape singkong sebagai camilan, kamu juga bisa lho membuat tape singkong sendiri di rumah. Untuk menemukan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tape singkong tersebut, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat tape singkong

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment