Written by at November 17, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Murah dan Menyehatkan, Ini 10 Manfaat Tempe yang Bisa Kamu Rasakan

Lauk yang murah, enak, dan praktis sudah pasti jawabannya adalah tempe. Masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa mengonsumsi tempe, karena Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Olahan dari kacang kedelai yang difermentasi dengan menggunakan beberapa jenis kapang atau ragi tempe ini, terkenal dengan kandungan proteinnya. Selain itu tempe kaya akan karbohidrat, serat, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piroksidin, dan biotin. Kandungan besi, thiamin, vitamin B12, dan retinol dalam tempe meskipun sedikit juga lebih tinggi daripada daging. Selain itu, tempe juga mengandung zat antoksidan bernama isoflavon yang sangat baik untuk tubuh. Yuk, simak 10 manfaat tempe yang bisa kamu rasakan di bawah ini.

Ini manfaat tempe yang bisa kamu rasakan

manfaat tempe
Manfaat Tempe yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Sumber Protein

manfaat tempe
Sumber Gambar: Pixabay

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tempe sangat terkenal dengan kandungan proteinnya. Bahkan protein dalam tempe lebih tinggi dari daging. Maka dari itu, tempe sering kali dijadikan sumber protein pengganti daging. Banyak para vegetarian atau vegan yang memilih tempe sebagai menu pengganti untuk menenuhi kebutuhan protein tubuh.

Dalam 100 gr tempe mengandung kurang lebih 20 gr protein. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian mencapai 34% bagi orang dewasa. Fungsi dari protein sendiri selain untuk menjaga jaringan otot adalah untuk menghasilkan enzim proteolitik yang bisa memecah rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh.

2. Antioksidan penangkal radikal bebas

manfaat tempe
Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat tempe yang kedua adalah sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Apabila tubuh terkena paparan radikal bebas, ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, bahkan hingga menyababkan kanker. Kandungan isoflavon dan juga nutrisi lain dalam tempe, membuat tempe ampuh menjadi antioksidan bagi tubuh. Peran tempe sebagai antioksidan terbukti lebih ampuh jika dibandingkan dengan kacang kedelai rebus biasa.

Baca juga: Bedanya Tempe Mendoan dan Tempe Goreng Biasa

3. Sumber Kalsium

manfaat tempe
Sumber Gambar : Happykitchen Blog

Manfaat tempe selanjutnya adalah sebagai sumber kalsium. Jika berbicara tentang sumber kalsium, umumnya kamu pasti akan mengingat susu. Tetapi faktanya, tempe juga bisa dijadikan sumber kalsium yang tidak jauh berbeda dengan susu. Setiap penyajian 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan dalam setiap 100 gr tempe memiliki kandungan mencapai 155 mg kalsium. Jadi bisa disimpulkan bahwa tempe sangat mungkin menjadi sumber kalsium yang tidak kalah dengan susu.

4. Pilihan Menu Diet Terbaik

manfaat tempe
Sumber Gambar: Dokumentasi Sayurbox

Jangan salah, tempe juga bisa dijadikan sebagai salah satu menu diet kamu, lho. Salah satu menu terbaik untuk diet adalah makanan dengan kandungan tinggi protein, tinggi serat, namun rendah lemak. Kandungan protein dan serat dalam tempe membuatnya sangat baik untuk menjadi menu diet.

Tempe juga merupakan makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B kompleks dalam tempe juga sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi kamu ketika sedang diet.

Ingin merasakan manfaat tempe ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tempe berkualitas terbaik di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

manfaat tempe

 

5. Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12

manfaat tempe
Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat tempe yang kelima adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, terutama bagi kamu yang vegan. Vitamin B12 punya segudang manfaat untuk tubuh mulai dari mulai menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, hingga menjaga kesehatan sisten saraf dan menjaga fungsi otak.

Secara umum vitamin B12 banyak terkandung dalam daging, ayam, ikan, dan susu. Tempe merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari nabati, sehingga sangat cocok untuk menggatikan sumber vitamin B12 lain yang tidak dikonsumsi oleh para vegan.

Baca juga: Resep Tempe Beda Dari Lainnya

6. Aman untuk Penderita Diabetes

manfaat tempe
Sumber Gambar: Okonomi Kitchen Blog

Manfaat tempe selanjutnya adalah aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Memilih menu makanan untuk penderita diabetes bukanlah hal yang mudah. Setiap menu harus disesuaikan untuk mecegah naiknya kadar gula darah. Tempe terutama yang terbuat dari kedelai, mengandung isoflavon dan serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah dan memperbaiki resistensi insulin. Selain baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II, tempe juga bisa membantu menurunkan risiko diabetes.

7. Cocok untuk semua umur

manfaat tempe
Sumber Gambar: The Hidden Veggies Blog

Makanan murah satu ini cocok untuk semua kalangan umur. Komposisi gizi tempe baik kadar protein, lemak, dan karbohidratnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai. Namun, karena adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe, maka protein, lemak, dan karbohidrat pada tempe menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh dibandingkan yang terdapat dalam kedelai. Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk diberikan kepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia), sehingga bisa disebut sebagai makanan semua umur.

Baca juga: Tempe Yang Diolah Menggunakan Air Embun

8. Menurunkan resiko oxidative stress

manfaat tempe
Sumber Gambar: Dokumentasi Sayurbox

Oxidative stress adalah ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh. Hal seperti ini dapat mengakibatkan banyak hal yang terjadi oleh tubuh kita baik menguntungkan maupun merugikan. Mengonsumsi tempe ternyata dapat menurunkan resiko oxidative stress ini. Hal ini disebabkan karena isoflavon kedelai yang dapat meningkatkan aktifitas antioksidan dalam tubuh yang pada akhirnya dapat menghilangkan radikal bebas.

9. Meningkatkan kesehatan usus

manfaat tempe
Sumber Gambar: Dokumentasi Sayurbox

Sudah tau kan kalau tempe kaya akan probiotik? Dimana ini adalah serat yang sangat bermanfaat untuk bakteri baik dalam tubuh kita. Nah, tempe dapat memberikan usus yang lebih sehat karena kandungan probiotik yang tinggi. Usus yang sehat akan sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, usus yang sehat dan bersih sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan mental juga menurunkan resiko sakit jantung.

10. Protein pengganti daging dan ayam

manfaat tempe
Sumber Gambar: Thekitchn Blog

Mengonsumsi tempe dapat menggantikan daging dan ayam. Jika kamu adalah vegan atau vegetarian maka tempe bisa jadi opsinya. Kandungan protein yang tinggi dapat menggantikan protein yang tidak di dapatkan dari daging dan ayam. Oleh karena itu para vegan dan vegetarian tetap dapat mengonsumsi protein tanpa mengonsumsi olahan hewani.

Setelah mengetahui bahwa bukan hanya murah tapi tepe juga menyehatkan, apakah kamu tertarik untuk merasakan manfaat tempe ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tempe berkualitas terbaik di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

manfaat tempe

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment