Written by at February 27, 2020
Tips & Trik

Agar Tidak Tertipu, Ketahui 7 Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Sejak dulu madu dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Madu yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak kandungan alami, seperti antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, kamu dianjurkan mengonsumsi madu setiap hari. Sayangnya, kini banyak pihak tidak bertanggung jawab yang membuat madu palsu. Biasanya madu palsu telah dicampur dengan pewarna tambahan, glukosa, dekstrosa, molasses, sirop gula, air, dan bahan lainnya. Alih-alih bermanfaat untuk kesehatan, madu palsu justru dapat berdampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, agar tidak tertipu sebaiknya kamu ketahui 7 perbedaan madu asli dan palsu berikut ini.

 

Ini perbedaan madu asli dan palsu

perbedaan madu asli dan palsu
Ketahui Perbedaan Madu Asli dan Palsu. (Foto: Pixabay)

1. Pegang konsistensinya, pastikan tidak lengket

Cara paling mudah untuk mengetahui perbedaan madu asli dan palsu adalah dari konsistensinya. Madu asli biasanya memiliki tekstur yang kental. Saat di dalam botol, biasanya madu akan bergerak dengan sangat lambat jika botol madu digoyangkan. Sedangkan madu palsu yang telah dicampur berbagai macam bahan lainnya biasanya memiliki tekstur yang cair dan bisa bergerak dengan mudah jika botolnya digoyangkan.

 

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui keaslian madu dengan memegang teksturnya. Coba gosok-gosokkan madu dengan kedua jari. Meski konsistensinya kental, madu asli biasanya cenderung tidak lengket di kulit. Madu asli lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Berbeda dengan madu palsu yang biasanya teksturnya lengket karena sudah dicampur dengan pemanis atau bahan tambahan lain.

 

2. Coba masukkan madu ke dalam air

Selanjutnya, kamu juga bisa mencari tahu keaslian madu dengan cara mencampurkannya ke dalam segelas air. Coba tuangkan satu sedok madu ke dalam gelas berisi air putih. Madu asli cenderung tidak mudah larut. Biasanya madu asli yang berkualitas justru mengendap di bagian bawah gelas karena teksturnya yang begitu pekat.

 

Berbeda dengan madu palsu. Jenis madu yang telah dioplos dengan berbagai bahan tambahan ini biasanya lebih mudah larut di dalam air. Saat dicampurkan ke dalam segelas air, madu yang palsu tidak akan menggumpal. Selain itu, warnanya pun akan segera menyatu dengan air tersebut.

 

Baca juga: Ketahui 7 Kandungan Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

3. Perhatikan rasa dan warnanya

Bagi kamu yang masih bingung mengenai perbedaan madu asli dan palsu, kamu bisa mengetahuinya dengan memperhatikan rasa dan warna madu. Jika mengonsumsi madu asli, biasanya rasanya tidak tertiggal di lidah, berbeda dengan madu palsu. Namun, rasa madu asli biasanya sangat relatif, tergantung bunga yang diambil nektarnya oleh lebah.

 

Begitu juga dengan warnanya. Madu yang asli memiliki warna yang beragam, ada yang cerah tetapi ada pula yang gelap dan pekat. Warna madu yang gelap biasanya berarti pH dan kandungan mineral seperti potassium, klorin, sulfur, zat besi, mangan, magnesium, dan sodium pada madu tersebut yang lebih tinggi.

 

4. Gunakan percobaan korek api

Kamu juga bisa menggunakan alat bantu untuk mengetahui keaslian madu, salah satunya menggunakan korek api. Coba lumuri ujung koreng api ke dalam madu. Kemudian, nyalakan korek api seperti biasa. Jika korek api menyala dengan mudah artinya madu tersebut asli. Tetapi jika korek api menjadi sulit dinyalakan maka kamu musti meragukan keaslian madu tersebut. Pasalnya, korek api menjadi sulit menyala karena lembap karena madu palsu biasanya mengandung air.

 

Masih bingung soal perbedaan madu asli dan palsu? Supaya lebih aman dan tidak repot, kamu bisa membeli madu asli berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga.

 

madu asli

5. Cari tahu keasliaannya dengan dipanaskan

Selain menggunakan korek api, kamu juga bisa mencari tahu keaslian madu dengan cara memanaskannya. Madu yang asli biasanya lebih cepat terkaramelisasi saat dipanaskan. Selain itu, madu asli juga biasanya tidak berbuih saat dipanaskan. Berbeda dengan madu palsu yang biasanya mengeluarkan banyak buih saat dipanaskan. Buih pada madu palsu ini terjadi karena adanya campuran gula, air, dan tambahan kelembapan di dalamnya.

 

Baca juga: 9 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

 

6. Gunakan kertas untuk mencari tahu keaslian madu

Kamu juga bisa menggunakan kertas putih untuk mengetahui perbedaan madu asli dan palsu. Caranya yaitu dengan menuangkan setetes madu ke atas permukaan kertas. Madu asli biasanya sulit terserap ke dalam kertas. Berbeda dengan madu palsu yang cenderung lebih mudah meresap di atas permukaan kertas. Selain itu, jika dituangkan ke atas kain putih, madu yang asli juga tidak akan meninggalkan noda seperti madu palsu.

 

7. Tes menggunakan roti

Terakhir kamu bisa mencari tahu kualitas madu dengan menggunakan roti. Coba Oleskan madu ke atas roti tawar. Madu yang asli akan membuat roti menjadi keras setelah beberapa menit. Tidak seperti madu palsu yang justru membuat roti menjadi basah.

 

Baca juga: 15 Jenis Madu Asli Indonesia yang Nikmat dan Sehat

Meski sudah mengetahui cara membedakan antara madu asli dan palsu, terkadang pasti masih sulit juga untuk membuktikan keasliannya. Pasalnya menemukan perbedaan madu asli dan palsu memang bukan perkara yang mudah. Supaya kamu tidak terkecoh membeli madu palsu, yuk, beli madu asli dan berkualitas di Sayurbox!

madu asli

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...