Written by at May 20, 2020
Resep

Ini 7 Cara Mudah Mengolah Resep Ikan Asam Manis

Olahan ikan asam manis memang menggugah selera. Sekarang, kamu tidak perlu ke restoran lagi untuk menikmati ikan asam manis, karena kamu juga bisa membuat resep ikan asam manis di rumah, lho. Selain enak, ikan asam manis juga sehat karena ikan-ikan yang biasa digoreng dan dibumbui dengan saus asam manis seperti ikan mas, mujair, nila, dori, kakap, atau gurame memiliki nilai gizi yang tinggi untuk tubuh.

 

Ikan-ikan tersebut juga memiliki daging yang cukup tebal sehingga tidak akan hancur saat digoreng. Teksturnya juga empuk, sehingga ketika disandingkan dengan saus kental penuh rasa seperti saus asam manis, akan terasa sangat cocok dan meresap.

 

Selain lezat dan sehat, resep ikan asam manis juga dapat kamu sajikan untuk makan siang atau makan malam keluarga tercinta di rumah. Ikan goreng asam manis memang menjadi menu favorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Selain digoreng, tambahan saus asam manisnya pun bisa membuat rasa ikannya semakin terasa nikmat.

 

Nah, tidak perlu mahal-mahal makan di restoran, berikut ini adalah cara mudah mengolah resep ikan asam manis yang enak dan bisa kamu coba di rumah!

 

Ini cara mudah mengolah resep ikan asam manis

Resep Ikan Asam Manis
Cara Mudah Mengolah Resep Ikan Asam Manis. (Foto: Pixabay)

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 1 ekor ikan (bisa ikan mas, mujair, nila, dori, kakap, atau gurame) dengan berat sekitar 500 gram (fillet dan potong memanjang)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 1 siung bawang putih (haluskan)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm perasan jeruk nipis atau lemon
bahan ikan asam manis
Bahan-bahan yang harus disiapkan. (Foto: Freepik)

Bahan untuk melapisi daging ikan:

  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 50 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk

Bahan untuk membuat saus asam manis:

  • 1 buah wortel (potong memanjang agak tipis)
  • 1 buah mentimun (potong memanjang agak tipis)
  • 1/2 buah bawang bombay (iris memanjang)
  • 5 sdm saus tomat
  • 5 sdm saus cabai
  • 2 buah cabai merah (iris memanjang)
  • 2 siung bawang putih (cincang kasar)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang (potong serong)
  • 100 gram nanas (potong memanjang agak tipis)
  • 1/2 sdm tepung maizena (larutkan terlebih dahulu dengan 1 sdm air)
  • 200 ml air putih

 

Cara mengolah resep ikan asam manis:

  1. Cuci bersih dan fillet ikan terlebih dahulu (bagian kepala dan sisa badan ikan jangan dibuang), lalu lumuri daging ikan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, merica bubuk, serta garam. Tambahkan perasan air jeruk atau lemon, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Setelah didiamkan, gulingkan dan lumuri ikan dengan bahan-bahan bumbu pelapis untuk daging ikan. Tepuk-tepuk dengan kedua tangan agar tepung menempel sempurna pada badan atau daging ikan.
  3. Selanjutnya, panaskan minyak di dalam wajan. Pastikan minyak sudah benar-benar panas, lalu goreng ikan hingga krispi.
  4. Siapkan saus asam manisnya. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai merah, kemudian aduk hingga harum.
  5. Tambahkan saus cabai, saus tomat, cabai merah, garam, merica, dan gula pasir. Lalu, aduk hingga merata.
  6. Tambahkan wortel dan masukkan air, lalu masak hingga mendidih. Kemudian, tambahkan mentimun, daun bawang, nanas dan larutan maizena. Aduk hingga kental dan merata.
  7. Terakhir, tata potongan ikan di badannya yang tidak dibuang tadi, lalu siram dengan saus asam manis dan hidangkan. Selamat makan!

 

Baca juga : 5 Cara Mengawetkan Ikan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

 

Ingin mencoba mencoba resep ikan asam manis ini?  Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan untuk mengolah resep ikan asam manis di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

resep ikan asam manis

 

Nah, itulah langkah mudah mengolah resep ikan asam manis. Sebagai tips, masalah utama saat menggoreng ikan adalah saat menghadapi letupan minyak panas atau saat ikan lengket di wajan.

Tips Menggoreng Ikan yang Benar

tips menggoreng ikan
Tips menggoreng ikan yang benar. (Foto: Fimela)

Agar kamu terhindar dari letupan minyak panas atau ikan yang terasa lengket di wajan, kamu bisa menambahkan jeruk nipis ke dalamnya. Setelah itu, kamu bisa menggoreng ikan tanpa khawatir lagi terkena letupan minyak panas. Kalau tidak ada jeruk nipis, kamu juga bisa menambahkan beberapa irisan jahe.

 

Baca juga: Ini 9 Resep Masakan Ikan Tuna yang Enak dan Sehat untuk Seluruh Anggota Keluarga

 

Sedangkan untuk mengatasi ikan lengket di wajan saat digoreng yaitu, panaskan dulu wajan sebelum memanaskan minyak. Selanjutnya, kamu bisa menuang minyak dalam jumlah banyak. Saat digoreng, ikan akan mengembang dan tidak menyentuh dasar wajan. Bukan hanya tidak lengket, tapi ikan juga bisa matang secara merata.

Tips Membuat Saus Asam Manis yang Enak

Tips membuat saus asam manis yang enak
Tips membuat saus asam manis yang enak. (Foto: Cookpad Mbapoo Kitchen)

Selain itu, untuk sausnya sendiri, haruslah seimbang antara perpaduan manis dan asamnya. Untuk rasa manis, saus bisa ditambahkan dengan kecap manis, gula pasir, atau madu.

 

Kecap manis enak, namun akan membuat warna saus menjadi gelap. Sedangkan pada gula pasir, rasanya hanya manis, tapi tidak seperti kecap manis yang punya rasa lainnya. Selanjutnya jika menggunakan madu, selain manis, juga akan memberi aroma yang khas. Pilihan bergantung pada selera kamu.

 

Sementara itu, rasa asam bisa diperoleh dari tomat, nanas, belimbing wuluh, air jeruk lemon atau air jeruk nipis, serta cuka. Untuk isi sausnya sendiri bisa berupa wortel, mentimun, nanas, buncis, atau tahu. Saus asam manis ini juga harus disiramkan menjelang disajikan agar ikan tetap renyah.

Tips Membuat Ikan Goreng Tepung

Tips membuat ikan goreng tepung.
Tips membuat ikan goreng tepung. (Foto: Sajian Sedap)

Untuk membuat ikan goreng tepung asam manis, kamu memerlukan bahan 100 gram tepung terigu protein sedang, 15 gram tepung maizena, 1 sendok teh bawang putih bubuk, 1 sendok teh baking powder, 1/2 sendok teh garam, 150 ml air es, dan 2 sendok makan minyak goreng.

 

Sebelum dicelupkan ke dalam wajan yang berisikan minyak panas, kamu bisa melumuri ikan dengan adonan yang sudah diracik.

Tips Agar Ikan Tepung Lebih Krispy

Tips agar ikan tepung lebih krispy.
Tips agar ikan tepung lebih krispy. (Foto: Sajian Sedap)

 

Untuk mendapatkan hasil makanan berbalut tepung yang krispi, tepung yang dipakai harus kamu perhatikan. Kamu bisa mencampurkan tepung terigu dengan tepung tapioka/kanji. Untuk hasil yang lebih renyah lagi, kamu bisa menambahkan sedikit baking soda atau baking powder.

 

Kamu juga bisa mencoba membuat dua adonan tepung yang berbeda, yakni adonan tepung basah dan adonan tepung kering agar menghasilkan gorengan yang lebih kripsi. Pertama, masukkan bahan makanan dalam adonan tepung basah, kemudian masukkan ke dalam adonan tepung kering. Hal ini dilakukan agar adonan tepung kering bisa lebih menempel dan menghasilkan gorengan yang lebih krispi. Selain itu, cara ini pun membantu agar lapisan tepung pada makanan menjadi lebih keriting dengan ketebalan yang sempurna.

 

Selain itu, untuk memperoleh hasil akhir gorengan yang krispi, usahakan untuk menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak atau deep frying, di mana semua bagian makanan akan terendam dengan sempurna. Kamu juga perlu memastikan bahwa minyak sudah dalam keadaan benar-benar panas ketika akan menggoreng.

 

Tips terakhir yaitu setelah makanan matang, kamu harus benar-benar meniriskan minyaknya terlebih dahulu beberapa saat. Hal ini bertujuan agar sisa minyak dapat turun dan hasil akhir makanan pun krispi lebih lama.

 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

 

 

Semoga tipsnya bermanfaat dan selamat mencoba resep ikan asam manis ini, ya! Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan untuk mengolah resep ikan asam manis di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

resep ikan asam manis

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Kumpulan Resep Takjil yang Enak dan Mudah Dimasak di Rumah

Bulan puasa sebentar lagi tiba. Menu takjil selalu disiapkan bersama dengan menu buka puasa lainnya, sebagai menu camilan dan pembuka...

Coba Yuk, Ini 10 Resep Koktail Buah Minuman Sajian Lebaran yang Menyegarkan

Tradisi berkumpul bersama keluarga besar saat hari Lebaran memang menjadi kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan. Tidak hanya...

Supaya Tidak Bosan, Coba 10 Resep Masakan Lebaran Tanpa Santan Ini

Hidangan Lebaran memang identik dengan santan. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati hidangan tersebut, terutama bagi mereka yang...

Post Comment